Marak Hoaks, Pemkab Aceh Barat Ingatkan Warga Bijak Bermedia Sosial

Pemkab Aceh Barat mengingatkan warga untuk menjadi pribadi yang bijak ketika bermedia sosial.

oleh Alifah Budihasanah diperbarui 13 Jun 2024, 09:21 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi Cek Fakta Hoaks di Tahun Politik Kian Marak
Banner Infografis Hoaks di Tahun Politik Kian Marak. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya penyebaran hoaks di media sosial, terutama di tengah masyarakat Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengingatkan warga untuk menjadi pribadi yang bijak terutama ketika bermedia sosial. Mengingat media sosial kini juga menjadi salah satu kebutuhan utama di kalangan masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan persandian (Diskominsa) Aceh Barat, Hidayat Isa. Warga diminta untuk tidak menyebarkan hoaks atau informasi yang tidak dapat diverifikasi kebenarannya di media sosial.

“Jejak digital yang kita tinggalkan akan terus ada dan dapat dilihat oleh banyak pihak. Mari kita bijak dalam menggunakan media sosial untuk kebaikan bersama,” tutur Hidayat, dilansir dari Antara, Selasa (11/6/2024).

Hidayat mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran akan pentingnya etika ketika bermedia sosial.

"Kita harus menyadari bahwa setiap tindakan dan kata-kata yang kita ungkapkan di media sosial akan meninggalkan jejak digital yang dapat berdampak baik maupun buruk bagi kita," katanya menambahkan.

Menurutnya, segala aktivitas negatif yang dilakukan di media sosial juga akan berpengaruh secara personal, terutama dalam konteks reputasi dan profesionalitas seseorang. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk memahami dan mengendalikan penggunaan media sosial, untuk mencegah potensi risiko negatifnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya