Kenali 6 Jenis Jerawat Ini Serta Penyebabnya

Perhatikan tipe-tipe jerawat berikut ini agar Anda tahu cara mengobatinya

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Jun 2020, 19:02 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2020, 19:02 WIB
Munculnya Jerawat, Komedo, dan Flek Hitam
Ilustrasi Jerawat Pada Wajah Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Ada dua kategori yang termasuk dalam jerawat. Ini tergantung apakah mereka menyebabkan peradangan atau tidak. Adapula yang menyebutnya sebagai jerawat noninflamasi dan jerawat inflamasi.

Jerawat peradang lebih parah dibanding dengan yang noninflamasi. Malahan terkadang Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Berikut ini 6 tipe jerawat paling umum serta penyebabnya seperti dilansir dari Brightside.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Whiteheads

Kenali 6 Macam Jenis Jerawat Ini Serta Penyebabnya
Doc: Brightside.me

Ini adalah daging noninflamasi atau benjolan berwarna keputihan atau bintik-bintik yang biasanya memiliki pusat putih yang dikelilingi lingkaran merah. Dalam beberapa kasus, rambut mungkin keluar dari tengah atau terlihat terperangkap di dalamnya.

Penyebab: Ini terbentuk karena kotoran, sebum minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Ini ditutup dalam pori-pori.

 


2. Komedo

Kenali 6 Macam Jenis Jerawat Ini Serta Penyebabnya
Doc: Brightside.me

Kebalikan dari whiteheads, komedo (noninflamasi) adalah bintik-bintik kecil gelap atau berwarna hitam yang muncul sebagai benjolan yang terangkat. Biasanya kulit di sekitar komedo normal dan bagian tengahnya lebih gelap.

Penyebab: Hanya karena warnanya lebih gelap, bukan berarti ini memiliki lebih banyak kotoran. Ini hanya pertanda bahwa pori-pori melebar dan disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat.

 


3. Papula

Kenali 6 Macam Jenis Jerawat Ini Serta Penyebabnya
Doc: Brightside.me

Papula adalah peradangan jerawat yang terletak di bawah permukaan kulit. Kulit yang mengelilingi noda ini biasanya merah dan bengkak. Mereka terangkat, merah muda, solid, dan lembut.

Tapi dibandingkan dengan 2 jenis jerawat non-inflamasi di atas, jenis jerawat ini tak memiliki pusat yang terlihat dan tak melebar.

Penyebab: Infeksi kulit, perkembangan pembuluh darah kecil, kutil, eksim, reaksi alergi.

 


4. Pustula

Kenali 6 Macam Jenis Jerawat Ini Serta Penyebabnya
Doc: Brightside.me

Ini yang sering disebut oleh orang awam sebagai jerawat. Biasanya berupa benjolan besar yang memiliki pusat lingkaran. Bagian tengah diisi dengan nanah kekuningan/keputihan di atas dasar kulit merah.

Ini juga sangat mirip dengan whiteheads yang lebih besar tapi meradang.

Penyebab: reaksi alergi umum terhadap makanan atau lingkungan, gigitan serangga, dan kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak.

 


5. Nodul

Kenali 6 Macam Jenis Jerawat Ini Serta Penyebabnya
Doc: Brightside.me

Ini merupakan benjolan yang meradang, nyeri, dan keras yang terletak jauh di dalam kulit. Jenis ini dapat menjadi parah dan menyebabkan komplikasi kulit seperti jaringan parut dan bintik-bintik gelap.

Penyebab: Ini dianggap sebagai peradangan jerawat dan terbentuk ketika pori-pori yang tersumbat merusak sel dan jaringan jauh di bawah permukaan kulit.

 


6. Kista

Kenali 6 Macam Jenis Jerawat Ini Serta Penyebabnya
Doc: Brightside.me

Ketika pustula terinfeksi, mereka mulai terasa sakit. Inilah saat pustula menjadi kista.

Jerawat tipe ini terdiri dari benjolan putih atau merah, nyeri, besar, namun lunak yang terletak jauh di dalam kulit, bahkan lebih dalam dari nodul.

Ini juga dipenuhi dengan nanah. Bahkan ini dianggap dapat menyebabkan komplikasi kulit yang parah seperti jaringan parut.

Penyebab: Pustula yang terinfeksi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya