Cek Fakta: Hoaks Kerajaan Arab Saudi Beri Gelar Amirul Kazzab bagi Presiden Jokowi

Beredar di media sosial postingan potongan video berita dari Metro TV dengan judul Kerajaan Arab Saudi Berikan Gelar Amirul Kazzab bagi Presiden Jokowi.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Sep 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2022, 07:00 WIB
Cek Fakta Kerajaan Arab Saudi berikan gelar bagi Presiden Jokowi
Cek Fakta Kerajaan Arab Saudi berikan gelar bagi Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial posting-an potongan video berita dari Metro TV dengan judul "Kerajaan Arab Saudi Berikan Gelar Amirul Kazzab bagi Presiden Jokowi". Posting-an ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mem-posting-nya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 6 Maret 2019.

Dalam posting-annya terdapat potongan video berita dari Metro TV dengan judul "Kerajaan Saudi Berikan Gelar Amirul Kazzab Bagi Presiden"

Akun itu menambahkan narasi:

"BODOHNYA METRO TV.Jokowi Mendapat Gelar dari Raja Salman yaitu AMIRUL KAZZAB langsung di beritakan.Tahu tidak apa artinya AMIRUL KAZZAB...???

Amirul = Pemimpin.

Kazzab =Pembohong.Makanya Sebelum di liput tanya dulu Artinya Amirul Kazzab."

Lalu benarkah posting-an potongan video berita dari Metro TV dengan judul "Kerajaan Arab Saudi Berikan Gelar Amirul Kazzab bagi Presiden Jokowi?"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan video yang identik dengan posting-an.

Video itu diunggah pada akun Metro TV di Youtube pada 2 Maret 2017. Video tersebut berjudul "Pertemuan Raja Salman dan Ulama".

Dalam video berdurasi 10 menit enam detik itu tidak terdapat tulisan di video yang di-posting.

Narasi dalam video asli bertuliskan "Pertemuan Diisi Dialog Dengan Ulama"

Selain itu ada video lain yang diunggah oleh Medcom.id. Video itu diunggah pada 2 Maret 2017 dengan judul "Sambutan Raja Salman Saat Temui Ulama Indonesia"

Dalam unggahan video tersebut juga terdapat narasi "Raja Salman Temui Para Ulama"

<p>Cek Fakta Kerajaan Arab Saudi berikan gelar bagi Presiden Jokowi</p>

Video itu juga disertai artikel sebagai berikut:

"Raja Salman Bin Abdulazis Al Saud memberikan sambutan saat menemui para Ulama di Istana Merdeka. Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih atas ditambahnya kuota haji Indonesia."

Sumber:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/16995/hoaks-jokowi-mendapat-gelar-dari-raja-salman-yaitu-amirul-kazzab/0/laporan_isu_hoaks

https://video.medcom.id/newsline/8koX6DOK-sambutan-raja-salman-saat-temui-ulama-indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=senJF7RjBL0


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan potongan video berita dari Metro TV dengan judul Kerajaan Arab Saudi Berikan Gelar Amirul Kazzab bagi Presiden Jokowi adalah hoaks. Faktanya narasi dalam video itu telah diedit.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya