Sepakat Gabung AC Milan, Christian Pulisic Bersiap Jalani Laga Debut Lawan Real Madrid

Christian Pulisic menjadi rekrutan keempat AC Milan musim panas ini setelah Luka Romero, Marco Sportiello dan mantan pemain Chelsea lainnya Ruben Loftus-Cheek.

oleh Iin Yuniarti diperbarui 09 Agu 2023, 16:06 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2023, 11:30 WIB
Christian Pulisic
Christian Pulisic saat diumumkan menjadi pemain AC Milan. (Doc AC Milan)

Liputan6.com, Jakarta AC Milan telah mengkonfirmasi penandatanganan Christian Pulisic dengan kontrak permanen dari Chelsea. Pemain berusia 24 tahun itu telah menandatangani kontrak selama empat tahun.

Penyerang Amerika ini akan bergabung dengan Rossoneri hingga akhir musim 2026/2027. Pulisic meninggalkan klub setelah empat tahun bergabung bersama The Blues.

Kesepakatan Pulisic juga mencakup opsi untuk memperpanjang masa tinggalnya hingga 2028. Dia menjadi rekrutan keempat Milan musim panas ini setelah Luka Romero, Marco Sportiello dan mantan pemain Chelsea lainnya Ruben Loftus-Cheek.

AC Milan dilaporkan telah membayar biaya di muka sebesar 20 juta euro atau 17,1 juta pounds untuk mengontrak mantan pemain Borussia Dortmund. Sebelumnya, Pulisic sempat dikaitkan dengan Lyon tetapi memutuskan untuk pindah ke San Siro.

Pulisic mengucapkan selamat tinggal kepada Chelsea setelah mencetak 26 gol dan 21 assist dalam 145 pertandingan, memenangkan Liga Champions, Piala Dunia Klub, dan Piala Super UEFA pada waktu itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemain Timnas AS Ini Gagal Memenuhi Ekspektasi di Chelsea

Christian Pulisic - Chelsea - Liga Champions
Pemain Chelsea Christian Pulisic dalam laga final Liga Champions melawan Manchester City di Estadio do Dragao, Porto, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB. (photo AP / Manu Fernandez, Pool)

Pulisic gagal memenuhi ekspektasi di Chelsea setelah kedatangannya ke klub Liga Inggris itu senilai 64 juta euro atau 54,7 juta pounds dari Dortmund. Namun, dia tetap dipinjamkan selama enam bulan pertama kontraknya di Chelsea.

Musim debut Pulisic di London Barat berlangsung positif, setelah pemain internasional AS itu mencetak sembilan gol dan memberikan enam assist dalam 15 pertandingan Liga Inggris.


Pulisic Harus Berjuang Jaga Konsistensi Selama di Chelsea

Foto: Daftar 5 Penjualan Pemain Termahal dari Klub Liga Jerman Sepanjang Sejarah, Robert Lewandowski Tak Masuk Hitungan
Christian Pulisic. Sayap kanan Amerika Serikat berusia 23 tahun ini dilepas Borussia Dortmund ke Chelsea pada tengah musim 2018/2019 dengan nilai transfer 64 juta euro atau kini setara Rp979 miliar. Ia baru memperkuat Chelsea di awal musim 2019/2020 karena sempat dipinjamkan ke Borussia Dortmund selama setengah musim usai kesepakatan transfer. Hingga kini ia telah tampil dalam 114 laga bersama The Blues di semua ajang dengan torehan 25 gol dan 18 assist. (AFP/Getty Images/Ethan Miller)

Pulisic kemudian harus berjuang untuk menjaga konsistensi selama klub dilatih Thomas Tuchel. Peruntungannya juga tidak kunjung membaik di bawah Graham Potter dn Lampard setelah pemecatan pelatih Jerman itu.

Musim 2022-23 membuat Pulisic mencatatkan hanya satu gol dan dua assist dalam 30 penampilan. Dia hanya bermain delapan pertandingan di Liga Premier dan satu di Liga Champions.


Laga Debut Pulisic Bersama AC Milan

Foto: Daftar 5 Penjualan Termahal Borussia Dortmund ke Klub Liga Inggris, Erling Haaland Bukan yang Termahal
Christian Pulisic. Sayap kanan Amerika Serikat berusia 23 tahun ini dipromosikan Borussia Dortmund dari tim U-19 pada tengah musim 2015/2016. Usai 3,5 musim memperkuat Dortmund ia dilepas ke Chelsea pada tengah musim 2018/2019 dengan nilai transfer 64 juta euro, namun baru pada awal musim 2019/2020 ia benar-benar memperkuat Chelsea setelah setengah musim dipinjamkan ke Dortmund. (AFP/Justin Tallis)

Pulisic bisa melakukan debut persahabatannya untuk Milan melawan Real Madrid pada 23 Juli, sebelum Rossoneri juga bertemu Juventus dan Barcelona di Amerika Serikat sebagai bagian dari Soccer Champions Tour.

Sementara itu, Chelsea juga melintasi Atlantik untuk bertemu Wrexham, Brighton & Hove Albion, Newcastle United, Fulham dan mantan klub Pulisic Dortmund dalam lima pertandingan persahabatan musim panas di AS.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya