6 Hoaks Sepekan, dari Peristiwa Terkini hingga Olahraga

Kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 22 Sep 2023, 20:08 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2023, 21:00 WIB
Tangkapan layar hoaks seputar bantuan yang diunggah akun Facebook
Cek Fakta Liputan6.com telah mendapati sejumlah hoaks pemberian bantuan

Liputan6.com, Jakarta- Media sosial menjadi tempat bertukarnya informasi, namun kabar yang dibagikan tidak semuanya benar alias hoaks. Sebab itu kita harus jeli ketikan mendapatkannya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks yang beredar di media sosial, dari seputar peristiwa terkini hingga kesehatan.

Berikut kumpulan hoaks yang beredar dalam sepekan.

1. Traffic Cone Meleleh karena Suhu Panas di Semarang

Sebuah video yang diklaim traffic cone atau pembatas jalan meleleh karena cuaca panas di Semarang, Jawa Tengah, beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 Agustus 2023.

Video berdurasi 13 detik itu memperlihatkan sejumlah traffic cone meleyot di tengah jalan. Traffic cone yang meleyot itu disebut-sebut meleleh karena suhu panas yang melanda Semarang, jawa Tengah.

"Semarang vanazzz gaes, safety cone aja sampai meleleh, apalagi akyuuuu 😁😁😁" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 308 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar dari warganet.

Benarkah traffic cone meleleh karena suhu panas di Semarang? Simak hasil penelusurannya di sini.....

 

2. Video Jokowi Panggil Rocky Gerung ke Istana

Sebuah video yang diklaim Presiden Jokowi memanggil Rocky Gerung ke Istana untuk mengklarifikasi ucapannya beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Agustus 2023.

Video berdurasi 10 menit 36 detik itu menampilkan gambar thumbnail Presiden Jokowi yang tengah berjalan bersama putranya, Kaesang Pangarep dan Rocky Gerung. Video itu juga tertulis narasi sebagai berikut.

"BREAKING NEWS

JOKOWI UNDANG ROCKY GERUNG KE ISTANA

KLARIFIKASI UCAPAN B*J*NG*N T*L*L LANGSUNG DILAKUKAN

"J0K0W! P4NGG!L R0CKY GERVNG KE !ST4N4 VNTVTK D!M!NT4! KL4R!F!K4S! S04L VC4P4N B*J*NG*N T*L*L!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 86 ribu kali ditonton dan mendapat 393 komentar dari warganet.

Benarkah video yang diklaim Jokowi memanggil Rocky Gerung ke Istana untuk mengklarifikasi ucapannya? Simak dalam artikel berikut ini...

 

3. Pesan Berantai Waspada Aksi Begal di Taman Pancing, Denpasar, Bali

 Kabar tentang adanya aksi begal di kawasan Taman Pancing, Denpasar, Bali beredar di media sosial. Informasi tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada Selasa (22/8/2023).

Dalam pesan berantai tersebut disebutkan bahwa adanya aksi begal di kawasan Taman Pancing. Seluruh warga pun diminta untuk tidak keluar rumah dan berkunjung ke taman tersebut.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Shalom

Selamat sore menjelang malam adik2 semuanya🙏Saya menghimbau kepada kita semua tanpa terkecuali bahwa dgn adanya kejadian yg terjadi semalam di taman pancing maka ,tolong semuanya jgn ada yg keluar rumah tanpa ada kepentingan yg Jelas apalagi pergi ke taman pancing.

Info yg kami dgr bahwa malam ini akan ada sidak di area taman pancing.

Demikian saya mengingatkan demi keamanan kita bersama.

Jangan karena prilaku oknum lalu kita semua Kena dampaknya.

Maka sebelum itu terjadi sebaik jika tdk ada keperluan penting maka diam dan beristirahat saja dirumah masing².

Sekian dan trimakasih," demikian narasi dalam pesan berantai tersebut.

Benarkah kabar tentang adanya aksi begal di Taman Pancing, Denpasar, Bali? Simak hasil penelusurannya di sini....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hoaks Berikutnya

4. Presiden Jokowi Pakai Baju Adat China pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Presiden Jokowi memakai baju adat China saat upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 Agustus 2023.

Di dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi dengan narasi:

"Hancur Negri ini, Kepala Negara. Upacara Bendera pakai Baju Cina."

Akun itu menambahkan narasi, "Lagi capek-capeknya malah dibikin capek"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Presiden Jokowi memakai baju adat China saat upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara? Simak dalam artikel berikut ini...

 

5. Imbauan Pakai Masker karena Muncul Virus Amoeba

Informasi tentang imbauan memakai masker karena muncul virus Amoeba yang menyerang sistem pencernaan beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 Agustus 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam gambar itu terdapat narasi sebagai berikut.

"Menteri Luhut akan mewajibkan penggunaan masker untuk warga Jabodetabek"

Akun Facebook tersebut kemudian menuliskan narasi bahwa muncul Amoeba yang menyerang sistem pencernaan, sehingga masyarakat diwajibkan kembali menggunakan masker.

"Teman-2 saya mau ingetin, sepertinya kita sdh hrs mulai pakai masker kembali, ini tdk main-2, banyak banget org yg kena virus & tlh nyerang perut namanya "Amuba", RS penuhh loh hampir semua sakitnya sama.. jd perut melilit sakittt sekali kyk org mau kontraksi, trus lemasss, badan sakit; berujung mencret-2 sampai pipis sj keluar mencret, efeknya kalium & electrolit nya turun terus, trus serang ke fungsi jantung kita, Waspada Jagalah kesehatan Sahabatku,.!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat sejumlah komentar dari warganet.

Benarkah ada imbauan memakai masker karena muncul virus Amoeba yang menyerang sistem pencernaan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

 

6. Foto Lionel Messi Sedang Memegang Dus Mie Instan <p>Cek Fakta foto Lionel Messi memegang dus mie instan</p>

Beredar di media sosial postingan foto Lionel Messi sedang memegang kardus mie instan. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 Agustus 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Cristiano Ronaldo sedang memegang trofi. Sementara Lionel Messi sedang memegang dus mie instan.

Foto itu disertai narasi:

Liga Arab: 25 gol, 2 hattrick, 1 quattrick, 1 trofi, 1 top skor LCA.

Liga GTA: 8 gol, 0 hattrick, 0 quattrick, 0 trofi

Akun itu juga menambahkan narasi: "Ngomong ngomong, kenapa harus se-fakta ini?? Senyata ini?? Sesungguh ini???"

Lalu benarkah postingan foto Lionel Messi sedang memegang kardus mie instan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

 Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya