5 Manfaat Rutin Menggunakan Kondisioner Usai Keramas

Berikut ini deretan manfaat menggunakan kondisioner bagi rambut Anda.

oleh Camelia diperbarui 31 Jul 2023, 21:13 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 18:04 WIB
Membasmi Kutu Rambut dengan Sisir Serit
Ilustrasi Sisir Serit Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Rambut kita membutuhkan perlindungan dan perawatan ekstra dari berbagai tekanan lingkungan seperti polusi, debu, atau panas. Setiap kali Anda mencuci rambut dengan sampo, benar bahwa Anda menghilangkan semua kotoran di kulit kepala Anda. 

Namun sampo juga bisa membuat rambut Anda kasar dan kusam. Oleh karena itu, penggunaan produk pasca keramas yang disebut kondisioner sangatlah penting. Ini adalah bagian penting dari setiap rezim perawatan rambut.

Para ahli mengatakan bahwa kondisioner adalah pelembab rambut yang terbuat dari bahan-bahan seperti emolien dan silikon. Mereka mengisi kembali kelembapan rambut, menghaluskan ujungnya, dan melembutkan helai rambut kita.

Tapi apakah Anda membutuhkan kondisioner setiap kali Anda mencuci rambut? Ya, para ahli mengatakan itu memberikan banyak manfaat bagi rambut Anda. Nah dilansir dari Times of India, berikut ini deretan manfaat menggunakan kondisioner bagi rambut Anda:

1. Mengurangi ujung bercabang

Saat rambut menjadi rapuh dan kering, ia mulai membelah dan membentuk ujung bercabang. Mereka membatasi pertumbuhan rambut kita. Menggunakan kondisioner akan meminimalkan masalah ini dan melindungi rambut Anda agar tidak patah. Juga, itu akan menghaluskan, memelihara dan meremajakan helai rambut Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Mengatasi kekeringan pada rambut

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami (Sumber: Pixabay)

Para ahli mengatakan bahwa keramas secara teratur akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala Anda. Mempertahankan kelembapan menjadi keras dan pada gilirannya menyebabkan kekeringan. Kondisioner membantu mengurangi kekeringan dan melembapkan helai rambut dari dalam.

3. Mencegah rambut dari kerusakan

Kondisioner menghidrasi kulit kepala, mengurai rambut kusut, dan membuatnya mudah disisir. Dengan demikian, rambut akan tumbuh lebih sehat dan kuat. Para ahli mengatakan bahwa kondisioner mencegah rambut dari kerusakan yang tidak diinginkan dan mencegah rambut rontok.


4. Bekerja sebagai pelindung rambut

Ilustrasi rambut
Ilustrasi gambar rambut. (dok pexels/pixabay.com)

Penting untuk menggunakan kondisioner jika Anda memiliki rambut berwarna atau Anda sering berenang di air yang mengandung klor. Kondisioner menyelamatkan helai rambut Anda dengan membentuk lapisan pelindung atau penghalang. Ada keuntungan tambahan juga, lapisannya tidak membuat warna rambut Anda cepat pudar. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setiap kali setelah keramas. 


5. Menambah kilau dan kehalusan rambut

Penyebab dan Cara Mencegah Kerontokan Rambut Berlebihan
Ilustrasi perawatan rambut. (dok. StockSnap/Pixabay)

Manfaat utama kondisioner apapun adalah memberikan kilau yang signifikan dengan memperkaya dan menutrisi rambut kita secara mendalam. Ini dilakukan dengan bahan pelembap dalam kondisioner. Mereka memperbaiki setiap helai rambut dan menghentikan rambut menjadi kusut dan kering.

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi
Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya