Jurnalisme Warga Hadir di Singkawang

Pelatihan Jurnalisme di Singkawang berlangsung selama dua hari pada Rabu dan Kamis, 18 - 19 Juni 2014.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 18 Jun 2014, 13:33 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2014, 13:33 WIB
Jurnalisme Warga Hadir di Singkawang Untuk Berbagi Informasi
Pelatihan Jurnalisme di Singkawang berlangsung selama dua hari pada Rabu dan Kamis, 18 - 19 Juni 2014.

Citizen6, Jakarta Pagi ini warga di kota Seribu Kelenteng, Singkawang terlihat sibuk. Hari ini merupakan hari spesial bagi mereka karena akan berlangsung acara Pelatihan Jurnalisme selama dua hari pada Rabu dan Kamis, 18 - 19 Juni 2014.

Sebanyak 10 peserta mengikuti acara ‘Pelatihan Jurnalisme’ di aula Bappeda, Kota Singkawang. Terlihat para peserta tampak semangat mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan ini mengambil tema ’ Membangun Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Palayanan Publik’ dan bekerja sama dengan USAID Indonesia, LPS AIR, Bappeda Pemkot Singkawang dan KINERJA.

Dalam pemaparannya, Direktur LPS AIR, Deman Huri, Jurnalimes warga hadir untuk mengetahui informasi mengenai perkembangan di Kota Singkawang. “Baik dari pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Peran jurnalisme warga untuk berpatisipasi menyampaikan informasi yang tidak sempat disampaikan media lain,” kata Deman, di ruangan aula Bappeda Kota Singkawang, Rabu 18 Juni 2014.

Deman menjelaskan, dalam pelatihan ini akan menyampaikan bagaimana penulisan dan pengolahan berita. “Sebagai warga Singkawang tidak hanya mengetahui berita hangat mengenai Piala Dunia akan tetapi mengetahui informasi sekitar mengenai perkembangan Singkawang,” jelas Deman.

Sebagai warga Singkawang dengan adanya jurnalisme warga ini dapat mengetahui informasi mengenai hal yang berkaitan dengan olahraga. Tidak hanya mengetahui Piala Dunia yang saat ini sedang hangat diperbincangkan akan tetapi dengan adanya jurnalisme warga, dapat mengetahui atlet-atlet yang berbakat di Singkawang.

Ia mengharapkan, dari sejumlah informasi yang telah didapat dan kemudian diolah menjadi berita, akan ditindaklanjuti oleh pemerintah. “Dan diharapkan pelatihan ini bermanfaat untuk perkembangan Singkawang,” demikian ia berharap.

Fasilitator Daerah Media - OMP LPS-AIR, Umar Faruq, menyatakan, pelatihan Jurnalisme Warga ini ditujukan kepada warga Kota Singkawang. Maksudnya adalah agar warga dapat mengenal dan memahami dunia jurnalistik.

"Harapannya kelak warga mampu mengekspresikan keinginanannya untuk memberitakan segala informasi yang layak didapat oleh warga Singkawang melalui tulisan," kata Umar Faruq. 

Umar Faruq berharap, peserta yang telah mengikuti Pelatihan Jurnalisme Warga bisa aktif menghasilkan berita, terutama menginformasikan segala hal berkenaan dengan pelayanan publik.

"Selain itu, harapan saya juga Jurnalis Warga dapat menularkan kepada warga Kota Singkawang lainnya untuk berpartisipasi aktif menginformasikan segala hal terkait pelayanan publik," harap Umar Faruq. (Tim Jurnalisme Warga Singkawang)*

Pengirim :

LPS-Air

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya