Daniele Orsato Akan Pimpin Pertandingan Argentina vs Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022

Wasit Italia, Daniele Orsato, akan pimpin semifinal Piala Dunia 2022.

oleh Sefan Angeline Reba diperbarui 13 Des 2022, 12:15 WIB
Diterbitkan 13 Des 2022, 12:15 WIB
Daniele Orsato, Wasit asal Italia (sumber: twitter.com/idextratime)
Daniele Orsato, Wasit asal Italia (sumber: twitter.com/idextratime)

Liputan6.com, Jakarta Semifinal Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Kroasia akan dimulai pada Rabu (14/12) di Stadion Lusail, Qatar, pukul 02.00 dini hari WIB. Wasit asal Italia, Daniele Orsato, dipercaya oleh FIFA untuk memimpin laga semifinal. Orsato akan ditemani kompatriotnya, Massimiliano Irrati, yang bertugas di VAR.

Melansir dari Hitc, pada Selasa (13/12/2022), ini akan menjadi pertandingan ketiganya sebagai wasit Piala Dunia 2022 Qatar. Pria berusia 47 tahun ini telah menjadi wasit laga pembuka antara Qatar dan Ekuador.

Setelah itu, bertugas memimpin pertandingan antara Argentina dan Meksiko di babak penyisihan grup. Meskipun ia tidak tampil di babak 16 besar serta perempatan final, namun ia dipanggil untuk mengawali semifinal pertama Piala Dunia 2022.

Argentina menjadi satu-satunya tim yang pernah melibatkan Orsato sebagai wasit Piala Dunia 2022 dan menyaksikan kemenangan 2-0 La Albiceleste atas Meksiko serta menunjukkan satu kartu kuning untuk Argentina dan empat untuk Meksiko.

Berbeda dengan Kroasia, Orsato telah menjadi wasit dalam tiga pertandingan The Blazers secara total. Kemenangan datang melawan Republik Ceko dan Hungaria, meskipun pertandingan terakhirnya berakhir dengan kekalahan dari Inggris di Euro 2020.

Beban berat berada di pundak Orsato. Pasalnya, Belanda dan Portugal menuding wasit di Piala Dunia 2022 kerap menguntungkan Argetina. FIFA jadi sasaran kekecewaan Portugal lantaran menunjuk wasit Argentina untuk laga perempatan final melawan Maroko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siapakah Daniele Orsato?

Grup A Piala Dunia 2022: Qatar vs Ekuador
Wasit Daniele Orsato mengganjar kartu kuning kiper Timnas Qatar, Saad Al Sheeb usai menjatuhkan pemain Timnas Ekuador, Enner Valencia di dalam kotak penalti dalam laga matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Al-Bayt Stadium, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Daniel Orsato adalah satu satu wasit populer dan terbaik selama perjalanan kariernya. Ia memimpin pertandingan Serie C pertamanya pada tahun 2002 dan berhasil mencapai Serie A pada tahun 2007.

Orsato sejak saat itu semakin kuat dan telah meningkatkan reputasinya selama bertahun-tahun, yang mana memimpin lebih dari 250 pertandingan di kasta tertinggi Italia.

Tak hanya itu, mendekati setengah abad dari pertandingan Liga Champion yang sudah diresmikan, ia melakukan debutnya di kompetisi Eropa pada tahun 2012. 

Ia pun telah memimpin tiga final Coppa Italia dan juga memimpin final Liga Champions UEFA 2019-2020 antara Paris Saint-Germain dan Bayern Munich di Estadio da Luz di Lisbon.

Dikutip dari 90min, kompetisi besar pertamanya di kancah internasional adalah Euro 2020 di mana ia memimpin tiga pertandingan dengan memberikan 14 kartu kuning dan 1 kartu merah.


Paolo Casarin Berharap Orsato Menjadi Wasit Final Piala Dunia

Foto: Serba yang Pertama di Laga Pembuka Piala Dunia 2022, Gol Enner Valencia, VAR, hingga Kekalahan Tuan Rumah yang Perdana
Sebelumnya, Enner Valencia sempat menggetarkan jala gawang tuan rumah Qatar. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit Daniele Orsato setelah Michael Estrada berada dalam posisi offside setelah ditinjau dari VAR. Ini menjadi keputusan VAR pertama di Piala Dunia 2022. (AP/Manu Fernandez)

Meskipun dipilih sebagai wasit yang bertugas di semifinal, Orsato kemungkinan tidak akan dipakai untuk memimpin partai final Piala Dunia 2022. Menangkap pernyataan tersebut, mantan wasit yang mengawasi dua pertandingan Piala Dunia 1982, Paolo Casarin, memberikan opininya terkait pandangan tanggung jawab Daniele Orsato di Qatar.

Berbicara kepada Radio Anch'io Sport, Casarin mengomentari kualitas wasit yang ditampilkan di Piala Dunia dan seberapa baik yang dilakukan Orsato di Qatar.

“Wasit sudah bagus. Kelas Piala Dunia sedang berkembang dan bukan hanya empat atau lima wasit seperti di masa lalu. Pada awalnya mereka semua tampak jauh lebih baik, namun sekarang kami melihat lebih banyak kesulitan," jelasnya, dikutip dari Football Italia, pada Selasa (13/12/2022).

"Untuk Orsato, saya sangat berharap dia akan mencapai final karena dia memiliki semua kualitas. Dia memiliki dua pertandingan yang sangat bagus," tambahnya.

Casarin berharap Orsato memiliki komitmen yang kuat dan meninggalkan kenangan yang sangat baik dari pengalamannya selama di Piala Dunia 2022.


Asisten Wasit Argentina vs Kroasia

Piala Dunia - Argentina Vs Kroasia - Messi, Di Maria Vs Modric, Perisic
Piala Dunia - Argentina Vs Kroasia - Messi, Di Maria Vs Modric, Perisic (Bola.com/Adreanus Titus)

Beberapa pemain Argentina dan Kroasia sudah familiar dengan Orsato karena merumput di Liga Italia seperti Lautaro Martinez, Marcelo Brozovic, Angel Di Maria, Ivan Perisic, Leandro Paredes, Nikola Vlasic dan Paulo Dybala.

Dengan begitu, adapun beberapa asisten wasit yang akan mendamping Orsato selama pertandingan Argentina melawan Kroasia yaitu:

  • Ciro Carbone (Asisten wasit)
  • Alessandro Giallatini (Asisten wasit)
  • Mohammed Abdulla Mohammed (Pejabat keempat)
  • Massimiliano Irrati (VAR)
  • Paolo Valeri (Asisten VAR)
Infografis Head to Head Argentina vs Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Head to Head Argentina vs Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya