5 Tempat Wisata di Balikpapan yang Hits, Liburanmu Makin Berkesan

Tempat wisata di Balikpapan ini memiliki hamparan pasir pantai putih yang luas.

oleh Rizzaq Aynur Nugroho diperbarui 22 Mar 2019, 16:50 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2019, 16:50 WIB
Wisata di Balikpapan
Tempat Wisata di Balikpapan (sumber: instagram/teguh_aprilia07)

Liputan6.com, Jakarta Balikpapan adalah kota yang terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur, dengan jumlah penduduk sekitar 701.066 jiwa. Balikpapan juga menjadi salah satu kota di Indonesia yang punya banyak kuliner khas. 

Menjadi kota yang menghasilkan minyak cukup besar di Indonesia, membuat Balikpapan sering disebut dengan kota minyak.

Balikpapan yang merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Timur ini selain menjadi pusat minyak bumi Indonesa, juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang unik dan menarik.

Secara georgrafis, Kota Balikpapan didominasi oleh perbukitan, Hanya sekitar 12 persen saja wilayahnya yang berupa daerah datar, sisanya adalah aliran sungai dan pesisir pantai.

Letaknya yang dekat dengan lautan, tidak membuat tempat wisata di Balikpapan melulu soal pantai dan laut. Ada beberapa tempat wisata di Balikpapan yang lainnya seperti wisata alam, wisata keluarga, wisata kuliner, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tempat wisata yang ada di Balikpapan, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (21/3/2019) tentang tempat wisata di Balikpapan yang hits.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pantai Melawai

Pantai Melawai
Pantai Melawai Balikpapan (sumber: instagram/nurmuchlis)

Tempat wisata di Balikpapan yang pertama adalah Pantai Melawai. Pantai ini terletak di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan sunset yang mempesona. Tempat ini juga konon katanya merupakan tempat pertama pengeboran minyak di Indonesia. Pantai Melawai juga digunakan untuk pelabuhan.

Pelabuhan ini biasanya digunakan kapal-kapal besar untuk mengangkut minyak. Jika kamu ingin ke Pantai Melawai, alangkah baiknya untuk datang ketika menjelang petang karena di sana banyak sekali kafe yang menyediakan menu makanan khas Balikpapan sembari menunggu matahari terbenam.


2. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lemaru
Danau Cermin Lemaru Balikpapan sumber: instagram/tkhawe

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya adalah Danau Cermin Lamaru. Seperti namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih dan bahakn bisa untuk bercermin atau memantulkan bayangan.

Danau Cermin Lamaru berada di Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari pusat kota lokasi ini dapat deitempuh sekitar 26 kilometer atau kurang lebih 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Danau Cermin Lamaru memang salah satu tempat wisata di Balikpapan yang belum ditetapkan sebagai area wisata Balikpapan. Namun kamu tidak akan kecewa dengan keindahan dan keunikan danau ini.


3. Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo

Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo
Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan (sumber: instagram/emera_1811)

Hutan mangrover ini terletak di Jalan Sidodasi, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo ini adalah wisata di Balikpapan yang wajib kamu datangi, karena memang sudah cukup terkenal, di sini kamu juga dapat mengenal ekosistem mangrover secara dekat, dan mengerti manfaat hutan mangrover.

Meskipun cukup terkenal, hutan mangrove ini masih terjaga keasriannya dan keindahannya sehingga dapat menjadi tempat untuk menenangkan diri dan bersantai.

Untuk menuju ke Kawasn Hutan Mangrove Margomulyo tidak sulit, karena berdekatan dengan pusat Kota Balikpapan. Tidak hanya hamparan hutan mangrove, di sini juga banyak spot-spot foto yang menarik.


4. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Pantai Kemala Balikpapan (sumber: instagram/armitha.nia)

Pantai Kemala atau juga sering disebut dengan Pantai Polda juga merupakan salah satu pantai di Balikpapan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki pemandangan pasir putih yang bersih dan luas.

Sehingga kamu bisa bermain-main air dan pasir di sana. Di Pantai Kemala juga banyak berdiri warung makan hingga restaurant yang menyediakan makanan laut dan makanan khas Balikpapan.

Lokasinya berada di pusat kota, pantai Kemala terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Selatan.

Selain hamparan pasir putih dan tempat makan, di Pantai Kemala kamu juga bisa bermain banan boats, dan bermain jet ski. Pantai ini sangat cocok untuk wisata keluarga dan wisata bersama teman-temanmu.


5. Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari
Kampung Atas Air Margasari Balikpapan (sumber: instagram/armitha.nia)

Kampung Atas Air Margasari adalah salah satu kampung apung yang masih ada di Balikpapan bahkan di Indonesia. Tempat wisata di Balikpapan ini menyuguhkan kampung mengapung yang mirip di Venice, Eropa. Di sini kamu bisa pergi memancing atau berkeliling kampung sembari berinteraksi dengan warga sekitar.

Kampung Atas Air Margasari terletak di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.


Wisata Kuliner di Balikpapan

Tidak lengkap jika berwisata tanpa mencicipi makanan khas yang ada di suatu tempat saat kita mengunjunginya. Berikut ini ada beberapa wisata kuliner di Balikpapan yang wajib kamu cicipi ketika pergi kesana.

1. Ikan Bandeng Non Duri

Ikan Bandeng Non Duri adalah salah satu makanan khas Balikpapan yang wajib kamu cicipi. Selian rasanya yang lezar, Ikan Bandneg Non Duri ini juga kaya akan nutrisi, dan gizi. Mengandung banyak protein, makanan ini baik untuk otak kita.

2. Mie Soba Lada Hitam

Karena dekat dengan laut, maka tidak heran jika banyak kuliner yang terbuat dari ikan dan hasil laut lainnya. Namun berbeda dengan Mie Soba Lada Hitam. Mie ini tidak terbuat dari bahan yang berasal dari laut.

Tekstur dan bentuknya juga berbeda dengan mie pada umumnya. Mie Soba memiliki ukuran yang lebih besar dengan saus hitam yang melumuri tiap helai mie. Rasa dari mie ini adalah gurih.

Itulah tempat wisata di Balikpapan dan makanan khas yang wajib kamu cicipi ketika datang kesana.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya