8 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Favorit Dikunjungi

Ketahui beberapa tempat wisata di Indonesia yang paling favorit dikunjungi.

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 31 Okt 2022, 07:33 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2022, 07:33 WIB
6 Destinasi Wisata Berpemandangan Menakjubkan yang Jadi Bukti Indonesia is Wonderland
Bukit Langara yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan (dok. meratusgeopark.org)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang terkenal memiliki banyak sekali keindahan dan panorama alam yang tak terhingga.

Dengan potensi besar yang dimiliki untuk berpetualang, mulai dari pegunungan, kuil yang megah, dan pantai yang menakjubkan, ditambah banyak peluang untuk berselancar, menyelam, dan hiking, bagi para pelancong.

Tak heran, sulit mengalahkan destinasi wisata Indonesia untuk berbagai pengalaman liburan yang ditawarkan.

Untuk itu, ketahui beberapa tempat wisata di Indonesia yang paling favorit dikunjungi, seperti melansir dari Hetravellingsouk, Minggu (30/10/22).

1. Kepulauan Nusa

Jika kamu ingin menikmati alam dan merasakan keindahan budaya Bali tanpa keramaian, kepulauan Nusa menjadi tempat yang cocok.

Sering disebut sebagai "Maladewa Bali," kepulauan Nusa adalah rangkaian tiga pulau kecil di lepas pantai Bali, yang terkenal dengan Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Tempat itu sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan olahraga air, sedangkan yang terakhir adalah tempat yang bagus untuk lompat tebing, gua, dan hiking.


2. Desa Wae Rebo

Keindahan desa adat Wae Rebo, NTT
Keindahan desa adat Wae Rebo, Kabupaten Manggarai, NTT. (Dok: Kemenparekraf)

Salah satu destinasi yang dipuja oleh wisatawan karena keindahannya, yaitu desa Wae Rebo, yakni sebuah rumah berbentuk kerucut yang ikonik, dengan latar belakang pegunungan yang berkabut.

Wae Rebo adalah tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Wa Rebo berada di desa terpencil yang mengharuskan pengunjung ditemani pemandu wisata yang berpengalaman.


3. Kepulauan Bangka Belitung

Ilustrasi wisata Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung
Ilustrasi wisata Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung. (Photo by dwi damarpilau on Unsplash)

Terletak di lepas pantai daratan Sumatera, kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan pantainya yang luar biasa dengan pasir putih yang indah, terumbu karang, dan pohon palem yang indah.

Pulau-pulau tersebut menarik wisatawan dari seluruh dunia karena perairannya yang jernih, di mana matahari terbenam yang dapat menghipnotis dan perpaduan unik antara warisan lokal dan arsitektur kolonial Belanda.

Tak heran jika Bangka Belitung cocok menjadi tujuan liburan Anda saat ingin bebas dari hiruk pikuk kota.


4. Ubud

Rekomendasi wisata Ubud
(Nyuh Kuning Village/ Sumber: www.kintamani.id)

Ubud yang disebut sebagai Ibukota seni dan budaya Bali, menjadi tempat yang sempurna untuk menjelajahi kuil-kuil kuno, mengunjungi istana kerajaan yang megah, dan menikmati lereng bukit hijau dan lanskap bertingkat yang diciptakan oleh sistem irigasi kooperatif Bali yang berusia berabad-abad.

Ubud juga menjadi pintu gerbang ke beberapa landmark paling indah di pulau ini, termasuk Teras Sawah Tegalalang yang terkenal dan Hutan Monyet Ubud.


5. Lombok

wisata lombok
Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani (sumber: ayokelombok)

Cobalah menyebrang sebentar ke bagian timur Bali, di sana ada pulau yang terkenal dengan banyak pantai dan tempat selancarnya.

Lanskap dan pantai  tidak diragukan lagi setara dengan Bali, bedanya tempat keramaian di Lombok tidak sebanyak Bali.

Di Lombok Selatan pengunjung bahkan bisa menikmati pantai pasir putih yang bersih dengan air gradasi biru dan hijau.

Sedangkan di Kepulauan Gili yang tak jauh dari pantai Lombok, memiliki berbagai resor mewah dan bar trendi. Ini termasuk destinasi yang wajib kamu kunjungi.


6. Borobudur

Candi Borobudur
Pengelola Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menyiapkan protokol kesehatan yang ketat bagi wisatawan yang berkunjung pada masa uji coba pembukaan wisata candi tersebut mulai Rabu, 1 Juli 2020. (Liputan6.com/ Kemenparekraf)

Candi Borobudur menjadi tempat suci umat Buddha terbesar di Indonesia. Dibangun sekitar abad ke-8, di mana candi ini terdiri dari sembilan platform bertumpuk, enam persegi dan tiga lingkaran, diatapi oleh kubah pusat.

Dikelilingi oleh 72 patung Buddha, masing-masing duduk di dalam stupa berlubang, serta serangkaian ukiran batu berornamen dan memukau yang menggambarkan pemandangan kehidupan sehari-hari di Jawa kuno abad ke-8.

Candi juga dianggap sebagai simbol yang kuat bagi Indonesia, untuk bersaksi atas kebesaran masa lalunya, dan membangkitkan rasa keagungan dan kebanggaan bagi banyak orang Indonesia.

Tak heran jika Borobudur menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

 


7. Raja Ampat

Ilustrasi Raja Ampat, objek wisata di Papua
Ilustrasi Raja Ampat, objek wisata di Papua. (Photo by Ridho Ibrahim on Unsplash)

Raja Ampat yang artinya 'Empat Raja', di mana merupakan surga tropis yang terkenal di dunia.Raja Ampat menjadi rumah bagi lebih dari 530 spesies karang, 700 spesies moluska, dan 1.300 jenis ikan yang berbeda.

Surganya penyelam yang berlokasi di Papua ini sebagian besar tetap murni dan pemandangan memesona yang melindungi laguna, teluk, dan pantainya. Tak heran jika Raja Ampat wajib dikunjungi, apalagi bagi yang suka wisata air.


8. Danau Toba

Danau Toba
Gambar pada 3 April 2019 menunjukkan sebuah kapal wisata tiba di Pulau Samosir, pulau vulkanik di tengah Danau Toba, provinsi Sumatera Utara, 3 April 2019. Di kalangan masyarakat Batak sendiri, Danau Toba ibaratnya inang atau ibu yang akan selalu menanti dengan keindahannya. (GOH CHAI HIN / AFP)

Danau Toba yaitu sebuah danau alami nan indah, dan menjadi danau terbesar di Indonesia.

Setiap sudutnya memesona, apalagi dipercantik dengan perbukitan hijau nan subur. Selain itu, kamu juga bisa menuju ke pulau kecil Samosir di tengah, atau menjelajahi Museum Batak yang memesona di Balige.

Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia
Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya