6 Hoaks Sepekan, dari Rudal Rusia sampai Covid-19

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 06 Mar 2022, 10:03 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2022, 10:03 WIB
Ilustrasi Hoaks Hoax
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta- Peredaran hoaks di media sosail semakin beragam, kondisi ini menuntut kita harus lebih mewaspadainya agar tidak menjadi korban informasi palsu tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi yang beredar di media sosial, hasilnya sebagian telah telah terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

1. Vladimir Putin Peringatkan Pemerintah Indonesia Tidak Ikut Campur

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Presiden Rusia Vladimir Putin ingatkan Pemerintah Indonesia untuk tidak ikut campur. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 27 Februari 2022.

Unggahan informasi Vladimir Putin ingatkan Pemerintah Indonesia untuk tidak ikut campur berupa foto Putin yang terdapat tulisan sebagai berikut:

"Terkait konflik Rusia dan Ukraina, Presiden Putin juga mengingatkan ke Pemerintah Indonesia agar tak usah ikut campur, katanya urus saja dulu masalah minyak goreng dan BPJS Ketenagakerjaan,Terima Kasih"

Unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"PUTING BELIUNG PUNYA CERITA"

Benarkah informasi Vladimir Putin ingatkan Pemerintah Indonesia untuk tidak ikut campur? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. Mengonsumsi Hujan Es Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Klaim mengonsumsi hujan es dapat meningkatkan imun tubuh beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Februari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video dan gambar hujan es yang turun di salah satu rumah warga. Video itu kemudian diberi narasi bahwa hujan es dapat meningkatkan imun tubuh.

"Fenomena Hujan ES!

Dulu ketika masih kanak2 terjadi hujan es,ibu membiarkan kami behujan2n dihalaman sambil sesekali kami makan esnya😁dan sampe sekarang beliau masih msh mengingatkan😁😂🙏

beliau tidak melarang,

Ternyata banyak hikmahnya!

1.imun tubuh

2.bersyukur

3........

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

🤲🤲

“Allahumma shayyiban nafi’an."Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat.

(HR Bukhari dari Aisyah RA)," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 16 kali direspons dan mendapat 8 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi hujan es dapat meningkatkan imun tubuh? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3. Favipiravir Bikin Kuku Menyala Ketika Disinar UV

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi kuku penyintas Covid-19 yang mengkonsumsi Favipiravir menyala ketika disinar UV.

Informasi kuku penyintas Covid-19 yang mengkonsumsi Favipiravir akan menyala ketika disinar UV diunggah salah satu akun TikTok.

Video tersebut menampilkan seorang membagikan informasi kuku menyala pada orang yang sedang dan sudah mengkonsumsi obat Covid-19. Selain itu juga menampilkan kuku nampak lebih terang ketika diberi sinar berwarna ungu yang diklaim sebagai sinar UV,

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"kuku ex penyintas covid bisa gini #ceritakuku #samasamabelajar"

Benarkah Informasi kuku yang mengkonsumsi Favipiravir akan menyala ketika disinar UV? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4. Foto RS Jadikan Manekin Pasien Covid-19 untuk Dramatisir Omicron

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto rumah sakit jadikan manekin sebagai pasien Covid-19 untuk dramatisir vomicron

 

 

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto rumah sakit jadikan manekin sebagai pasien Covid-19 untuk mendramatisir varian Omicron, klaim tersebut diunggah oleh akun Facebook, pada 31 Januari 2022.

Klaim foto rumah sakit jadikan manekin sebagai pasien Covid-19 untuk mendramatisir varian omicron menampilkan tangkapan layar berita BFMTV yang didalamnya menampilan benda menyerupai manusia tanpa lengan berada didalam penutup  transparan dan tulisan "Tes Castex positif untuk Covid-19".

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"“PANDEMI” Dari Manekin 🤦 ♂️😂🤡#PandemicOfTheMannequinPrancis 🇫🇷 Rumah sakit sangat jenuh dengan varian omicron sehingga tidak ada waktu untuk meletakkan lengan ke manekin untuk media 😂🤡😂"

Benarkah klaim foto rumah sakit jadikan manekin sebagai pasien Covid-19 untuk mendramatisir varian omicron? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

5. Video Vladimir Putin Berbicara Soal Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia

Beredar di media sosial postingan video Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato tentang kelangkaan minyak goreng di Indonesia. Postingan itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 3 Maret 2022.

Dalam unggahannya terdapat video Putin sedang berpidato lengkap dengan teks dalam Bahasa Indonesia. Berikut isi teks dalam video itu:

"Seperti yg kita ketahui bersama akhir-akhir ini, Indonesia mengalami kesulitan, mereka mengalami kelangkaan minyak goreng. Semua ini dikarenakan oknum-oknum yang menimbun demi keuntungan pribadi.

Saya sangat prihatin. Maka dari itu saya akan membantu dengan mengirimkan stok minyak goreng dengan kwalitas no 1 dan kita akan kirimkan sniper2 handal untuk menembak para penimbun minyak goreng.

Dan saya pastikan Indonesia akan terhindar dari cukong2 penimbun brengsek itu. Komitmen saya untuk membantu Indonesia sudah jelas. Kedepannya saya pastikan harga minyak goreng di Indonesia MURAH"

Akun itu juga menambahkan narasi, "Pernyataan Putin Tentang langkanya Minyak Goreng.."

Lalu benarkah postingan video Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato tentang kelangkaan minyak goreng di Indonesia? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

6. Foto Kecelakaan Kendaraan Pengangkut Rudal dari Indonesia untuk Rusia

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia, menampilkan kendaraan jenis turk yang mengangkut benda berbentu tabung panjang lancip pada bagian ujung.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rudal sg wingi di Kirim Indonesia gawe

mbantu rusia lur,..

Kecelakaaan !!.. untung ae hulu ledak e wes

di jinakan ... slamet,, slamet slamett.- di Moscow Rusia."

Benarkah klaim foto kecelakaan kendaraan pengangkut rudal yang dikirim Indonesia untuk membantu Rusia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya