9 Cara Sederhana Ini Bantu Anda untuk Bisa Tidur dengan Cepat

Sulit untuk tidur di malam hari? Cobalah 9 cara sederhana ini.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 04 Sep 2020, 19:01 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2020, 19:01 WIB
[Fimela] tidur nyenyak
ilustrasi tidur nyenyak | unsplash.com/@zohre_nemati

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat mayoritas orang bekerja dari rumah. Dengan interaksi di luar ruangna yang menjadi terbatas, ada satu hal yang membuat orang terganggu dengan cara bekerja di rumah: jadwal tidur yang baik.

Kebanyakan orang yang bekerja dari rumah mengaku hal tersebut justru membuat mereka kurang tidur. Bekerja di rumah malah membuat kaburnya batas antara istirahat dengan waktu bekerja.

Padahal istirahat yang cukup adalah kebutuhan setiap orang. Terutama di masa pandemi yang menambah beban pikiran.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba agar bisa tidur dengan cepat. Ini tentunya membantu Anda untuk mendapatkan waktu tidur yang lebih banyak.

Melansir dari FeminaIndia, ini dia:

Ā 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Menurunkan suhu kamar

5 Rahasia Ciptakan Kamar Tidur yang Bikin Tidur Nyenyak
Ilustrasi kamar tidur. (dok. Dekoruma/Dinny Mutiah)

Jika kamar Anda terasa panas, Anda mungkin akan sulit tidur. Ada baiknya untuk membuka jendela atau menyalakan pendingin ruangan agar Anda bisa cepat tertidur.

Mandi sebelum tidur juga bisa menjadi cara terbaik untuk menenangkan diri dan tidur lebih nyenyak.

2. Tidak melihat jam

Jika Anda sepertinya belum bisa tidur atau lebih parah lagi, jika Anda terbangun dan tak bisa kembali tidur, biasanya Anda akan melihat jam. Menekankan ke diri Anda seberapa larutnya dan bagaimana Anda tak bisa tidur hanya akan membuat Anda semakin sulit tidur.

Cukup tutup mata, tarik napas dalam-dalam, biarkan pikiran Anda tenang, dan tertidur.

Ā 


3. Tidak tidur siang

30 Menit Tidur Siang Bisa Atasi Masalah Kesehatan
Ilustrasi. Dok. yatinjpatel

Sangat mudah untuk membiasakan tidur siang singkat selama 20 menit di tengah waktu kerja, terlebih bila Anda bekerja dari rumah. Tak peduli seberapa mengantuk Anda, tahan dan hindari tidur siang.

Meski tidur siang sering dikaitkan dengan produktivitas yang lebih baik, ini juga dapat mengganggu siklus tidur Anda yang biasa. Yang terbaik adalah tidur lebih awal di malam hari.

4. Makan makanan yang tepat

Apa yang Anda makan sebelum tidur memengaruhi jadwal tidur Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tinggi karbohidrat dapat merusak siklus tidur Anda. Pastikan Anda makan malam setidaknya empat jam sebelum tidur.

Ā 


5. Berolahraga di pagi hari

[Fimela] Ilustrasi Olahraga
Ilustrasi Olahraga | unsplash.com/@curtismacnewton

Aktivitas fisik dapat sangat membantu jadwal tidur Anda. Namun, Anda harus berolahraga pada waktu yang tepat.

Berolahraga di pagi hari terbukti memberikan hasil yang lebih baik pada siklus tidur ketimbang berolahraga di sore hari.

6. Membayangkan hal-hal yang membuat Anda bahagia

Visualisasikan tempat atau hal yang membuat Anda bahagia dan fokuslah pada hal itu saat Anda mencoba untuk tidur. Penuhi pikiran Anda dengan pikiran yang baik dan bahagia, alih-alih mengkhawatirkan sesuatu dan membuat diri Anda stres.

Ā 


7. Berinvestasi membeli kasur yang nyaman

20170706-masalah kasur pilih empuk atau keras-rumahcom-boy
Kondisi tubuh Anda di pagi hari sedikit banyak dipengaruhi oleh jenis kasur yang Anda gunakan untuk tidur di malam hari.

Kasur yang sangat nyaman, bantal yang bagus, dan selimut yang lembut dapat sangat membantu Anda untuk tertidur. Ciptakan tempat yang bebas kekacauan dan nyaman untuk kamar.

Selain itu, pilih pakaian yang nyaman untuk tidur sehingga Anda tak merasa kepanasan atau kedinginan di malam hari.

8. Mengatur jadwal tidur

Anda perlu mengatur jadwal tidur. Jam internal tubuh yang rutin membantu tubuh memahami bahwa ia harus terjaga di siang hari dan tertidur di siang hari. Jika Anda mengikuti jadwal yang tetap untuk waktu tidur, Anda membantu jam internal tubuh Anda untuk teratur pula.

Ā 


9. Meditasi

Ilustrasi meditasi | pexels.com
Ilustrasi meditasi | pexels.com

Meditasi dapat meningkatkan kadar melatonin dan membantu Anda tertidur lebih cepat. Lakukan rutinitas meditasi singkat sebelum Anda tidur, cobalah berkonsentrasi untuk melepaskan semua stres sepanjang hari, menenangkan pikiran, serta merilekskan tubuh Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya