Hasil Euro 2024 Belgia vs Slovakia: 2 Gol Romelu Lukaku Dianulir, Red Devils Terjungkal di Laga Pertama

Belgia tak disangka harus menyerah 0-1 dari Slovakia pada laga pertama grup E Euro 2024 yang berlangsung di Deutsche Bank Park.

oleh Defri Saefullah diperbarui 18 Jun 2024, 00:57 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2024, 00:57 WIB
Slovakia Euro 2024
Pemain Slovakia merayakan gol yang dicetak Ivan Schranz ke gawang Belgia pada babak pertama laga grup E Euro 2024 (AP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belgia harus mengakui keunggulan Slovakia usai kalah 0-1 di laga grup E Euro 2024 yang berlangsung di stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Senin (17/6/2024). Satu gol Slovakia dicetak oleh Ivan Schranz.

Belgia tak beruntung karena 2 gol Romelu Lukaku dianulir VAR karena offside dan handball. Red Devils, julukan Belgia, harus puas berada di peringkat 3 klasemen grup E Euro 2024 karena kekalahan tragis di laga pertama ini.

Jalannya Pertandingan Belgia vs Slovakia

Belgia sudah menggebrak lewat Jeremy Doku di menit ke-3. Menusuk lewat sayap kanan, dia memberi umpan kepada Kevin de Bruyne yang meneruskan bola kepada Romelu Lukaku. Tembakan striker AS Roma itu masih bisa ditepis.

Romelu Lukaku berhasil mendapatkan umpan terobosan, tapi dia belum sempat arahkan tembakan. Jeremy Doku yang mendapatkan bola pun gagal taklukkan iper Slovakia di menit ke-5.

Belgia harus membayar mahal salah umpan yang dilakukan Jeremy Doku di menit ke-7. Ivan Schranz mencetak gol untuk Slovakia manfaatkan bola muntah tembakan Kucka yang ditepis Koen Castells sehingga membuat Slovakia unggul 1-0.

Menit ke-16, Kevin de Bruyne lepas umpan terukur kepada Leandro Trossard. Bola umpannya sudah dipotong bek Slovakia dan mengenai kaki Trossard yang menghasilkan goal kick saja.

Trossard gagal manfaatkan gawang yang kosong di menit ke-21. Tembakannya masih melambung ke atas, satu peluang emas terbuang percuma.

Hingga menit ke-34, Belgia tampak kesulitan mendapatkan peluang emas. Dari empat tembakan, hanya satu tembakan saja mengarah ke gawang. Sedangkan Slovakia sudah menembak ke arah gawang 3 kali dari 4 kali tembakan.

Slovakia membuktikan efektivitas mereka lagi. Juraj Kucka melempas umpan yang langsung disambut tembakan first time Lukas Haraslin, tapi tendangannya di menit ke-40 itu ditepis kiper Belgia.

Belgia membuang peluang emas lagi di menit ke-42. Romelu Lukaku sudah tak terjaga usai mendapatkan umpan terobosan Carrascao, tapi dia gagal menahan bola dengan baik.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Slovakia bertahan. Apakah Belgia bisa lebih gacor di babak dua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Dua Belgia vs Slovakia di Euro 2024

Zeno Debast Euro 2024
Bek Belgia Zeno Debast berebut bola dengan penyerang Slovakia Juraj Kucka pada laga grup E Euro 2024 di stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt (AP)

Slovenia mengambil inisiatif serangan di babak kedua. Vavro mendapatkan peluang tapi tendangan kerasnya masih melebar ke sisi kiri gawang Belgia di menit ke-51.

Romelu Lukaku hidupkan peluang Belgia. Pada menit ke-55, tendangan kerasnya nyaris jadi gol tapi masih bisa ditepis. Romelu Lukaku kemudian bikin fans Belgia bersorak, tapi golnya hasil umpan Onana dianulir karena dianggap offside oleh VAR.

Sebuah Kerjasama apik antara Trossard dan Romelu Lukaku nyaris berbuah gol. Namun tendangan keras Trossard di menit ke-59 berhasil ditepis kiper Slovakia Dubravka.

Belgia sangat ofensif di babak kedua. Pada menit ke-61 dan 62 saja, Belgia dapatkan dua peluang tapi lagi-lagi gagal berbuah gol seperti tendangan Bakayoko yang bisa dibendung Hancko.

Meski sudah melepas lima tendangan ke arah gawang hingga menit ke-80, Belgia masih kesulitan samakan skor. Pertahanan Slovakia begitu kokoh dan sulit ditembus.

Belgia Kembali gigit jari di menit ke-88. Romelu Lukaku berhasil cetak gol hasil umpan dari Luis Openda, tapi setelah dicek VAR, Openda sudah menahan bola dengan tangan sebelum memberi umpan. Skor pun bertahan 1-0 untuk Slovakia.

Hingga pertandingan berakhir, Belgia harus tertunduk lesu karena gagal mencetak gol penyeimbang. Slovakia beruntung bisa menang 1-0 karena 2 gol Belgia dianulir.


Susunan Pemain Belgia vs Slovakia

Slovakia Euro 2024
Pemain Slovakia merayakan gol ke gawang Belgia pada laga grup E Euro 2024 yang berlangsung di Deutsche Bank Park, Frankfurt (AP)

Belgia (4-2-3-1): Koen Casteels; Castagne, W Faes, Z Debast, Ferreira Carrasco; Mangala, Onana; Jeremy Doku, Kevin De Bruyne, Trossard; Romelu Lukaku

Slovakia (4-3-3): M Dobravka; Pekarik, Vavro, Skriniar, Hancko; J Kucka, Lobotka, Ondrej Duda; Schranz, Bozenik, Haraslin

Banner Grafis Euro 2024 Grup A : Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss
Banner Grafis Euro 2024 Grup A : Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya