Kisah Haru Para Atlet Tanah Air Penyumbang Emas

Atlet tanah air ini berhasil meraih medali emas untuk Indonesia. Tapi sebelum itu, para atlet ini melalui perjuangan keras untuk membanggakan tanah air.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Agu 2018, 21:00 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2018, 21:00 WIB
Pesilat Aji Bangkit Pamungkas Rebut Emas ke-16 di Asian Games 2018
Pesilat Indonesia, Aji Bangkit Pamungkas mengibarkan bendera Merah Putih usai mengalahkan pesilat Singapura Sheik Alauddin dalam babak final Kelas I Putra Asian Games 2018 di TMII, Jakarta, Senin (27/8). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Prestasi para atlet Indonesia di Asian Games ke-18 terbilang membanggakan. Jumlah perolehan medali emas Indonesia telah mencapai 22, tentu pencapaian tersebut membuat tanah air duduk pada peringkat keempat.

Jumlah perolehan medali yang ditargetkan mencai 16 emas kini sudah terlampaui dari berbagai cabang olahraga. Untuk membawa pulang medali emas, para atlet tanah air telah berjuang dengan keras dan melakukan persiapan demi mendapatkan kemenangan. 

Di balik kesuksesan mereka meraih medali emas, ada perjuangan dan kerja keras yang telah mereka pertaruhkan. Berikut kisah-kisah para atlet Indonesia dan kini mereka berhasil menyumbang emas, dirangkum oleh Merdeka.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Atlet paralayang Jafro Megawanto

Atlet paralayang Indonesia, Jafro Megawanto
Atlet paralayang Indonesia, Jafro Megawanto berselebrasi seusai babak nomor ketepatan mendarat pria cabang Paralayang Asian Games 2018 di Gunung Mas, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/8). Jafro sukses meraih medali emas. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelum menjadi atlet paralayang, Jafro Megawanto sempat bertugas melipat dan merapikan parasut para atlet. Dari situlah Jafro bertekad menjadi pilot paralayang. Kesempatan itu datang ketika ia akhirnya ikut berlatih di sekolah paralayang, lalu menjadi atlet.

"Hari ini, Jafro Megawanto bahkan meraih lebih dari sekadar mimpi menjadi atlet paralayang. Di venue paralayang di kawasan Gunung Mas Puncak tadi, Jafro meraih medali emas Asian Games 2018 dalam nomor ketepatan mendarat perorangan."

"Selamat Jafro Megawanto untuk emas ketujuh bagi Indonesia!" kata Jokowi dalam akun Instagramnya.


2. Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan

Eko Yuli
Medali emas Indonesia kembali bertambah melalui Eko Yuli Irawan dari cabang olahraga angkat besi kelas 62 kg.Bertanding di Hall A, JIExpo, Jakarta, Selasa (21/8)

Eko Yuli Irawan menjadi andalan Tim Indonesia untuk meraih emas di Asian Games 2018. Berawal dari menggembala kambing, Eko menjadi lifter kelas dunia dan berprestasi hingga ajang Olimpiade.

Tak hanya itu saja, Eko berhasil menyumbang emas pertama di cabang olahraga angkat besi di Asian Games 2018. Dia menyumbang medali emas untuk Indonesia dengan melakukan angkatan total 311 kg (snatch 141 dan clean and jerk 170).


3. Sepak takraw Lena dan Leni

Saudara kembar Lena dan Leni menjadi ratu sepak takraw di PON Jabar 2016
Saudara kembar Lena dan Leni menjadi ratu sepak takraw di PON Jabar 2016

Si kembar, Lena dan Leni, merupakan dua atlet andalan Indonesia di cabang olahraga sepak takraw pada ajang Asian Games 2018. Lena dan Leni sempat mengalami kendala ekonomi. Ketika sudah lulus dan akan melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah atas, Lena dan

Leni dihadapkan pada permasalahan yang sama: biaya pendidikan. Di sinilah pertama kalinya sepak takraw mengubah jalan hidup si kembar. Meskipun ikut sepak takraw karena "terpaksa".

"Pengen sekolah sampai SMA jadi ikut sepak takraw, soalnya di SMA itu atlet-atlet takraw digratiskan sekolahnya jadi kami pun ikut. Kebetulan pelatih juga tahu kami ada bakat jadi Alhamdulillah bisa sampai sekarang," kata Lena.

Namun yang digratiskan hanya iuran, peralatan untuk sekolah dan latihan, para siswa harus punya masing-masing. Lena dan Leni tak kehabisan akal. Beruntung mereka bertetangga dengan pemilik pengepul barang bekas. Jika ada barang bekas yang tidak dapat diolah, biasanya si tetangga membuang barang-barang tersebut di dekat tanggul sungai.

Di sini, Lena dan Leni rela mengais sampah demi mendapat sepatu bekas yang menurut standar mereka masih layak digunakan. Mau tidak mau, suka tidak suka, Lena-Leni harus mempelajari olahraga sepak takraw.


4. Atlet pencak silat Aji Bangkit Pamungkas

Pesilat Aji Bangkit Pamungkas Rebut Emas ke-16 di Asian Games 2018
Pesilat Indonesia, Aji Bangkit Pamungkas mengibarkan bendera Merah Putih usai meraih medali emas ke-16 untuk Indonesia dalam babak final Kelas I Putra Asian Games 2018 di TMII, Jakarta, Senin (27/8). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Aji berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia dari nomor tarung putra kelas I 85-90 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018).

Aji Bangkit Pamungkas menang telak 5-0 atas pesilat Singapura, Sheik Ferdous Sheik Alauddin. Setiap jutor memberikan nilai kemenangan bagi Aji, 14-8, 13-9, 17-8, 11-8, dan 20-10.

Berbarengan dengan kesuksesannya meraih kemenangan, Aji mengingat orang tuanya dan ingin memberikan kebahagiaan untuk sosok yang telah membesarkannya itu.

"Lawan dari Singapura sangat kuat, saya merasa kesulitan di awal. Namun, saya terus mengikuti instruksi pelatih. Medali ini untuk masyarakat Indonesia, untuk pencak silat Indonesia, dan masyarakat Lombok agar ada senyuman untuk mereka," ujar Aji.

"Kemenangan ini, medali ini, bonus untuk orang tua. Saya ingin memberangkatkan orang tua saya untuk pergi haji dan memberikan rumah untuk orang tua saya," lanjutnya.

Reporter

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya