Pulang ke Belanda, Shayne Pattynama Absen di Laga Uji Coba Timnas Indonesia vs Libya

Timnas Indonesia kehilangan satu amunisi jelang melakoni laga uji coba melawan Libya pada Selasa (2/1/2024). Shayne Pattynama pulang ke Belanda dan dipastikan tidak bisa ikut memperkuat skuad racikan Shin Tae-yong dalam pertandingan tersebut.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 02 Jan 2024, 17:46 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2024, 14:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama
Pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama tak bisa memperkuat skuad Garuda dalam laga uji coba melawan Libya pada Selasa (2/1/2024) lantaran harus pulang ke Belanda. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia kehilangan satu amunisi jelang melakoni laga uji coba melawan Libya pada Selasa (2/1/2024). Shayne Pattynama pulang ke Belanda dan dipastikan tidak bisa ikut memperkuat skuad racikan Shin Tae-yong dalam pertandingan tersebut.

Seperti diketahui, pasukan Garuda sebelumnya telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 20 Desember 2023. Agenda ini merupakan bagian dari pemantapan Timnas Indonesia sebelum berlaga dalam kompetisi Piala Asia 2023 di Qatar.

Shayne Pattynama pun menjadi salah satu nama yang dipanggil Shin Tae-yog untuk ambil bagian dalam TC. Mantan pemain Viking FK itu bergabung bersama rekan-rekannya usai menyelesaikan tugas di Liga Norwegia serta mengantar timnya finis di peringkat 4 klasemen akhir.

Sayangnya, Shayne Pattynama terlihat tak lagi mengikuti sesi latihan Skuad Garuda sejak Senin (1/1/2024) lalu. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengonfirmasi pesepak bola berusia 25 tahun pulang ke Belanda lantaran adanya masalah kesehatan yang dialami ibunya.

"Jujur ada masalah kesehatan (yang dialami) ibu Shayne. Jadi akhirnya dia dikembalikan ke Belanda," ucap eks juru taktik Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, sebagaimana dilansir dari situs resmi PSSI.

Kepulangan Shayne Pattynama tak ayal membuat Skuad Garuda kehilangan amunisi penting jelang laga uji coba perdana melawan Libya. Belum lagi, Timnas Indonesia juga kemungkinan tak bisa memakai sejumlah nama naturalisasi lain, yakni Justin Hubner yang baru bergabung, serta Elkan Baggott dan Sandy Walsh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


STY Sudah Pikirkan Secara Matang

Foto: Mengintip Sesi Latihan Timnas Indonesia Setelah Tiba di Turki
Dua pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kanan) dan Shayne Pattynama (tengah), melakukan pemanasan saat mengikuti pemusatan latihan di Turki, Kamis (21/12/2023). (Dok. PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku pihaknya sudah memikirkan secara matang keputusan untuk memulangkan Shayne Pattynama ke Belanda.

Juru taktik berusia 53 tahun menilai langkah itu perlu diambil agar sang pemain bisa memastikan kondisi ibunya secara langsung sekaligus menjaga psikologisnya tetap stabil jelang Piala Asia 2023.

"Saya mengizinkan Shayne kembali ke Belanda dulu supaya psikologisnya lebih stabil," papar Shin Tae-yong seperti dikutip dari situs resmi PSSI.


Segera Kembali ke Timnas Indonesia

Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Selebrasi kemenangan pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama setelah berakhirnya laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lebih lanjut, Shin Tae-yong memastikan Shayne Pattynama tak akan terlalu lama meninggalkan Timnas Indonesia. Ibu sang pemain dilaporkan sudah membaik, sehingga dia bisa segera bergabung dengan rekan-rekannya di Skuad Garuda.

"Shayne sudah mengabarkan bahwa ibunya tidak apa-apa, jadi dia akan kembali secepatnya (ke Timnas Indonesia)," tambah pelatih asal Korea Selatan.

Sekadar informasi, Skuad Garuda akan menghadapi dua lawan uji coba sebelum tampil di ajang Piala Asia 2023. Anak-anak asuh Shin Tae-yong diagendakan menjajal kekuatan Libya pada 2 dan 5 Januari, disusul laga melawan Iran di Qatar pada 9 Januari mendatang.

Adapun dalam kompetisi Piala Asia, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Vietnam, serta Irak. Pasukan Merah Putih akan memulai perjuangannya dengan menghadapi Irak dalam laga perdana babak penyisihan di Ahmed bin Ali Stadium pada Senin (15/1/2024).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya