Timnas Putri Indonesia Kebobolan Lebih Dulu saat Taklukkan Laos di Piala AFF Wanita U-19 2023, Pelatih Akui Sempat Terkejut

Pelatih Timnas Putri Indonesia U-19 Rudy Eka mengaku dirinya sempat terkejut lantaran Laos berhasil mencetak gol lebih dulu saat menghadapi anak-anak asuhnya di matchday keduaa Piala AFF Wanita U-19 pada Jumat (7/7/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 08 Jul 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2023, 22:00 WIB
Timnas Putri Indonesia U-19
Pelatih Timnas Putri Indonesia U-19 Rudy Eka mengaku dirinya sempat terkejut setelah Laos berhasil mencetak gol lebih dulu saat menghadapi anak-anak asuhnya di matchday keduaa Piala AFF Wanita U-19 pada Jumat (7/7/2023). (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Putri Indonesia U-19 Rudy Eka mengaku dirinya sempat terkejut lantaran Laos berhasil mencetak gol lebih dulu saat menghadapi anak-anak asuhnya di matchday keduaa Piala AFF Wanita U-19 pada Jumat (7/7/2023).

Bermain di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, pasukan Merah Putih memang sempat tertinggal 0-1 usai pemain Laos, Chaikam, membobol gawang Indonesia di menit ke-12.

Beruntung situasi ini tak dibiarkan bertahan lama oleh skuad racikan Rudy Eka. Amelia Nur Sava Zada mencetak gol penyeimbang lima menit berselang, usai tendangan jarak jauhnya gagal dimentahkan oleh kiper tim tamu.

Claudia Scheunemann lantas membalikkan situasi dan mengantar Indonesia unggul 2-1 mendekati turun minum. Ia kembali mencatatkan nama di papan skor pada menit 68 yang mengubah kedudukan menjadi 3-1 untuk kepemimpinan Merah Putih.

Memasuki menit-menit akhir babak kedua, giliran Ayunda Dwi Anggraini yang unjuk gigi di depan gawang lawan. Ia sukses menyempurnakan kemenangan Indonesia usai mencetak gol keempat pada menit 84.

Kemenangan atas Laos menandai keberhasilan kedua Timnas Putri Indonesia U-19 menaklukkan lawannya di ajang Piala AFF Wanita U-19 2023. Seperti diketahui, tim merah putih sebelumnya sukses berpesta gol usai menaklukkan Timor Leste dengan 7-0 di laga perdana pada Rabu (5/7/2023).


Komentar Pelatih Timnas Putri Indonesia U-19

Timnas Putri Indonesia U-19
Timnas Putri Indonesia U-19 berhasil memetik kemenangan 4-1 atas Laos dalam laga kedua Piala AFF Wanita U-19 yang dihelat di Stadio Gelora Sriwijaya, Palembang, pada Jumat (7/7/2023). (Dok. PSSI)

"Pertama kita kaget, ya (dengan gol pembuka Laos). Mereka press lebih awal dan juga seperti Laos sebelumnya (saat) melawan Kamboja, (mereka) bisa (mencetak) gol lebih duluan," tutur Rudy Eka selepas laga pada Jumat (7/7/2023).

"Akan tetapi (situasi itu merupakan) kesalahan pemain sendiri juga (sebab) ketika build-up, tidak membantu untuk memecahkan kebuntuan. Mereka terlalu jauh, dan kepercayaan diri saat memegang bolanya kurang di pasca kebobolan duluan."

"Namun, setelah kita mencetak gol, mereka (para pemain Timnas Indonesia U-19) lebih enjoy dalam menjalani pertandingan. Kita bersyukur bisa menang," sambungnya seperti dilansir dari situs resmi PSSI.


Pemain Timnas Putri Indonesia U-19 Juga Sempat Kaget

Claudia Scheunemann
Pemain muda Timnas Putri Indonesia, Claudia Scheunemann (Dok. PSSI)

Pemain Timans Putri Indonesia U-19 Claudia Scheunemann mengutarakan hal yang hampir serupa dengan Rudy Eka. Ia mengaku dirinya juga sempat kaget ketika Laos berhasil memimpin lebih dulu lewat gol cepat Chaikam di menit ke-12.

"Ya, awalnya sih kita kaget, mereka bisa cetak gol, tapi karena pelatih dan teman-teman semua kasih motivasi, jadi kita sebagai tim bisa mencetak gol dan tidak menyerah hingga akhir pertandingan," tutur Claudia.

"Masih bisa banyak yang harus diperbaiki, untuk bisa membawa tim ini menjadi juara. Ya, tentunya kami bisa menjadi juara AFF ini. Untuk masalah berapa jumlah gol yang saya cetak, itu tidak terlalu penting," katanya lagi selepas pertandingan.


Jadwal Timnas Putri Indonesia U-19 di Piala AFF Wanita U-19 2023

Grup A

Rabu, 5 Juli 2023

19.30 WIB: Indonesia (7) - (0) Timor Leste

Jumat, 7 Juli 2023

19.30 WIB: Laos (1) - (4) Indonesia

Minggu, 9 Juli 2023

19.30 WIB: Indonesia vs Kamboja

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya