Kenali Tanda-Tanda Hipertensi yang Muncul di Kaki

Ada kalanya tekanan darah tinggi atau juga disebut hipertensi bisa muncul dengan sendirinya di tubuh.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 15 Feb 2023, 12:03 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 12:03 WIB
Varises pada Kaki
Ilustrasi Varises pada Kaki Credit: pexels.com/Cats

Liputan6.com, Jakarta - Tekanan darah tinggi atau juga disebut hipertensi terjadi ketika kekuatan darah yang mengalir masuk dan melalui pembuluh darah terlalu besar.

Tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala apa pun. Inilah mengapa sering disebut sebagai 'silent killer'. Melansir dari Times of India, Rabu (15/2/2023), menurut American Heart Association (AHA), banyak individu dengan tekanan darah tinggi bahkan tidak menyadarinya.

Tanda dan gejalanya sering disalahpahami dengan hal lain, yang menyebabkan diagnosis dan pengobatan tertunda. Hal ini pada gilirannya meningkatkan risiko masalah jantung termasuk serangan jantung dan stroke.

Cara terbaik untuk mengidentifikasi hipertensi adalah dengan memantaunya secara teratur. Anda juga bisa mengeceknya sendiri di rumah.

Ada kalanya tekanan darah tinggi bisa muncul dengan sendirinya di tubuh. Saat Anda mengalami gejala, biasanya karena pembuluh darah di sekitar tubuhmu telah rusak.

Jika tekanan darah Anda terlalu tinggi, ternyata ada gejala tertentu yang harus diwaspadai dan diperiksakan ke dokter. Salah satunya jika ini bisa dideteksi dari kaki.

Banyak komplikasi dikatakan terjadi pada tubuh bagian bawah, termasuk tungkai dan kaki. Tekanan darah tinggi bisa merusak arteri dan pembuluh darah di bagian bawah tubuh. Seringkali ini bisa menyebabkan sirkulasi yang buruk di kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kondisi terkait PAD

Gejala Stroke
Ilustrasi Kaki Mati Rasa Credit: pexels.com/Lina

Kondisi yang terkait dengannya disebut penyakit arteri perifer (PAD). Menurut Mayo Clinic, PAD adalah kondisi umum di mana arteri yang menyempit mengurangi aliran darah ke lengan atau kaki.

Itu terjadi karena kaki dan lengan tidak menerima aliran darah yang cukup untuk memenuhi permintaan. Ini bisa menyebabkan nyeri kaki saat berjalan (klaudikasio) dan gejala lainnya.

Salah satu gejala dari kondisi ini adalah kaki terasa dingin. Ini bisa muncul bersamaan dengan tangan dingin.

"Jari kaki merah atau biru, kesemutan di kaki, dan kerontokan rambut yang tak terduga di kaki, semuanya menunjukkan masalah sirkulasi," kata Spesialis Perawatan Kaki & Pergelangan Kaki Tingkat Lanjut AS.


Tanda hipertensi yang muncul di mata

Mengatasi Mata Panda
Ilustrasi Bebas Kantung Mata yang Menghitam Credit: pexels.com/pixabay

Bintik-bintik merah di depan mata Anda bisa menjadi tanda tekanan darah tinggi. Ini bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah.

Yang terbaik adalah memeriksakan mata Anda terutama jika mata tetap merah untuk beberapa waktu.

Tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan komplikasi dengan penglihatan. Ini bisa menyebabkan kondisi yang disebut retinopati hipertensi, di mana dinding pembuluh darah menebal dan membatasi aliran darah. Retina juga bisa menjadi bengkak dan pembuluh darah bisa bocor.


Gejala tekanan darah tinggi lainnya

Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi
Ilustrasi Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi Credit: pexels.com/Photomix

Terlepas dari tanda-tanda di mata, gejala lain dari tekanan darah tinggi meliputi:

  • Sakit dada
  • Sulit bernapas
  • Darah dalam urin
  • Berdebar di dada, leher, atau telingamu
  • Sakit kepala parah
  • Mimisan
  • Kelelahan
Infografis tanda dan gejala hipertensi
Infografis tanda dan gejala hipertensi. Infographic hypertension by Freepik
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya