Deretan Penyebab Kenapa Anda Selalu Terbangun di Jam 3 Pagi

Ternyata tubuh Anda sedang memberikan 'sinyal' tersendiri.

oleh Bella Zoditama diperbarui 04 Sep 2023, 09:03 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2023, 09:03 WIB
Ilustrasi bangun pagi
Ilustrasi bangun pagi. (Photo by Snowy Vin on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang sering bangun tengah malam? Kondisi ini memang bukanlah sesuatu yang aneh. 

Kebanyakan orang sebenarnya terbangun beberapa kali di malam hari tanpa menyadarinya karena mereka tertidur kembali dengan cepat. Beberapa bahkan hanya bangun selama beberapa detik.

Nah, bagaimana jika Anda terbangun pada jam 3 pagi dan hampir setiap hari? Kalau begitu, saat Anda terbangun pada jam 3 pagi atau waktu lain dan tidak dapat langsung tertidur kembali, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa alasan. Sebab, jam tidur yang tidak teratur dan terbangun tengah malam bisa mengganggu aktivitas harian.

Anda terbangun pada jam 3 pagi mungkin jarang terjadi dan bukan hal yang serius, tetapi jika terjadi di setiap malam dan teratur seperti ini bisa menjadi tanda insomnia. Mengubah kebiasaan tidur, mengurangi stres, dan menemui dokter untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur dapat membantu Anda menghindari terbangun yang tidak diinginkan ini.

Seperti yang kami lansir dari Healthline, Jumat (25/8/2023), baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebabnya.

Siklus Tidur dan Bangun di Malam Hari

Tidur malam hari melibatkan beberapa siklus tidur. Bukan hal yang aneh jika Anda terbangun beberapa kali dalam semalam selama siklus ini, meskipun sering kali Anda akan langsung kembali tidur setelahnya.

Siklus ini terjadi selama 7 hingga 9 jam tidur yang biasanya dibutuhkan orang dewasa.

Tahapan siklus tidur meliputi:

  • Transisi dari terjaga ke tidur
  • Tidur ringan
  • Tidur nyenyak
  • Tidur REM

Durasi setiap tahap akan bervariasi sepanjang malam. Anda memiliki siklus tidur nyenyak yang lebih lama di awal malam dan siklus tidur REM yang lebih lama saat pagi menjelang. Tidur REM adalah tidur yang lebih ringan ketika mimpi paling sering terjadi.


Penyebab Mengapa Anda Bangun di Jam 3 Pagi

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam Lainnya
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Ada banyak alasan mengapa Anda terbangun pada jam 3 pagi. Anda mungkin sering terbangun saat stres. Atau bangun jam 3 pagi mungkin merupakan tanda insomnia.

Mungkin sulit untuk mengidentifikasi penyebab gangguan tidur Anda yang mengganggu ini, tetapi berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin terbangun pada jam 3 pagi, di antaranya:

  • Stres

Stres mungkin menjadi hal pertama yang perlu dipertimbangkan jika bangun jam 3 pagi merupakan sesuatu yang baru Anda alami. Saat Anda merasa stres, tubuh Anda mengaktifkan gejala saraf simpatik, dan Anda mungkin terbangun di tengah malam.

Anda mungkin mengalami peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Perubahan tubuh ini bisa membuat Anda sulit tertidur kembali.

Tingkat stres Anda mungkin meningkat jika ada sesuatu dalam hidup Anda yang menyebabkan kecemasan atau kekhawatiran. Stres dapat dikaitkan dengan perubahan atau ketidakpastian seputar pekerjaan, hubungan, kesehatan, atau keuangan Anda.

  • Insomnia

Insomnia adalah suatu kondisi tidur yang dapat didiagnosis di mana Anda mengalami kesulitan untuk kembali tertidur setelah terbangun di malam hari secara teratur. Sebagian besar penduduk mengalami insomnia.

Sebuah penelitian menemukan bahwa 10% hingga 20% populasi menderita insomnia dan angka tersebut meningkat hingga 40% pada orang dewasa yang lebih tua.


Penyebab Lain yang Mungkin Terjadi

Ilustrasi tidur, mengalami mimpi
Ilustrasi tidur, mengalami mimpi. (Foto oleh Polina Kovaleva: https://www.pexels.com/id-id/foto/sedang-tidur-tidur-beristirahat-tertidur-6541121/)

Alasan lain yang mungkin muncul yaitu:

  • Faktor penuaan 

Penuaan memainkan peran besar dalam siklus tidur Anda. Seiring bertambahnya usia, siklus tidur Anda berubah, Anda mungkin mengonsumsi obat yang mengubah pola tidur Anda, dan Anda mungkin mengalami kondisi lain yang memengaruhi tidur.

Seiring bertambahnya usia, kualitas tidur Anda menurun, karena Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tidur nyenyak. Oleh karena itu, Anda lebih rentan terbangun karena faktor eksternal seperti kebisingan dan cahaya.

Waktu tidur-bangun Anda juga dapat berubah seiring bertambahnya usia. Anda mungkin tidur dan bangun lebih awal dibandingkan saat Anda masih muda.

  • Obat-obatan

Anda mungkin mengonsumsi obat yang mengganggu tidur malam Anda. Ini dapat mencakup antidepresan, beta-blocker, kortikosteroid, dan obat flu yang dijual bebas

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mencurigai adanya obat yang menyebabkan Anda terbangun di tengah malam. Anda mungkin dapat mencoba pengobatan lain untuk kondisi Anda atau mempraktikkan modifikasi gaya hidup yang meningkatkan kualitas tidur.


Gaya Hidup yang Harus Diubah

Ilustrasi sebelum tidur malam, main HP
Ilustrasi sebelum tidur malam, main HP. (Photo by SHVETS production/Pexels)

Mempersiapkan diri untuk tidur yang berkualitas sangatlah penting. Salah satunya dengan menjaga kebersihan tidur yang baik dan disiplin.

Tidak mempraktikkan kebersihan tidur yang baik dapat menyebabkan terbangun di malam hari. Kebersihan tidur yang buruk dapat disebabkan oleh:

  • Melihat layar komputer atau ponsel menjelang waktu tidur
  • Minum alkohol atau kafein sebelum tidur
  • Makan terlalu dekat dengan waktu tidur
  • Makan makanan pedas di malam hari
  • Merokok
  • Tidur di tempat yang tidak kondusif untuk tidur
  • Tidur siang terlalu larut
  • Tidak cukup berolahraga

Nah, untuk itu sebaiknya ubahlah kebiasaan ini. Tujuannya, agar dapat meningkatkan kualitas tidur Anda secara signifikan. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda merasa memerlukan bantuan profesional untuk melakukan beberapa penyesuaian gaya hidup ini.

INFOGRAFIS JOURNAL: Apa itu Penuaan Penduduk?
INFOGRAFIS JOURNAL: Apa itu Penuaan Penduduk? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya