Rahasia Memotret ala Foto Candid yang Lebih 'Hidup'

Gaya foto yang diambil secara diam-diam (foto candid) ternyata masih jarang dijadikan tren populer.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 16 Jun 2016, 15:31 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2016, 15:31 WIB
Rahasia Memotret ala Foto Candid yang Lebih 'Hidup'
Gaya foto yang diambil secara diam-diam (foto candid) ternyata masih jarang dijadikan tren populer.

Citizen6, Jakarta Beragam gaya foto selfie memang digandrungi publik. Dari gaya selfie alay sampai nyeleneh marak bermunculan di media sosial. Tapi gaya foto yang diambil secara diam-diam (foto candid) ternyata masih jarang dijadikan tren populer. Padahal, foto candid berpeluang untuk lucu-lucuan.

Kalau suka bercanda dengan mengungggah foto teman yang spontan dipotret, kamu punya bakat melakukan pengambilan foto candid. Teknik fotografi candid memang gampang-gampang susah. Kamu memerlukan situasi yang tepat saat mengambil gambar.

Kuncinya, foto diambil diam-diam tanpa disadari oleh orang yang dijadikan objek foto. Lantas bagaimana membuat foto candid yang keren?

  • Selalu Bawa Kamera

Kamu perlu membawa kamera ke mana pun pergi dalam keadaan siap sedia. Momen-momen menarik bisa datang kapan saja. Kamera yang dibawa berupa kamera pocket ataupun kamera ponsel. Keduanya lebih fleksibel karena ukurannya yang lebih kecil daripada kamera DSLR.

Foto candid pasangan di kereta (sumber. Huffingtonpost.com)

  • Fokus Teknik Foto Sederhana

Karena dituntut memotret momen-momen tak terduga secara spontan, kamu tidak perlu terlalu memusingkan teknik pencahayaan (lighting) yang rumit. Fokus teknik yang sederhana dalam memilih fitur otomatis kamera. Ketika hasil foto terlihat kurang maksimal, kamu bisa menyiasatinya dengan teknik olah digital.

  • Memotret Aktivitas

Kekuatan foto candid lebih terasa 'hidup' bila kamu memotret ‘orang yang sedang melakukan aktivitas’. Misal, anak jalanan yang sedang mengamen di lampu merah, pemulung yang sedang mengobrak-abrik tempat sampah, dan sepasang muda-mudi yang asyik bermesraan.

Ingin tahu kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

Artikel Rekomendasi

Jalur Trans Jakarta Disterilkan, Netizen Riuh

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya