Ini 5 Alasan Mengapa Kucingmu Tidak Tertarik Saat Diajak Bermain

Bermain bermanfaat bagi kucing karena mendorong kemandirian, mendorong perkembangan otak yang positif, meredakan stres, dan menjaga kesehatan kucing Anda.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 23 Nov 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 07:00 WIB
Arti Mimpi Seputar Kucing Lainnya
Ilustrasi Mimpi Menggendong Kucing Credit:Freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Bermain bermanfaat bagi kucing karena mendorong kemandirian, mendorong perkembangan otak yang positif, meredakan stres, dan menjaga kesehatan kucing Anda.

Oleh karena itu, bermain adalah aktivitas penting dalam kehidupan setiap kucing, dan sebagian besar kucing biasanya senang bermain. Namun, terkadang kucing bisa tiba-tiba berhenti menyukai waktu bermain, sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika kucing Anda bosan, tetapi Anda harus mencari cara agar kucing Anda dapat kembali berpartisipasi dalam aktivitas bermain.

Tingkat Aktivitas Kucing yang Normal

Kucing biasanya adalah hewan yang lincah dan senang berkejaran dan melompat-lompat. Namun, tingkat aktivitas mereka akan bervariasi, tergantung pada usia dan kesehatan mereka.

Hal itu membuat beberapa kucing kurang aktif dan yang lainnya lebih aktif. Kucing yang memiliki aktivitas rendah akan membutuhkan dorongan dari Anda, karena bermain sangat penting untuk menjaga kesehatan kucing Anda.

Meskipun tidak ada aturan umum mengenai jumlah aktivitas yang dibutuhkan kucing Anda, biasanya kucing dalam ruangan disarankan untuk memiliki setidaknya 30 menit waktu bermain per hari. Tentu saja, Anda harus mencari permainan yang terasa nyaman bagi kucing Anda, dan Anda tidak boleh memaksakan waktu bermain untuknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bermain Penting bagi Kucing

Ilustrasi kucing. /https://unsplash.com/Dietmasr Ludmann
Ilustrasi kucing. /https://unsplash.com/Dietmasr Ludmann

Bermain memengaruhi kucing dalam banyak hal positif, itulah sebabnya setiap kucing perlu terlibat dalam permainan setiap hari. Segala bentuk permainan dengan kucing Anda akan membantu menumbuhkan ikatan antara Anda dan kucing Anda, sekaligus meningkatkan kesehatan mereka, meningkatkan aktivitas otak, dan membantu mereka berolahraga.

Penting juga untuk menyebutkan bahwa bermain dapat menstimulasi dan meningkatkan kesehatan mental kucing sekaligus menghilangkan stres dan kecemasan, serta mengurangi kebosanan.

Bermain dengan kucing Anda akan berdampak positif terhadap perilaku kucing Anda dan mengurangi pola destruktif yang mungkin dimilikinya.

Tanpa bermain yang cukup, kucing Anda dapat menjadi depresi dan bahkan obesitas. Jika kucing Anda tidak tertarik untuk bermain, Anda harus bertanggung jawab untuk membuatnya memiliki setidaknya waktu bermain di siang hari.

Ketika kucing kehilangan minat bermain, biasanya ada beberapa alasan di balik masalah tersebut seperti berikut ini:

  • Usia kucing Anda
  • Kesehatan kucing Anda
  • Terlalu banyak stres dan kecemasan
  • Perubahan tingkat energi
  • Kebosanan

Melansir Excited Cats Selasa (22/11/2022), berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang 5 alasan yang dapat menyebabkan kucing kehilangan minat bermain.

 


1. Usia

Scratch post dan kucing
ilustrasi gambar Scratch post dan kucing (Sumber: Pixabay)

Anak kucing dan kucing yang muda selalu penuh energi dan senang terlibat dalam aktivitas apa pun yang mengharuskan mereka untuk aktif dan energik. Mereka belajar melalui permainan dan memperluas pandangan mereka tentang dunia dengan terlibat dengan segala sesuatu di sekitar mereka.

Namun, kucing yang lebih tua cenderung kehilangan minat bermain, terutama jika mereka mencapai usia 7 tahun. Adalah normal bagi kucing untuk secara bertahap menjadi kurang tertarik untuk bermain, tetapi terkadang di tahun-tahun yang lebih tua, waktu bermain masih diperlukan.

Biasanya, kucing menjadi kurang aktif bergerak seiring bertambahnya usia, ini adalah hal yang wajar dan mereka dapat mengalami kondisi kesehatan yang memengaruhi minat mereka secara keseluruhan dalam bermain dan berolahraga.

Hal itu tidak perlu membuat Anda khawatir, jika hal ini terjadi, bukan berarti kucing Anda tidak perlu bermain sama sekali, Anda hanya harus menemukan cara-cara kreatif yang akan mendorong kucing Anda untuk bermain lebih banyak tanpa merasa terlalu lelah.

Cobalah untuk menemukan berbagai ide untuk memasukkan waktu bermain dalam rutinitas kucing Anda dan cari tahu permainan mana yang cocok untuk usia dan kondisi fisik kucing Anda secara keseluruhan. Tidak perlu memaksa atau membuat kucing senior Anda bekerja ekstra keras, karena upaya kecil pun akan sangat membantu.

 


2. Kesehatan

Gambar Ilustrasi Kucing Melakukan Kedipan Lambat
Sumber: Unsplash

Jika kucing Anda biasanya ceria dan aktif, tetapi tiba-tiba menjadi tidak tertarik untuk bermain, itu mungkin merupakan tanda bahaya. Kucing Anda mungkin menderita kondisi medis yang mendasarinya.

Oleh karena itu, Anda harus selalu mendiskusikan perubahan signifikan pada perilaku kucing Anda dengan dokter hewan Anda.

Sangat penting untuk membawa kucing Anda ke pemeriksaan dokter hewan jika Anda melihat gejala lain seperti:

  • Kehilangan nafsu makan
  • Insomnia
  • Muntah
  • Diare

Selain itu, salah satu masalah kesehatan paling umum yang membuat kucing tidak aktif adalah obesitas dan kelebihan berat badan. Banyak kucing dalam ruangan yang mengalami obesitas karena mereka tidak mendapatkan aktivitas yang cukup sepanjang hari, sehingga membuat kucing Anda semakin tidak aktif setiap harinya.

Meskipun kucing yang kelebihan berat badan cenderung kurang aktif dibandingkan kucing dengan berat badan normal, mereka juga dapat menunjukkan berbagai masalah, yang mengarah ke masalah kesehatan lainnya, termasuk:

  • Masalah pernapasan
  • Memperpendek umur
  • Arthrit

Jika ada kondisi medis yang menyebabkan kucing Anda kehilangan minat bermain, wajar jika Anda merasa khawatir. Namun, alih-alih berfokus pada masalah tersebut dan merasa khawatir, Anda harus mencoba membantu kucing Anda dengan cara apa pun yang memungkinkan.

Jadwalkan pemeriksaan dokter hewan dan dapatkan pendapat tentang apa yang terjadi, dan pelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk kucing Anda. Dukungan Anda sangat penting karena itulah satu-satunya cara untuk membantu kucing Anda menjadi lebih baik dan mendorongnya untuk bermain kembali.

 


3. Stres dan Kecemasan

Kucing - Vania
Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Jack Brind

Kucing adalah makhluk yang sensitif, dan mereka biasanya tidak bereaksi terhadap stres dan kecemasan dengan baik. Jika kucing Anda merasa cemas atau stres, terutama untuk jangka waktu yang lama, kucing Anda dapat mengembangkan pola destruktif, termasuk kurangnya minat bermain.

Sangat mudah untuk mengenali kucing yang cemas dan stres, karena ia akan menunjukkan serangkaian gejala fisik seperti:

  • Gemetar
  • Menghindari kontak mata
  • Meringkuk
  • Menahan telinga ke belakang
  • Mencoba melarikan diri/beku di tempat
  • Rambut berdiri
  • Bersikap agresif

Anda harus mempertimbangkan kemungkinan pemicu stres pada kucing Anda sehingga Anda dapat membantu menguranginya.

Kecemasan dan stres pada kucing dapat menyebabkan masalah yang lebih dalam jika tidak ditangani. Namun, selama Anda segera bereaksi begitu Anda melihat tanda-tanda kepanikan dan kecemasan pada kucing Anda, Anda akan membantunya menyelesaikan masalah, menjadi lebih baik, dan perlahan-lahan memperkenalkan waktu bermain lagi.

Salah satu hal yang paling penting adalah membiarkan kucing Anda menyesuaikan diri untuk bermain dengan kecepatannya sendiri, karena terburu-buru dapat menyebabkan kucing Anda menjadi lebih stres atau merasa jengkel.

 


4. Tingkat Energi

Scabies Kucing - Vania
Ilustrasi Scabies Kucing/https://unsplash.com/Eric Han

Tingkat energi pada kucing berubah seiring bertambahnya usia, tetapi mereka juga dapat berubah tergantung pada waktu dalam sehari. Tidak jarang kucing lebih aktif saat senja dan fajar daripada sepanjang hari.

Jika kucing Anda tidak ingin bermain di siang hari dan memilih untuk beristirahat, ia mungkin lebih suka bermain pada waktu yang berbeda.

Hal ini tidak masalah karena semua kucing berbeda, meskipun ada baiknya untuk memastikan bahwa kucing Anda bermain pada satu titik dalam satu hari untuk mengesampingkan kemungkinan penyebab lain dari kurangnya waktu bermain.

Selama kucing Anda mendapatkan latihan yang diperlukan melalui bermain di beberapa titik dalam sehari, tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Waktu bermain baik untuk kesehatan kucing Anda, terlepas dari apakah itu terjadi di tengah hari atau tengah malam. 

5. Kebosanan

Tidak jarang juga kucing kehilangan minat bermain karena bosan. Jika Anda terus memainkan permainan yang sama dan menggunakan mainan yang sama, kucing Anda bisa bosan dengan mainan tersebut, sehingga membuatnya menghindari permainan.

Anda tidak perlu khawatir jika kucing Anda merasa bosan, sebaiknya Anda selalu menyertakan aktivitas, permainan, dan mainan baru selama kucing Anda merasa nyaman dengannya. Anda dapat mencari permainan baru secara online, memperkenalkan mainan baru, atau memberikan kucing Anda teman bermain.

Perubahan kecil dalam rutinitas dapat berdampak positif bagi kucing Anda dan mendorongnya untuk lebih banyak bermain.

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya