LaLiga: Barcelona Resmi Putus Kontrak dengan Pemain Prancis

Barcelona mengumumkan telah resmi berpisah dengan salah satu pemainnya asal Prancis di akhir Juni 2023.

oleh Thomas diperbarui 01 Jul 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2023, 09:30 WIB
Samuel Umtiti didepak Barcelona
Samuel Umtiti didepak Barcelona (AFP/Lluis Gene)

Liputan6.com, Jakarta- Juara LaLiga Barcelona mengumumkan telah memutus kontrak pemain asal Prancis Samuel Umtiti pada hari terakhir bulan Juni 2023. Umtiti didepak dari Sportify Nou Camp karena sudah tidak memberikan kontribusi pada tim.

Pemain 29 tahun itu resmi diputus kontrak oleh Barcelona dengan kesepakatan bersama. Umtiti kini bebas pindah klub sesuai keinginannya. Klub peminat Samuel Umtiti tak perlu membayar biaya transfer ke Barcelona.

Pria yang berposisi sebagai bek tengah itu sudah membela Barcelona sejak tahun 2016 ketika direkrut dari Olympique Lyon. Total Umtiti bermain 134 pertandingan dengan koleksi dua gol untuk Barcelona di berbagai ajang.

Selama memperkuat Barcelona tujuh tahun, Umtiti mampu memberikan dua trofi LaLiga dan tiga Copa del Rey. Namun cedera berkepanjangan membuat karier Umtiti merosot drastis sehingga akhirnya tak terpakai di Barcelona.

Sejak musim 2022/2023, Umtiti sudah terbuang dari tim utama Barcelona. Musim lalu Umtiti dipinjamkan Barca ke klub Italia Lecce. Disana Umtiti bermain 25 kali. Umtiti mampu membantu tim asuhan Marco Baroni itu terhindar dari zona degradasi. Lecce finis di posisi 16 klasemen akhir Liga Italia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Dibutuhkan Lagi di Barcelona

Samuel Umtiti
Samuel Umtiti (AFP/Pau Barrena)

Meski cukup sering bermain di Lecce, Umtiti tidak mampu meyakinkan Xavi Hernandez untuk memakainya di Barcelona musim depan. Xavi lebih memilih mengandalkan Andreas Christensen, Ronald Araujo, Julius Kounde hingga Eric Garcia.

Kontrak Umtiti bersama Barcelona sebenarnya baru berakhir di tahun 2026. Namun kini kedua pihak sepakat mengakhirinya lebih awal demi kebaikan bersama. Barca juga jadi bisa berhemat soal gaji.


Pernyataan Resmi Barcelona

"FC Barcelona dan pemain Samuel Umtiti telah mencapai kesepakatan untuk pelepasan kontrak yang dimiliki pemain tersebut dengan Klub hingga akhir musim 2025/26," demikian pernyataan klub yang dipublikasikan pada Jumat malam waktu Spanyol.

"FC Barcelona mengucapkan terima kasih kepada Umtiti dan berharap dia beruntung dan sukses di masa depan."


Klasemen LaLiga

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya