Bendera RI Sepanjang 500 M Meriahkan HUT RI di Puncak Ciremai

Hal yang berbeda dilakukan sejumlah pelajar SMA di Cirebon dalam merayakan HUT Republik Indonesia (RI) ke-70.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 18 Agu 2015, 16:09 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2015, 16:09 WIB
Bendera RI Sepanjang 500 M Meriahkan HUT RI di Puncak Ciremai
Hal yang berbeda dilakukan sejumlah pelajar SMA di Cirebon dalam merayakan HUT Republik Indonesia (RI) ke-70.

Citizen6, Cirebon Hal yang berbeda dilakukan sejumlah pelajar SMA di Cirebon dalam merayakan HUT Republik Indonesia (RI) ke-70. Mereka melakukannya dengan membentangkan bendera Indonesia sepanjang 500 meter di Puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat.

Acara ini digagas oleh kelompok pencinta Alam KALDERA SMAN 1 Arjawinangun Cirebon, dan diikuti  oleh ratusan pendaki dari berbagai daerah Indonesia. Kegiatan ini bertajuk 'Kaldera Bakti Negeri 2015' yang merupakan kelanjutan kegiatan tahun sebelumnya yakni Srikandi Kaldera Bakti Negeri 2014.

Kaldera Bakti Negeri 2015 merupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka mengangkat kembali nasionalisme dikalangan para pelajar SMA melalui kegiatan pendakian gunung. Peringatan HUT RI pada umumnya dilakukan dengan melakukan upacara bendera di lapangan dengan beberapa perangkat upacara, namun mereka berani melakukan sesuatu hal yang berbeda dan menantang yaitu dengan membentangkan bendera sepanjang 500 m di puncak tertinggi di Jawa Barat yakni Gunung Ciremai.

Hal yang berbeda dilakukan sejumlah pelajar SMA di Cirebon dalam merayakan HUT Republik Indonesia (RI0) ke-70.

Komandan Kaldera SMAN 1 Arjawinangun, Cirebon, Suneni menjelaskan bahwa bendera-bendera tersebut di bawa dengan susah payah oleh timnya karena harus membawa bendera dan sejumlah logistik.

“Menjelang fajar, jalan setapak menuju puncak sangat padat dijejali ratusan pendaki. Sesak, dingin menusuk tulang, di atas pundak kami bebankan sang saka. Hampir roboh. Namun, kami tahu sang saka ini adalah kristalisasi dari jutaan manusia pertiwi yang rela mengobarkan nyawanya. Untuk mereka kami kibarkan di Puncak tertinggi Jawa Barat," ucapnya. 

Kaldera Bakti Negeri 2015 diperkirakan dihadiri sekitar 1000 pendaki, sedangkan tim pendaki dari Kaldera yang membawa bendera sebanyak 40 Orang. Dukungan juga diberikan oleh beberapa instansi seperti TNGC, Pemda Cirebon serta KNPI Cirebon.

Kegiatan yang berlangsung sejak Sabtu, 15 Agustus 2015 dan dilepas oleh Pemda Cirebon. Setelah itu mereka langsung menuju pos pendakian Palutungan Kuningan, esok harinya mereka langsung melakukan pendakian sampai akhirnya mereka bermalam di pos Passanggrahan untuk menyiapkan segala kebutuhan untuk proses pembentangan pada esok harinya. Tepat pukul 08.00 WIB bendera 500 m dibentangkan di bibir kawah Ciremai dan hampir menutupi seluruh bagian kawah, seluruh pendaki bergotong royong untuk membentangkan bendera. Setelah seluruh bagian bendera berkibar para pendaki menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. (ul)

Pengirim:

Wahyudin

Facebook : Wahyudin

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya