Burung Gagak Liar di Jepang Mau Patuhi Rambu Larangan, Kamu?

Seorang teman menyarankan kepada saya untuk menggantung rambu-rambu larangan masuk, hasilnya?

oleh Azwar Anas diperbarui 04 Jul 2017, 11:32 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2017, 11:32 WIB
Burung Gagak
Rambu Larangan untuk Burung Gagak. Foto: Oddity Central

Liputan6.com, Jakarta Film-film Hollywood kerap menggambarkan gagak sebagai makhluk bodoh yang bahkan tidak tahu kalau orang-orangan sawah hanyalah boneka. Namun, film Hollywood sepenuhnya salah! Justru gagak adalah salah satu unggas paling cerdas yang pernah diciptakan.

Burung gagak di Perfektur Iwate, Jepang, mampu membaca dan mengenali rambu larangan. Rambu yang dipasang oleh Katsufumi Sato, profesor asal Universitas Otsuchi, itu berbunyi "Gagak Dilarang Masuk," yang ditempel di dinding sebuah bangunan tua, tak jauh dari rumahnya.

Sato mengaku geram dengan ulah para gagak yang kerap memorak-porandakan tanaman di sekitar bangunan tua itu. Lain itu, kotoran gagak yang berjibun menimbulkan bau tak sedap.

“Seorang teman menyarankan kepada saya untuk menggantung rambu-rambu larangan masuk,” ujarnya sebagaimana dilansir Oddity Central.

Awalnya, Sato mengira bahwa usahanya ini adalah hal bodoh, tapi cara itu rupanya cukup ampuh. Rombongan gagak yang menyerbu bangunan tua itu makin berkurang. Lama-lama hanya tinggal satu-dua ekor saja, bahkan tidak sama sekali.

Tanpa menempuh jalan kekerasan, Sato mampu mengusir gagak-gagak tersebut. Ia meyakini bahwa gagak adalah burung yang cerdas.

“Mereka juga bisa menunjukkan rasa syukur," tuturnya.

Lalu, jika burung gagak saja mau menaati rambu larangan, bagaimana denganmu?

(war)

Penulis:

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya