Permainan Membuka Botol Seperti Oral Seks, Perusahaan Dikritik

Praktik misoginis dan melecehkan perempuan yang dilakukan satu perusahaan membuat netizen mengkritik habis-habisan.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 16 Jan 2017, 08:12 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2017, 08:12 WIB
oral-sex-130616b.jpg

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Tencent dari Tiongkok dikritik habis-habisan setelah video pesta perusahaan ini menunjukkan adegan yang tak pantas. Dalam rekaman tersebut, terlihat di atas pentas dua orang karyawan pria dengan botol yang dijepit di antara selangkangan mereka.

Kemudian, dua orang karyawan wanita berusaha membuka tutup botol tersebut dengan mulut mereka. Rekaman itu sendiri diambil dalam sebuah pesta tahunan sebelum Tahun Baru Cina.

Melansir dari Shanghaiist dan Mirror, Minggu (15/01/2017), adegan tidak pantas tersebut memicu kemarahan di antara netizen, terutama perempuan. Mereka menganggap Tencen membiarkan karyawannya melakukan pelecehan secara tidak langsung.

"Bagaimana bisa sebuah perusahaan memperlakukan pekerja dengan cara ini? Apa mereka tidak memiliki sifat manusiawi?" tanya salah satu pengguna Weibo.

"Mengapa wanita-wanita itu membiarkan dirinya dipermalukan dengan cara ini? Apa yang orang tua mereka akan katakan?'' tanya netizen lain.

"Jika mereka tidak melakukannya, mereka akan dipecat. Kita harus mengubah budaya misoginis ini!" respon pengguna lainnya.

Pada hari Kamis, Tencent merilis pernyataan permintaan maaf atas apa yang terjadi di pesta tahunan. Mereka menyalahkan kendornya pengawasan pada acara tersebut dan menjanjikan bahwa hal itu tak akan terjadi lagi di masa depan. Perusahaan itu juga mengklaim karyawan yang terkait dengan insiden tersebut telah dihukum sesuai kebijakan perusahaan.

Ini bukan pertama kalinya salah satu perusahaan besar di Tiongkok bersikap seksis terhadap karyawan perempuan. Pada tahun 2015, Alibaba dipaksa untuk menarik iklan lowongan pekerjaan yang berisi syarat kandidat perempuan mesti tampak seperti bintang porno Sora Aoi dengan tujuan memotivasi rekan kerja.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya