Cek Fakta: Hoaks Foto Anies Baswedan Sedang Makan Babi Guling di Warung

Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan sedang makan babi guling di sebuah warung.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 10 Jan 2023, 15:35 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 15:00 WIB
Cek Fakta foto Anies Baswedan makan babi guling
Cek Fakta foto Anies Baswedan makan babi guling

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan sedang makan babi guling di sebuah warung. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Januari 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan sedang makan di sebuah warung dengan babi guling tersaji di meja. Foto itu disertai tulisan "Warung Sederhana Babi Guling".

Akun itu menambahkan narasi "Makan dulu kadrun"

Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan sedang makan babi guling di sebuah warung?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah oleh Detik.com dalam artikel berjudul "Mampir di Cirebon, Anies Baswedan Nostalgia Makan Nasi Lengko" yang diunggah pada 29 Maret 2017.

Dalam foto tersebut terdapat kesamaan gambar yakni Anies Baswedan sedang bersama anak berbaju merah dan seorang pria memakai baju putih. Selain itu terdapat kesamaan meja makan dan juga galon air di belakangnya.

<p>Cek Fakta foto Anies Baswedan makan babi guling</p>

Namun di gambar asli tidak terdapat babi guling seperti dalam postingan. Penelusuran juga menemukan foto identik yang diunggah oleh Bandung.Bisnis.com dalam artikel berjudul "Sebelum ke Tegal, Anies Baswedan Nostalgia Kuliner Khas Cirebon" yang diunggah pada 29 Maret 2017.

<p>Cek Fakta foto Anies Baswedan makan babi guling</p>

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-3458881/mampir-di-cirebon- anies-baswedan-nostalgia-makan-nasi-lengko

https://bandung.bisnis.com/read/20170329/549/1102298/sebelum- ke-tegal-anies-baswedan-nostalgia-kuliner-khas-cirebonhttps://aboutcirebon.id/anies-baswedan-bernostalgia-makan-nasi- lengko-di-cirebon/


Kesimpulan

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan sedang makan babi guling di sebuah warung adalah tidak benar. Faktanya foto dalam postingan telah disunting.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya