Berangkat ke Malaysia, Timnas Basket U-18 Putra Indonesia Ditargetkan Rebut Tiket ke Piala Asia 2024

Timnas basket putra Indonesia U-18 harus bersaing dengan Thailand, Malaysia dan Filipina.

oleh Thomas diperbarui 16 Jul 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2024, 19:00 WIB
Timnas basket U-18 putra Indonesia akan ikut Kualifikasi FIBA Asia Cup U-18 2024 di Malaysia
Timnas basket U-18 putra Indonesia akan ikut Kualifikasi FIBA Asia Cup U-18 2024 di Malaysia

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket putra Indonesia U-18 akan segera bertolak ke Malaysia untuk mengikuti FIBA U-18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024 pada 19-21 Juli 2024. Cliffton Wijaya dan kawan-kawan diharapkan bisa meraih tiket lolos ke Piala Asia Bola Basket U-18 2024.

Jelang keberangkatan ke Malaysia, timnas basket putra Indonesia U-18 dilepas secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo di kantor Kemenpora, Jakarta Pusat. Menpora berharap atlet basket muda Indonesia ini bisa berprestasi.

"Saya melihat perfoma para atlet dalam kondisi baik, saya berharap para atlet bisa juara di ajang SEABA U-18 di Malaysia nanti. Semoga di Malaysia nanti para atlet muda ini bisa menambah jam terbang dan pengalaman, sekaligus mengukir prestasi terbaik," kata Menpora Dito yang juga didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono dan Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi.

Senada dengan Menpora, manajer timnas basket putra U-18 Indonesia Murni Setionegoro juga menargetkan bisa lolos ke babak utama Piala Asia Bola Basket U-18 2024 yang akan digelar di Yordania pada 2-9 September 2024. Keyakinan lolos dikarenakan keberhasilan tim U-18 ini menjadi juara pada ASEAN School Games 2024 yang berlangsung di Flipina.

"Pada ASG 2024 kita dapat medali emas. Ya harapannya di SEABA kali ini kita lolos dari qualifier sehingga di September nanti kita bisa ikut FIBA Asia Cup yang akan bertanding di Yordania," ujar Murni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Atlet Siap Tempur

Timnas basket U-18 putra Indonesia akan ikut Kualifikasi FIBA Asia Cup U-18 2024 di Malaysia
Timnas basket U-18 putra Indonesia akan ikut Kualifikasi FIBA Asia Cup U-18 2024 di Malaysia

Target lolos ke FIBA Asia Cup U-18 tak membebani para pemain. Cliffton Wijaya mengaku malah termotivasi untuk mewujudkan target yang dipatok. Cliffton dan rekan-rekannya akan mati-matian memperjuangkan tiket ke Yordania.

"Target dari ibu manajer pastinya akan membuat kita lebih termotivasi, ya kita akan berterima kasih juga pada ibu manajer semoga ke depannya kita bisa menjadi pemain yang lebih baik. Peluangnya yang pasti ya 50-50," tutur Cliffton.

"Lawan terberat Cliffton belum bisa bilang siapa, tapi yang pasti adalah diri kita sendiri karena ya kita sebagai tim kita harus bisa memiliki mentalitas gak mau kalah dan kita akan mendapatkan hasil yang baik."


Pesaing Indonesia

Pada Kualifikasi SEABA ini, Indonesia akan bertarung bersama tiga negara Asia Tenggara lain yakni Malaysia, Thailand dan Filipina. Hanya satu tiket saja yang tersedia dari Kualifikasi SEABA ini untuk lolos lengaung di FIBA Asia Cup U-18.

Di laga pertama, timnas basket Indonesia U-18 akan berhadapan dengan Thailand pada 19 Juli 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya