12 Makanan Ajaib Ini Bantu Anda Membakar Lemak dalam Waktu Singkat

Jika Anda mengonsumsi makanan-makanan ini, berat badan akan lebih cepat turun.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 11 Mei 2020, 19:01 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2020, 19:01 WIB
berat badan-kezo
ilustrasi penyebab berat badan naik saat menjalankan puasa/pexels

Liputan6.com, Jakarta Pertempuran menurunkan berat badan adalah pertempuran yang dialami oleh banyak orang setiap waktu. Padahal, ada banyak cara mudah mendapatkan tubuh ideal tanpa perlu bersusah payah.

Misalnya, mengonsumi makanan-makanan yang dapat membantu membakar lemak lebih cepat. Makanan seperti apa? Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Cuka apel

Cuka apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Ini mengandung pektin yang membuat otak Anda merasa lebih puas.

Jadi jika Anda merasa lapar sebelum tidur, cuka apel adalah solusinya. Ini juga dapat berfungsi sebagai detoksifikasi alami, pembersihan, dan penyembuhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Minyak zaitun ekstra virgin

Minyak zaitun
Minyak zaitun/ Photo by Roberta Sorge on Unsplash

Minyak zaitun adalah lemak makanan sehat yang membantu menghilangkan lemak jenuh sambil menurunkan kadar kortisol (hormon stres) yang memengaruhi penambahan berat badan. Minyak ini akan kehilangan sebagian besar manfaat kesehatannya saat dipanaskan, jadi lebih baik mengonsumsi sesendok minyak zaitun saat perut kosong.

Atau, jika tak suka, Anda dapat menambahkannya ke salad atau sup tepat sebelum dimakan. Ketika dioleskan ke kulit, minyak ini dapat membuat kulit lebih lembut dan lebih fleksibel.

3. Buah berry

Stroberi, rasberi, blackberry, dan blue berry dapat mendukung upaya penurunan berat badan Anda. Tak hanya lezat dan dapat memberikan rasa kenyang, mereka juga mengandung anthocyanin: flavonoid yang mampu mengurangi lemak dan gula.

 


4. Tomat

ilustrasi tomat penyebab bau mulut/pexels
ilustrasi tomat penyebab bau mulut/pexels

Pastikan memasukkan tomat dalam diet Anda. Tomat dapat membantu mengurangi jumlah lipid dalam darah. Anda bisa membuat jus tomat atau menambahkannya ke salad. Tomat meningkatkan rasa kenyang, jadi cobalah memakannya setiap kali merasa lapar.

5. Quinoa

Adalah makanan tinggi serat dan rendah kalori yang mengontrol nafsu makan dan mempercepat pembakaran lemak pada saat bersamaan. Ini mengandung protein, antioksidan, dan nutrisi lain seperti zat besi, seng, selenium, dan vitamin E. Ini adalah pengganti nasi yang bagus dan cocok dengan daging atau sayuran.

 


6. Alpukat

ilustrasi buah alpukat untuk detoksifikasi/pexels
ilustrasi buah alpukat untuk detoksifikasi/pexels

Buah eksotis ini tak hanya rasanya lezat tapi juga mengandung asam oleat yang secara ajaib mengurangi rasa lapar. Selain itu, alpukat juga mengandung serat dan lemak tak jenuh tunggal, membantu mencegah penambahan berat badan.

7. Kacang kenari dan almon

Keduanya memiliki konsentrasi tinggi omega-3 dan protein. Selain itu, almon membantu Anda mengontrol gula dan mengaktifkan metabolisme. Tambahkan beberapa kacang dalam salad atau makan saat merasa lapar di siang hari.

 


8. Melon dan semangka

Manfaat semangka untuk kecantikan kulit
Berikut enam manfaat semangka untuk kecantikan kulit yang belum diketahui masyarakat luas. (Foto: iStockphoto)

Keduanya kaya akan air dan kalium yang membantu Anda menghindari pembengkakan.

9. Makanan laut

Makanan laut segar berkualitas tinggi mengandung lemak tak jenuh tungal yang membantu Anda menghindari akumulasi lemak ekstra. Ditambah lagi, makanan laut merrupakan sumber asam lemak omega-3.

10. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang menurunkan kadar insulin dan membuat tubuh Anda mencerna lemak lebih cepat. Sertakan jeruk, jeruk bali, dan air lemon di antara waktu makan Anda.

 


11. Pisang

Kulit Pisang
Kulit Pisang punya banya manfaat. (Foto: www.extremenaturalhealth.com/Henry)

Pisang adalah sumber potasium, kalsium, magnesium, dan vitamin. Satu buah pisang sehari benar-benar dapat membantu Anda memenangkan pertempuran penurunan berat badan. Anda bisa makan pisang tiap kali merasa lapar di antara waktu makan. Atau membuat dessert yang mengandung pisang.

12. Apel

Apel kaya akan vitamin dan antioksidan. Jadi mereka adalah makanan yang ideal untuk membakar lemak perut.

Untuk mendapatkan hasil yang nyata, makanlah setidaknya 3 apel sehari. Anda dapat menggandakan manfaatnya jika dimakan dengan oatmeal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya