8 Negara yang Pernah Juarai Piala Dunia, Siapa Terbanyak?

Piala dunia sudah digelar selama 92 tahun dengan jumlah 21 kali Piala Dunia. Berikut adalah negara-negara yang pernah menjadi juara dunia di ajang turnamen sepak bola terbesar di dunia ini, negara mana yang paling banyak mendapat trofi FIFA World Cup?

oleh Azizah Savira diperbarui 24 Nov 2022, 14:45 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2022, 14:45 WIB
Mengenal dan Mengenang Legenda Brasil, Carlos Alberto Torres Sang Pencetak Gol Terbaik
Carlos Alberto, yang mencetak salah satu gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia saat menjadi kapten Brazil dan memenangi final 1970 saat melawan Italia. (AP Photo/Gianni Foggia)

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia. Dan para penggemar bola di seluruh dunia menjadi heboh tiap kali tim kesayangannya berlaga dan memenangkan Piala Dunia. 

Tahun ini, ajang Piala Dunia 2022 diselenggarakan. Turnamen empat tahunan ini berlangsung sejak 20 November sampai 18 Desember 2022 di Qatar. Turnamen ini ternyata sudah berlangsung sejak tahun 1930 alias sudah berlangsung selama 92 tahun. 

Sepanjang sejarah gelarannya, hanya dua kali Piala Dunia tidak dilaksanakan yakni pada 1942 dan 1946, kala dunia menghadapi Perang Dunia II. 

Total, Piala Dunia telah digelar 21 kali sepanjang sejarahnya dengan 8 negara menjadi juara dunia dan memenangkan Trofi Jules Rimet antara 1930-1970 dan trofi FIFA World Cup dari 1970-sekarang. 

Penasaran negara mana saja yang pernah memenangkan Piala Dunia dan berapa kali rekor kemenangannya? Berikut informasinya, sebagaimana dilansir bleacherreport.com, Kamis (24/11/2022):

1. Brasil (5 Kali Juara)

Untuk urutan pertama negara yang paling banyak memenangkan Piala Dunia adalah Brasil. Negara di Amerika Selatan ini adalah negara pemenang Piala Dunia terbanyak sejauh ini.

Sebelum Piala Dunia 2022 Qatar berjalan, Brasil telah berhasil menjuarai turnamen ini sebanyak 5 kali, yaitu pada 1952, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Brasil memang dikenal sebagai salah satu negara yang kuat di turnamen sepak bola antar negara. Di setiap edisi Piala Dunia, Brasil selalu menjadi penantang kuat gelar juara berbekal para pemain bintangnya.

Saat ini skuad Brasil dihuni oleh Neymar Jr, Vinicius Junior, hingga Thiago Silva. Dengan pemain-pemain bintangnya, negara yang identik dengan sebutan tim Samba ini kembali menjadi salah satu penantang kuat di Piala Dunia 2022. 


2. Jerman (4 Kali Juara)

Tim Grup E Piala Dunia 2022 Qatar - Timnas Jerman
Ilustrasi Timnas Jerman. (AFP/Ben Stansall)

Selanjutnya ada Jerman dalam urutan kedua. Jerman telah 4 kali menjadi juara dunia, yaitu pada tahun 1954, 1974, 1990, dan 2014.

Goresan luka menjadikan Jerman menjadi salah satu negara tersukses dalam kejuaran empat tahunan ini. Tim yang memiliki julukan Der Panzer ini identik dengan permainan yang sangat mendominasi di setiap pertandingan.

Salah satu pertandingan Der Panzer di Piala Dunia yang paling ikonik adalah saat mereka menghancurkan sang tuan rumah di Piala Dunia tahun 2014 di Brasil.

Kala itu, Jerman bertemu dengan Brasil di semifinal, Brasil lebih diunggulkan karena mereka bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Namun, Jerman tanpa ampun mengalahkan Brasil dengan skor 7-1. 

Tahun ini, Jerman kembali berpartisipasi dalam Piala Dunia 2022. Skuad yang diasuh Julian Nagelsmann ini dihuni banyak pemain muda, dan menjadi salah satu penantang kuat pada Piala Dunia tahun ini, meski kalah 1-2 dari Jepang di laga pertama. 


3. Italia (4 Kali Juara)

Foto: Barisan 5 Pemain Tertua yang Berhasil Angkat Trofi Juara Piala Dunia Sepanjang Sejarah, Miroslav Klose Terbaru
Dino Zoff. Saat Italia menjadi juara Piala Dunia 1982 di Spanyol usai mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-1 di partai final, Kiper Italia Dino Zoff yang saat itu berusia 38 tahun menjadi anggota skuad tertua yang dibawa pelatih Enzo Bearzot dan hingga kini tercatat sebagai pemain tertua yang mampu menjadi juara Piala Dunia sepanjang sejarah. Sebagai kiper utama, ia selalu bermain penuh dalam seluruh 7 laga Italia di Piala Dunia 1982. (UEFA.com)

Berikutnya dalam urutan ketiga ada Italia. Italia bersama Jerman menjadi negara dengan gelar Piala Dunia terbanyak kedua setelah Brasil.

Italia menjadi juara di tahun 1934, 1938, 1982, dan 2006. Sayangnya, Italia menjadi satu-satunya negara pemilik gelar juara yang tidak berpartisipasi di Piala Dunia 2022.

Meski pada tahun sebelumnya Italia telah menjadi juara di kejuaraan Euro, Italia gagal dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Kala itu Italia dikalahkan oleh Makedonia Utara pada fase kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Absennya Italia pada gelaran Piala Dunia bukan yang pertama. Sebelumnya, Italia juga tidak berpartisipasi pada Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

4. Argentina (2 Kali Juara)

Argentina telah dua kali menjadi juara dunia, yaitu di tahun 1978 dan di era Diego Maradona pada tahun 1986.

Terakhir kali Argentina menembus final Piala Dunia adalah di tahun 2014, tetapi mereka harus kalah dari Jerman berkat gol Mario Gotze di menit-menit terakhir.

Menjadi dua kali juara dunia tak lepas dari skuad Argentina yang diisi oleh banyak pemain berkualitas.

Tahun ini di Piala Dunia 2022, Argentina berambisi membawa pulang trofi ke negaranya, apalagi dengan bergabungnya mega bintang Lionel Messi. Meski begitu, di laga perdananya, Argentina kalah 2-1 dari Arab Saudi. 


5. Prancis (2 Kali Juara)

Prancis Juara Piala Dunia
Kiper timnas Prancis, Hugo Lloris mengangkat trofi Piala Dunia 2018 saat merayakan gelar juara setelah mengalahkan Kroasia pada laga final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7). Prancis membekuk Kroasia dengan skor akhir 4-2. (AP Photo/Martin Meissner)

Prancis adalah juara bertahan di Piala Dunia 2022, setelah sebelumnya tim berjuluk Les Bleus menjadi juara di Piala Dunia 2018. Selain menjadi juara di tahun 2018, Prancis juga pernah sekali menjadi juara dunia di tahun 1998.

Momen ikonik Prancis di Piala Dunia adalah kala Zinedine Zidane menanduk Marco Materazzi di final Piala Dunia 2006. Kala itu Zidane menanduk Materazzi karena tersulut emosi, yang mengakibatkan Zidane diusir keluar oleh wasit.

Prancis saat ini juga menjadi salah satu penantang kuat di Piala Dunia 2022. Skuad Prancis saat ini dihuni banyak pemain bintang, seperti Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, dan peraih Ballon d’Or Karim Benzema.

6. Uruguay (2 Kali Juara)

Tim Uruguay telah memenangkan Piala Dunia FIFA sebanyak dua kali. Mereka adalah pemenang Piala Dunia pertama pada tahun 1930 sebagai tuan rumah. Saat itu, mereka mengalahkan Argentina 4-2 di final.

20 tahun berselang, Uruguay memenangkan gelar kedua mereka pada tahun 1950, mengalahkan tuan rumah Brasil 2-1 di pertandingan final.


7. Spanyol (1 Kali Juara)

img_spanyol2010.jpg
Penjaga gawang Spanyol Iker Casillas (tengah) dkk mengangkat trofi Piala Dunia setelah tampil jadi juara PD 2010 menyusul kemenangan 1-0 atas Belanda di Soccer City, Johannesburg, 11 Juli 2010. AFP PHOTO / JAVIER SORIANO

Spanyol pernah satu kali menjadi juara Piala Dunia pada tahun 2010 di Afrika Selatan. Kala itu skuad Spanyol diisi oleh generasi emas seperti Iniesta, Xavi, dan Puyol.

Selain menjadi juara Piala Dunia di tahun 2010, skuad ini juga menjadi juara Euro di tahun 2008 dan 2012.

Saat ini, Spanyol telah meregenerasi skuadnya dengan pemain-pemain muda. Spanyol saat ini juga dilatih oleh Luis Enrique, pelatih yang pernah membawa Barcelona menjadi Treble Winner.

Dengan skuad yang sekarang, Spanyol juga menjadi salah satu penantang gelar juara Piala Dunia 2022.

8. Inggris (1 Kali Juara)

Inggris pernah satu kali menjadi juara kala menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 1966. Setelah itu, Inggris belum pernah menjadi juara lagi meski telah memiliki sejumlah nama besar seperti David Beckham, Frank Lampard, dan Steven Gerrard.

Skuad Inggris saat ini adalah salah satu skuad paling mewah di Piala Dunia 2022. Tahun ini negara pemilik liga terbaik di dunia itu berambisi untuk membawa pulang trofi ke Tanah Inggris.

Meski memiliki banyak pemain bintang, pelatih Timnas Inggris yang saat ini kerap dikritik karena tidak bisa memaksimalkan potensi skuad Inggris. Menarik untuk melihat sejauh apa perjalanan skuad bertabur bintang ini di Piala Dunia 2022.

Infografis Grup G Piala Dunia 2022
Infografis Grup G Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya