Hasil Liga Europa: Gagal Hentikan Rekor Kemenangan, AS Roma Dipermalukan Leverkusen

AS Roma dikalahkan Bayer Leverkusen pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa 2023/2024 di Olimpico, sedangkan di laga lainnya, Marseille hanya mampu main imbang lawan Atalanta

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 03 Mei 2024, 05:33 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2024, 05:33 WIB
AS Roma vs Bayer Leverkusen
Florian Wirtz dari Leverkusen, kanan, ditantang oleh Stephan El Shaarawy dari Roma pada pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Europa antara Roma dan Bayer Leverkusen di Stadion Olimpiade Roma di Roma, Italia, Kamis, 2 Mei 2024. (AP Photo/Andrew Medichini)

Liputan6.com, Jakarta AS Roma gagal menghentikan rekor kemenangan Bayer Leverkusesn. Kub Liga Italia itu harus mengakui keunggulan tamunya pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa 2023/2024, Jumat dini hari WIB (3/5/2024).

Bermain di kandang sendiri Olimpico, Roma kalah 0-2. Dua gol Leverkusen dicetak Florian Wirtz dan Robert Andrich. Kemenangan ini jadi modal berharga bagi Leverkusen ketika bergantian meladeni Roma di Jerman dalam duel leg kedua pekan depan.

Pada laga Liga Europa lainnya, Marseille hanya mampu main imbang 1-1 lawan Atalanta, dini hari tadi, di Orange Velodrome.

Kali ini Atalanta bahkan unggul lebih dahulu lewat gol Gianluca Scamacca (11'). Marseille lantas membalas melalui Mbemba Mangulu (20').

Sementara itu, di pertandingan yang berlangsung di Olimpico, Leverkusen datang ke Roma dengan kepercayaan diri tinggi, karena sudah menyegel gelar Bundesliga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Roma Kesulitan Tembus Pertahanan Leverkusen

AS Roma vs Bayer Leverkusen
Jonathan Tah dari Leverkusen, kanan, berebut bola dengan pemain Roma Romelu Lukaku pada pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Europa antara Roma dan Bayer Leverkusen di Stadion Olimpiade Roma, Italia, Kamis, 2 Mei 2024. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Bermain di kandang sendiri, Roma langsung mengambil inisiatif penyerangan. Namun, Leverkusen juga tak tinggal diam, dan sempat memberikan perlawanan sengit.

Namun, Roma kecolongan lebih dahulu pada menit ke-28 setelah operan Karsdorp diserobot Grimaldo. Bola kemudian dioper pada Wirtz yang berdiri bebas dan dengan mudah menaklukkan Svilar.

Roma masih kesulitan menembus pertahanan Leverkusen ketika laga memasuki babak kedua. Bahkan, Leverkusen pada menit 73 memperbesar kemenangan. Umpan tarik Grimaldo dibelokkan Stanisic, bola lantas disambut sepakan roket Andrich ke kiri atas gawang Svilar.

Tak mau dipermalukan Roma mencoba segala cara untuk mencetak gol balasan. Tapi, hingga laga usai skor 0-2 tetap bertahan.


Susunan Pemain

AS Roma vs Bayer Leverkusen
Amine Adli dari Leverkusen memberi tepuk tangan kepada para penggemar di akhir Gianluca Mancini dari Roma dan absen saat pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Europa antara Roma dan Bayer Leverkusen di Stadion Olimpiade Roma di Roma, Italia, Kamis, 2 Mei 2024. (AP Photo/Andrew medis)

AS Roma (4-3-1-2): 99-Mile Svilar; 2-Rick Karsdorp (69-Angelino 62'), 23-Gianluca Mancini, 6-Chris Smalling, 37-Leonardo Spinazolla; 4-Bryan Cristante, 16-Leandro Paredes (35-Tommaso Baldanzi 79'), 7-Lorenzo Pellegrini; 21-Paulo Dybala (9-Tammy Abraham 90'); 92-Stephan El Shaaraway, 90-Romelu Lukaku (17-Sardar Azmoun 79')

Pelatih: Daniele De Rossi

Bayer Leverkusen (3-4-2-1): 17-Matej Kovar; 3-Piero Hincapie, 4-Jonathan Tah, 12-Edmond Tapsoba; 20-Alex Grimaldo, 34-Granit Xhaka, 9-Robert Andrich, 20-Josip Stanisic; 10-Florian Wirtz (7-Jonas Hofmann 77'), 30-Jeremie Frimpong (25-Palacios 88'); 21-Amine Adli (19-Nathan Tella 77')

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya