Manchester United Terancam Dilarang Tampil di Liga Champions Setelah Sir Jim Ratcliffe Bergabung

Pengambilalihan 25% saham Manchester United oleh Sir Jim Ratcliffe dilaporkan dapat mengakibatkan tim Liga Inggris itu dilarang tampil di Liga Champions musim depan karena melanggar peraturan UEFA.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 29 Nov 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023, 15:30 WIB
Sir Jim Ratcliffe, Fans Manchester United yang Akan Jadi Pemilik Baru Klub
Pengambilalihan 25% saham Manchester United oleh Sir Jim Ratcliffe dilaporkan dapat mengakibatkan tim Liga Inggris itu dilarang tampil di Liga Champions musim depan karena melanggar peraturan UEFA. (AFP/Valery Hache)

Liputan6.com, Jakarta - Kesepakatan Sir Jim Ratcliffe untuk membeli saham minoritas di Manchester United diyakini hampir selesai. Miliarder Inggris tersebut akan mengambil alih kendali penuh seluruh operasi sepak bola di Old Trafford.

Pendiri maupun pemilik INEOS, yang akan mengakuisisi 25% saham MU dengan nilai sekitar 1,3 miliar pound, itu juga memiliki klub Ligue 1 Prancis, Nice. Situasi ini tidak menguntungkan bagi Setan Merah.

Menurut laporan The Sun, jika kedua tim finis di tempat kualifikasi Liga Champions pada akhir musim, maka yang finis lebih tinggi dalam divisinya akan diberikan izin masuk ke kompetisi elit Eropa itu. Buat tim yang satunya lagi akan dilarang.

Laporan itu menambahkan bahwa aturan kepemilikan multi-klub Eropa menyatakan klub yang dimiliki pihak yang sama harus dilarang bermain di kompetisi serupa. Hal itu sesuai Pasal 5.02 peraturan UEFA.

Artinya, satu-satunya cara Man Utd dan Nice dapat bermain di Eropa musim depan adalah jika satu tim lolos ke Liga Champions dan tim lainnya dapat tiket ke Liga Conference.

Jika kedua belah pihak finis di posisi yang sama pada liga domestik mereka, maka MU yang akan berhak mendapatkan tiket ke Liga Champions lebih dulu daripada Nice. Karena, Inggris berada di puncak daftar akses UEFA.

Dengan perluasan babak grup baru Liga Champions yang akan dilaksanakan musim depan, Liga Inggris akan diberikan lima tempat otomatis. Sementara itu, Ligue 1 Prancis akan mendapat tiga tempat masuk otomatis dan satu tempat playoff.​

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manchester United Jalani Laga Hidup Mati

Jelang Manchester United Vs Copenhagen
Manchester United akan berusaha bangkit. Mereka mengawali Liga Champions 2023-2024 kali ini dengan hasil sangat buruk. Setelah kalah 3-4 dari Bayern Munchen, mereka juga mengalami kekalahan 2-3 dari Galatasaray. (Nick Potts/PA via AP)

Manchester United akan menjalani laga hidup mati di markas Galatasaray dalam laga Liga Champions. Duel matchday kelima Grup A ini akan berlangsung di Rams Global Stadium, Istanbul, Turki, Kamis (30/11/2023) pukul 00:45 WIB.

Saat ini, MU di posisi buncit atau empat klasemen dengan 3 poin dari empat pertandingan. Sedangkan Galatasaray di urutan ketiga dengan 4 poin, sama seperti Copenhagen yang menempati posisi kedua.

Sementara Bayern Munchen yang mengoleksi 12 poin telah mengantongi tiket babak 16 besar. Karena itu, Man Utd akan bersaing dengan Galatasaray dan Copenhagen untuk mendapat satu tiket tersisa di Grup A.

Pada pertemuan pertama di Old Trafford, 4 April lalu, Man United dipecundangi Galatasaray 2-3. Hasil itu tentu tidak ingin diulangi Bruno Fernandes di kandang lawan.

Kekalahan memastikan Setan Merah tidak lolos 16 besar Liga Champions meski masih menyisakan satu laga melawan Bayern Munchen.

 


Jadwal Pertandingan

Ilustrasi liga Champions
Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Kamis, 30 November 2023

00:45 WIB, Galatasaray vs Manchester United

Venue: Rams Global Stadium, Istanbul,

Live: Vidio

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya