Menpora Dito Ariotedjo Dorong LPDUK Kerja Sama dengan PSSI pada Piala Dunia U-17

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo meluncurkan logo baru Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), di sela-sela kegiatan Talkshow IDEAFEST2023.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 05 Okt 2023, 12:31 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2023, 17:58 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo meluncurkan logo baru Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), di sela-sela kegiatan Talkshow IDEAFEST2023, Sabtu (30/9).(Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo meluncurkan logo baru Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), di sela-sela kegiatan Talkshow IDEAFEST2023, Sabtu (30/9/2023). Menpora Dito juga berharap LPDUK aktif dalam perhelatan olahraga-olahraga bertaraf internasional.

Bukan hanya sportainment, lanjut Menpora, LPDUK ini diarahkan juga pada kerja sama-kerja sama yang bersifat dukungan pada industri olahraga. Sebagai contoh, LPDUK didorong bekerja sama dengan PSSI dalam Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan November mendatang.

Selain itu, LPDUK juga sudah terlibat pada Piala Dunia bola basket FIBA 2023. 

LPDUK sendiri berdiri sejak tahun 2017 dalam rangka persiapan Asian Games dan Paragames 2018. Awalnya lembaga ini memiliki logo irisan empat warna yang saling melingkar. Saat ini, logo LPDUK berubah menjadi seperti loncatan bola kuning dalam garis biru. Logo baru itu merepresentasikan sebuah kekuatan untuk  transformasi, bergerak progresif dan meraih kepercayaan.  

Dengan logo baru ini, LPDUK diharapkan bisa tumbuh menjadi Badan Layanan Umum (BLU) yang lebih progresif, 

kredibel dan dipercaya oleh stakeholder ekosistem industri olahraga. Peluncuran logo baru ini berlangsung di sela-sela kegiatan IDEAFEST2023, yang berlangsung pada Sabtu (30/9/2023).

"Sebagai BLU, LPDUK ini konsepnya seperti venture capital, ketika saya duduk di Kemenpora, saya melihat lembaga ini sangat potensial, seperti mutiara yang belum dipoles. Makanya saya tunjuk Plt Direktur yang relatif masih muda dan progresif, ASN asli Kemenpora (untuk melakukan transformasi--red)," ujar Menpora Dito saat memberikan sambutan di acara Talkshow dengan Tema "Local and Proud: Championing the Advancement of Indonesia’s Sports Industry" at IDEAFEST2023.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bertransformasi dengan Logo Baru

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo (Istimewa)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo (Istimewa)

Hadir sebagai pembicara pada Talkshow yang dipandu Valentino Simanjuntak 'Jebret' itu antara lain Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha dan atlet Paragames M. Fadli Immammuddin. 

Pada kesempatan yang sama Menpora Dito menghendaki agar LPDUK segera melakukan transformasi. 

"Pada kesempatan ini diawali ganti simbolisasi ganti logo dulu, mungkin nanti ganti nama, tapi yang paling penting adalah kedepan LPDUK melakukan investasi di sektor-sektor yang LPDUK memang harus ada di dalamnya," kata Menpora Dito.


Kemenpora Dukung Platform Digital di Bidang Sportainment

Dia mencontohkan, ke depan ada banyak platform digital yang bergerak di bidang sportainment yang dapay digandeng oleh LPDUK. Seperti Vindest, RANS, Jebret Media, hingga Atta Halilintar. Keberadaan platform-platform ini menurut Menpora pasti akan mendapat dukungan dari Kemenpora.

"Itu pasti kami support, yang penting pengembaliannya aman. Bagi LPDUK, walaupun itu wajib kembali dananya, tetapi yang harus kita dorong goalnya itu dampak kepada industri dan olahraganya. Jadi tenang saja pasti kami support," urai Menpora Dito.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya