Hasil Liga Spanyol: Lanjutkan Magis, Girona Permalukan Barcelona 4-2 dan Rebut Puncak Klasemen

Barcelona terjungkal di pekan ke-16 oleh rival sekota Girona. Klub asal Katalunya ini pun berhasil mengambil alih pimpinan klasemen Liga Spanyol.

oleh Defri Saefullah diperbarui 11 Des 2023, 06:31 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 06:05 WIB
Barcelona vs Girona
Pemain Girona merayakan gol ketiga ke gawang Barcelona dalam laga jornada 16 La Liga Spanyol di Estadi Olimpic Lluis Companys, Senin (11/12/2023) dini hari WIB. Girona menang 4-2 atas Barcelona. (Pau BARRENA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona harus merasakan magis Girona usai kalah 2-4 pada derby Katalunya di pekan ke-16 Liga Spanyol yang berlangsung di stadion Olimpic Lluis Companys, Senin (11/12/2023). Empat gol Girona dicetak A Dovbyk, Miguel Gutierrez, Valery dan Cristian Stuani.

Sedangkan Barcelona hanya bisa mencetak dua gol hiburan lewat Robert Lewandowski dan Ilkay Gundogan. Dengan kemenangan ini, Girona mantap menguasai puncak klasemen Liga Spanyol untuk sementara.

Girona unggul dua poin dari Real Madrid yang ada di posisi kedua dan tujuh poin dari Barcelona. Sedangkan kekalahan ini menempatkan Barca di posisi keempat meski memiliki poin sama dengan Atletico Madrid, 34.

Main di kandang sendiri, Barcelona sudah dikejutkan oleh gol Artem Dovbyk di menit ke-12. Dia manfaatkan umpan dari Tsygankov yang beruntung karena Christensen tergelincir saat akan menghalau bola.

Barcelona cepat bangkit karena Robert Lewandowski menyamakan skor 1-1 di menit ke-19. Dia dengan mudah cetak gol usai manfaatkan umpan tendangan sudut Raphinha.

Barca kembali tertinggal di menit ke-40 usai Miguel Guitierez cetak gol. Dia mengubah skor jadi 2-1 usai manfaatkan umpan Ivan Martin. Skor ini menandai akhir babak pertama.

 


Babak Kedua Barcelona vs Girona

Barcelona
Barcelona dipermalukan Girona 2-4 pada pekan ke-16 La Liga Spanyol 2023/2024 (AFP)

 

Di babak kedua, Barcelona ambil inisiatif serangan lewat Frenkie de Jong. Tak dijaga, dia lepas tembakan jarak jauh di menit ke-51 tapi bisa ditepis kiper Girona.

Dua pemain pengganti Girona yaitu Valery dan Cristian Stuani langsung membuat perubahan. Valery mengubah skor menjadi 3-1 di menit ke-80 usai manfaatkan umpan Stuani.

Di injury time terjadi dua gol. Ilkay Gundogan mencuatkan harapan Barca lewat golnya yang membuat skor 3-2 di menit ke-90+2. Namun Cristian Stuani bungkam Barca di menit ke-90+5 yang menutup pertandingan dengan skor 4-2.

 


Susunan Pemain Barcelona vs Girona di Liga Spanyol

Barcelona
Barcelona dipermalukan Girona 2-4 pada pekan ke-16 La Liga Spanyol 2023/2024 (AFP)

 

BARCELONA (4-3-3): Inaki Pena; Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Joao Cancelo; Frenkie de Jong, Ilkay Gundogan, Pedri; Raphinha, Robert Lewandowski, Joao Felix.

GIRONA (3-4-2-1): Paulo Gazzaniga; Eric Garcia, David Lopez, Daley Blind; Yan Couto, Ivan Martin, Aleix Garcia, Miguel Gutierrez; Viktor Tsygankov, Savio; Artem Dovbyk.

 


Hasil Liga Spanyol Selengkapnya

Barcelona vs Girona
Para pemain Girona merayakan gol yang dicetak Miguel Gutierrez ke gawang Barcelona dalam laga jornada 16 La Liga Spanyol di Estadi Olimpic Lluis Companys, Senin (11/12/2023) dini hari WIB. Girona berhasil menang 4-2 atas tim tuan rumah dalam pertandingan ini. (Pau BARRENA / AFP)

 

Atletico 2-1 Almeria

Cadiz 1-1 Osasuna

Barcelona 2-4 Girona


Peringkat Barcelona di Liga Spanyol

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya