Hari Pangan Sedunia, Gimana Kini Nasib Petani?

Hari Pangan Sedunia tahun ini mengambil tema "Pemberdayaan Petani sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan."

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 16 Okt 2015, 12:31 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2015, 12:31 WIB
Hari Pangan Sedunia, Gimana Kini Nasib Petani?
Hari Pangan Sedunia tahun ini mengambil tema "Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan."

Citizen6, Jakarta Tepat hari ini, Jumat (16/10/2015), diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia ke-35. Beragam acara dan kegiatan menarik pun sudah dipersiapkan untuk memeriahkan Hari Pangan Sedunia yang dirayakan setiap 16 Oktober ini.

Hari Pangan Sedunia ini tak dapat dilepaskan dari sejarah terbentuknya salah satu organisasi PBB yang menangani pangan, yakni FAO (Food and Agriculture Organisation) yang didukung juga oleh lebih dari 150 negara di belahan dunia.

Tahun ini, Hari Pangan Sedunia mengambil tema "Pemberdayaan Petani sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan". Dengan tema tersebut, diharapkan publik lebih proaktif dalam menggenjot sektor pangan bangsa demi masa depan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Sayangnya, hal tersebut tidak didukung dengan beberapa faktor bagi para petani, seperti rendahnya pendidikan di kalangan petani, kurangnya fasilitas memadai, besarnya jumlah biaya operasional dan tak ada lahan bagi para petani untuk memproduksi pangan yang berkualitas.

Seperti yang kita ketahui, lahan pertanian di Tanah Air sangat luas karena negara kita merupakan penghasil beras peringkat tiga dunia, tapi kini lahan tersebut lebih banyak digunakan untuk beragam industri. Nasib petani Indonesia pun sungguh ironis, padahal mereka menjadi pilar penting produksi lokal dan dunia.

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial pun menyayangkan nasib petani Indonesia kini yang makin memprihatinkan dibandingkan negara lainnya. Dalam ciapannya di linimasa Twitter, terlihat mereka berharap pemerintah dapat peduli dengan para petani agar negeri kita memiliki petani yang semakin berkualitas.

 

 

 

 

 

Nah bagaimana dengan Anda, cara apa yang Anda lakukan untuk memperingati Hari Pangan Sedunia? (*)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya