Kerjasama dengan IBL, B League Jepang Bantu Gembleng Talenta Bola Basket Indonesia

B League Jepang semakin intens berkolaborasi dengan IBL. Kali ini ada IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta.

oleh Thomas diperbarui 01 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 06:00 WIB
Keseruan IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta
Keseruan IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia Basketball League (IBL) semakin mesra dengan B League (Liga Bola Basket Jepang). Pada hari terakhir bulan Agustus 2024, digelar B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta dengan harapan memupuk masa depan basket Indonesia dan agar talenta berbakat terus bertumbuh di tanah air.

IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta digelar di KYZN Sport Center, Kuningan, (31/8/2024). Ajang ini turut menghadirkan dua pebasket top Indonesia, Abraham Damar Grahita (Satria Muda Pertamina Jakarta), Yudha Saputera (Prawira Bandung), serta Carlos Barroca (Jr NBA Coach).

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, senang dengan adanya kerjasama pelatihan untuk talenta muda Indonesia ini. Junas menekankan pentingnya memupuk talenta masa depan basket Indonesia. Tak hanya untuk IBL, tetapi juga prestasi tim nasional.

“Tentunya kami ingin agar semakin banyak talenta basket hebat yang lahir di Indonesia. Melalui IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta, mereka bisa belajar langsung dari para pemain hebat dan juga pelatih level dunia,” ujar Junas.

“Event ini akan diikuti tak hanya para pemain, tetapi juga orang tua dan pelatih dari beberapa akademi. Tujuannya tentu transfer ilmu,” imbuhnya.

IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta total diikuti 50 peserta. Mereka yang ikutan memiliki rataan usia 10-12 tahun putra dan putri. Selain itu, ada 10-15 pelatih dari akademi yang juga mengikuti pelatihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Potensi Indonesia di Mata B League

Senior Executive Officer B League, Masaki Sano, mengaku acara ini diadakan karena melihat potensi Indonesia begitu besar di basket. Keuntungan populasi membuat talenta di Indonesia tak ada habisnya.

“Kami melihat Indonesia dengan populasi terbanyak. Kami melihat potensinya sangat besar. Maka dari itu kami mengundang coach Carlos agar bisa memberi lebih banyak ilmu kepada talenta muda ini,” ujar Sano..

Akademi bola basket yang turut berpartisipasi di IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta antara lain Hangtuah, Victoria, Playfield, Beavers, Roar, Airone, Buls, Warriors, Indonesia Muda, Cougar, dan Brickhouse.


Impian Abraham Damar

Abraham Damar melatih di IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta
Abraham Damar melatih di IBL x B.Hope Asia Jr Clinic Jakarta

"Senang bisa berbagi ilmu kepada anak-anak. Mereka selalu antusias. Coach Carlos dan pelatih yang ada di sini bisa bikin situasi yang baik, program yang baik dan juga bikin anak-anak bersenang-senang di camp kali ini," ucap Abraham Damar Grahita.

Bram menyambut baik kerjasama IBL dengan B League. Eks pemain Prawira Bandung itu punya impian melihat IBL bisa berkembang seperti B League di masa mendatang.

"Kita sudah lihat musim lalu IBL mengadopsi home-away yang juga diterapkan B League. Menurut saya B League punya pasar yang cukup bagus. Bahkan mereka juga mencoba merambah pasar Internasional. Suatu yang bagus IBL mau belajar ke liga yang lebih baik. Saya berharap secara industri, secara kualitas permainan, secara rank internasional, Indonesia bisa lebih maju lagi," imbuh Abraham yang pernah merasakan main di Jepang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya