Puan Maharani Sebut Raihan Medali Olimpiade Paris 2024 Jadi Kado HUT RI ke-79

Kontingen Indonesia mengakhiri kiprahnya di Olimpiade Paris 2024 pada posisi 39 dengan meraih dua medali emas dan satu medali perunggu.

oleh Gilar Ramdhani pada 15 Agu 2024, 09:40 WIB
Diperbarui 15 Agu 2024, 09:37 WIB
Puan: Keberhasilan Tim Garuda di Olimpiade 2024 Paris Jadi Kado HUT ke-79 RI
Ketua DPR RI Puan Maharani.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku bangga dengan perjuangan kontingen Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024. Indonesia berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perunggu, sehingga berhasil menempati posisi ke 39.

Merah Putih merebut dua emas melalui Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi) serta satu perunggu lewat Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis).

Puan Maharani menyebut keberhasilan Tim Garuda pada pesta olahraga dunia ini menjadi hadiah dalam peringatan HUT ke-79 RI.

"Medali dan keberhasilan dari Tim Garuda adalah kado spesial dari anak-anak bangsa. Peringatan kemerdekaan Indonesia ini tentunya semakin bermakna dan membahagiakan. Terima kasih para patriot olahraga yang telah mengharumkan nama bangsa,” ungkap Puan pada Senin (12/8/2024).

Dewan Pengawas Asean Games 2018 ini menekankan pentingnya negara menjamin kesejahteraan para atlet sesuai amanat UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Khususnya dalam hal sistem kesejahteraan olahragawan.

“Bangsa Indonesia berutang banyak dari prestasi yang ditorehkan para atlet berprestasi. Negara harus memastikan kesejahteraan mereka tidak hanya diberikan saat mereka berhasil membawa pulang medali, tapi berkelanjutan untuk masa depan mereka,” kata Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puan Dorong Pemerintah Tingkatkan Sistem Pengembangan Atlet

Puan meminta Pemerintah untuk meningkatkan sistem pengembangan atlet demi kemajuan olahraga nasional. Terutama bagi cabor-cabor prioritas yang menjadi unggulan Indonesia.

"Perbaikan dan peningkatan fasilitas olahraga untuk para atlet harus menjadi perhatian. Peningkatan pembinaan para atlet, mulai dari daerah-daerah agar kita dapat mencetak atlet-atlet andal berprestasi demi kemajuan iklim olahraga Indonesia," tutur Puan.

 


Indonesia Punya Potensi Cabor Unggulan

Lebih lanjut, Puan menegaskan bahwa DPR akan terus mendukung kemajuan olahraga Tanah Air sesuai fungsi dan kewenangan dewan. Terlebih, di Olimpiade Paris telah memperlihatkan Indonesia mempunyai potensi cabor-cabor unggulan selain bulutangkis.

“Dengan dukungan dari negara dan seluruh masyarakat, saya yakin ke depan Indonesia akan terus menggebrak kompetisi-kompetisi olahraga internasional karena kita punya banyak atlet-atlet berpotensi dari berbagai cabang olahraga,” pungkasnya.

 

(*) 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya