Erik ten Hag Nilai Pemain di Euro 2024 Ini Paling Profesional, Bukan Bintang Manchester United

Manajer Manchester United Erik ten Hag sempat memberikan penilaian terhadap Marcus Rashford dan Jack Grealish serta memuji mantan pemainnya yang pernah dilatih di Ajax.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 18 Jun 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2024, 13:00 WIB
Foto: Akhiri Tren Negatif, MU Petik Poin Penuh di Markas Burnley pada Pekan ke-6 Liga Inggris
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag, berbincang dengan Victor Lindelof saat melawan Burnley pada laga Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Minggu (24/9/2023). Dengan kemenangan ini, Man United merangsek naik ke posisi delapan klasemen sementara Premier League. Skuad asuhan Erik ten Hag mengumpulkan sembilan poin dari enam laga. (Richard Sellers/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United Erik ten Hag memuji mantan anak asuhnya pada salah satu pertandingan di Euro 2024. Dia menyebut ada pemain paling profesional yang pernah dia latih, tapi anehnya itu bukan bintang Setan Merah.

Pelatih asal Belanda yang kini kembali menangani Manchester United, menyampaikan penilaiannya saat menjadi pengamat di stasiun TV Belanda ketika berlangsung laga Timnas Inggris lawan Serbia pada Senin (17/6/2024) di stadion Veltins Arena, Gelsenkirchen.

Seperti diketahui, Inggris berhasil kalahkan Serbia 1-0 pada laga grup C Euro 2024. Satu-satunya gol pada laga itu dilesakkan Jude Bellingham.

Dalam pengamatannya, Ten Hag sempat mengkritik pendekatan Gareth Southgate pada Inggris dan memberikan penilaiannya terhadap Marcus Rashford dan Jack Grealish yang tidak dimasukkan dalam skuad.

Pada acara itu, stasiun televisi tersebut melakukan wawancara dengan kapten Serbia Dusan Tadic, yang masuk menggantikan Aleksandar Mitrovic setelah satu jam pertandingan. Tadic sendiri pernah bermain di bawah asuhan Ten Hag selama empat tahun di Ajax.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ten Hag Sebut Tadic Pemain Paling Profesional

Foto: Melihat Aksi saling Comeback Serbia dan Kamerun yang Berujung Hasil Imbang pada Laga Grup G Piala Dunia 2022
Saat injury time babak pertama, Serbia berhasil menyamakan skor 1-1 lewat gol Strahinja Pavlovic. Ia berhasil menjebol gawang Kamerun melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan lambung Dusan Tadic. (AP/Francisco Seco)

Ten Hag penuh kekaguman memuji Tadic dengan menyebutnya gelandang Fenerbahce sebagai pemain paling profesional dan mengklaim dia selalu tersedia untuk dipilih.

“Dia adalah pemain paling profesional yang pernah bekerja dengan saya,” katanya. “Saya bekerja dengannya selama 4,5 tahun, dalam 4,5 tahun itu dia selalu fit."


Ten Hag Akui Masih Berhubungan dengan Mantan Anak Asuhnya

Erik ten Hag
Pelatih Kepala Manchester United, Erik Ten Hag memberikan instruksi dari garis samping saat pertandingan sepak bola final Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Stadion Wembley di London, Minggu, 26 Februari 2023. Ten Hag menjadi manajer kedelapan United yang memenangkan trofi besar setelah Ernest Mangnall, Sir Matt Busby, Tommy Docherty, Ron Atkinson, Sir Alex Ferguson, Louis van Gaal dan Jose Mourinho. (AP Photo/Scott Heppell)

Tadic, menurut Ten Hag, adalah pemimpin yang luar biasa bagi pemain lain dan selalu mengambil tanggung jawab. “Tadic sangat menjaga kedisiplinan dan selalu fit. Ia selalu memastikan ada dinamisme dan semangat dalam tim," ujarnya.

“Dia selalu memberikan umpan yang menentukan dan dia memenangkan banyak pertandingan untuknya. Saya masih berhubungan rutin dengannya,” katanya.


Balas Pujian Tadic Nilai Ten Hag Pelatih Terbaik

Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris
Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag. (Darren Staples / AFP)

Pada kesempatan lain Ten Hag sempat berbicara dengan Tadic melalui layar sebagai bagian dari liputan NOS. “Dusan, senang bertemu denganmu,” komentarnya.

"Saya selalu senang melihat Anda. Anda mampu melakukan hal-hal hebat di lapangan. Anda adalah seseorang yang dapat menentukan setiap pertandingan. Hari ini kami juga melihat dua momen bagus dari Anda.”

Tadic membalas pujian tersebut, dan menggambarkan Ten Hag sebagai pelatih terbaik yang pernah dimilikinya. Dia menyatakan bahwa para pemain banyak belajar darinya.

Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F
Infografis Jadwal Euro 2024 Babak Penyisihan Grup A-F (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya