Bermanfaat untuk Kesehatan, Ini 4 Alasan Kamu Harus Pakai Sandal di Rumah

Ternyata ada banyak manfaat terbiasa memakai sandal di rumah. Apa saja?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 23 Mar 2021, 19:02 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2021, 19:02 WIB
Ilustrasi sandal hotel (foto: Pixabay)
Ilustrasi sandal hotel (foto: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memilih tidak memakai sandal di rumah karena alasan kebersihan lantai. Padahal pada kenyataannya, ada berbagai manfaat sandal bagi kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari.

Sandal datar yang pas di kaki dapat membuat banyak perbedaan dalam hal kesehatan Anda. Berikut beberapa alasannya seperti dilansir dari TimesofIndia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


1. Mencegah terkena penyakit

Ilustrasi flu
Ilustrasi flu. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Apakah Anda sering menderita pilek dan flu sepanjang tahun? Meskipun Anda perlu fokus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ada kesalahan umum yang mungkin menjadi penyebabnya dan harus diperhatikan.

Tidak memakai sandal di rumah memungkinkan panas tubuh keluar melalui kaki. Saat tubuh terus kehilangan panasnya, sirkulasi darah menurun, yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan umum seperti pilek dan flu.

Mengenakan sandal memberikan perlindungan pada kaki Anda, yang membantu menjaga aliran darah tetap normal dan memungkinkan sistem kekebalan Anda melawan penyakit.

 


2. Mencegah infeksi bakteri dan jamur

Ilustrasi Kuku Jari Kaki
Ilustrasi kuku jari kaki. (Gambar oleh Giulia Marotta dari Pixabay)

Setelah dibersihkan, lantai mungkin terlihat bersih dan tidak bernoda. Tetapi ada banyak kuman dan bakteri yang tidak dapat Anda lihat dengan mata telanjang. Anda tidak dapat menghentikan mikroorganisme berbahaya memasuki rumah dengan air, udara, dan pembawa lainnya.

Mengenakan sandal membantu melindungi kaki Anda dari penyakit kaki yang menular. Beberapa di antaranya adalah jamur kuku kaki dan kutu air.

 


3. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Ilustrasi Lansia
Ilustrasi lansia. (dok. Unsplash.com/Micheile Henderson @micheile)

Mengenakan sandal meningkatkan keseimbangan tubuh anak kecil dan orang tua. Kaki anak Anda sesungguhnya tidak rata sampai usia tertentu dan sering jatuh saat belajar berjalan.

Membuat bayi Anda memakai sandal membantunya berjalan dengan mudah. Untuk orang yang lebih tua, mereka harus memakai sandal yang memiliki penyangga lengkung yang bagus.

Mengenakan sandal meningkatkan keseimbangan dan stabilitas seiring bertambahnya usia. Pastikan untuk membeli sandal nyaman yang menyediakan penyangga yang tepat.

 


4. Menyembuhkan kaki yang bengkak

Memijat Kaki
Sebelum tidur, ada baiknya Anda memijat kaki. (Ilustrasi: Mamabee)

Sirkulasi darah yang tidak tepat dapat menyebabkan kaki bengkak. Mengenakan sandal menjebak panas dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Tentunya Anda harus memilih sandal yang pas dengan kaki Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya