Resmi Diluncurkan, Wapres Ma'ruf Amin Beri Dukungan Penuh Allianz Syariah untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Allianz Syariah yang telah beroperasi sejak 1 November 2023, pada Kamis (16/11/2023) kemarin resmi diluncurkan dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

oleh Almas Lailatul Mufida diperbarui 17 Nov 2023, 10:03 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2023, 10:03 WIB
Peresmian Allianz Syariah di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat
Peresmian Allianz Syariah pada Kamis (16/11/2023) di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat. (Doc. Pres Rilis Grand Launching Allianz Syariah)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan asuransi terkemuka global, Allianz Indonesia resmi luncurkan asuransi berbasis syariah yang berkomitmen untuk menyediakan layanan kelas dunia modern serta menerapkan nilai-nilai kebaikan syariah.

PT Allianz Life Syariah Indonesia telah beroperasi sejak 1 November 2023, dan diresmikan langsung oleh K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia pada Kamis (16/11/2023). Kehadiran Wakil Presiden ini sekaligus menegaskan dukungan penuh pemerintah bagi pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, khususnya asuransi.

Achmad K. Permana, Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, melihat kebutuhan proteksi masyarakat yang beragam, Allianz Syariah hadir dengan tujuan untuk menjangkau semua lapisan masyarakat Indonesia dengan menyediakan perlindungan kelas dunia dan nilai-nilai syariah di dalamnya.

“Kehadiran entitas baru Allianz Syariah adalah bukti nyata komitmen kami untuk berfokus pada bisnis asuransi syariah, dan terus berpartisipasi mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Allianz Syariah senantiasa menyediakan perlindungan kepada para pesertanya, di saat yang bersamaan terus menyebarkan semangat berbagi kebaikan yang menguatkan,” tutur Achmad K. Permana.

Pengalaman Allianz Indonesia sendiri dalam menyediakan perlindungan asuransi syariah telah dimulai sejak tahun 2006, sehingga nilai-nilai kebaikan sesuai prinsip syariah bukanlah suatu hal baru bagi perusahaan. Setelah 17 tahun mengembangkan unit usaha syariah, pada Kamis lalu diresmikannya Allianz Syariah sebagai perusahaan yang berdiri sendiri dengan keyakinan bahwa dapat terus berkembang, lebih fokus, dan independen.

“Keunikan prinsip syariah menjadikannya solusi yang tidak terbatas pada kelompok muslim saja, melainkan memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh setiap kalangan secara universal,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Alexander Grenz selaku Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia, menyatakan dukungan sepenuhnya untuk Allianz Syariah dengan misi yang sama, yaitu melindungi masa depan masyarakat Indonesia yang penuh keberagaman.


Dihadiri K.H. Ma’ruf Amin, Allianz Mendapat Dukungan Penuh dari Pemerintah

K.H. Ma'ruf Amin dalam Grand Launching Allianz Syariah
Dihadiri K.H. Ma’ruf Amin, Allianz Mendapat Dukungan Penuh dari Pemerintah. (Doc. Pres Rilis Grand Launching Allianz Syariah)

Peresmian Allianz Syariah ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah, yang diikuti oleh kehadiran Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin dalam pelaksanannya. Wapres menegaskan akan terus berusaha memajukan ekonomi dan keuangan syariah sebagai mesin baru dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pemerintah terus berusaha memajukan ekonomi dan keuangan syariah sebagai mesin baru pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini tentu turut membuka peluang bagi industri asuransi syariah untuk terus aktif dan berkontribusi terhadap ekosistem ekonomi serta keuangan syariah,” ujar K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya di Grand Launching Allianz Syariah, Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa pemerintah bersama otoritas akan terus bersinergi untuk meningkatkan dukungan bagi industri keuangan nasional, yang salah satunya telah hadir melalui undang-undang pengembangan dan penguatan sektor keuangan maupun berbagai peraturan otoritas sektor keuangan.

Demi terciptanya industri syariah yang terpercaya, K.H. Ma’ruf Amin juga menuturkan adanya tiga strategi yang perlu diperhatikan.

“Pertama, jalankan prinsip tata kelola yang baik. Hal ini meliputi prinsip kejujuran, keterbukaan, akuntabilitas, dan perlindungan nasabah. Kedua, jaga aspek kehati-hatian dalam pengelolaan risiko, hindari aset berisiko tinggi. Ketiga, jaga penerapan prinsip syariah dalam seluruh produk dan layanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Harapannya seiring dengan meningkatnya pemahaman akan prinsip-prinsip serta pentingnya protektif asuransi, kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan produk asuransi, terutama asuransi syariah juga semakin meningkat.


3 Alasan Utama Allianz Grup Serius Garap Asuransi Syariah di Indonesia

Sambutan Direktur Utama Allianz Syariah Indonesia
Achmad K. Permana menjelaskan adanya 3 alasan utama yang menjadikan Allianz Grup serius untuk garap Allianz Syariah. (Doc. Press Rilis Grand Launching Allianz Syariah)

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana, mengatakan ada tiga alasan utama yang menjadikan Allianz grup serius menggarap Allianz Syariah di Indonesia. Ia menegaskan, tiga kunci inilah yang akan membawa Allianz dapat terus tumbuh dengan misi protecting more Indonesian people.

“Pertama Allianz Indonesia berdiri di salah satu negara muslim terbesar, kedua yang kita lihat yaitu halal lifestyle di Indonesia sekarang sedang trending, dan ketiga yaitu keseriusan dari pemerintah kita untuk bisa meyakinkan dan memfasilitasi, sehingga Indonesia suatu ketika akan betul-betul menjadi pusat pertumbuhan ekonomi syariah di dunia,” tuturnya.

Selain itu, dengan misi Allianz yang bermimpi untuk mewujudkan protecting more Indonesian people, hal ini tidak akan bisa terwujud jika penerapannya tidak digarap dengan serius.

Lebih jauh, Anusha Thavarajah, Regional Chief Executive Officer Allianz Asia Pacific, melihat besarnya jumlah populasi muslim di Indonesia merupakan paling banyak di dunia. Hal ini menjadi faktor terpenting yang berpeluang bagi Allianz untuk memberikan manfaat positif yang berdampak luas.

“Bukan soal angka, melainkan kebutuhan dan nilai-nilai lokal dari masyarakat Indonesia. Kami memahami bahwa seiring dengan pertumbuhan ekonomi di kawasan asia pasifik dan asia, maka kebutuhan akan solusi keuangan berbasis syariah juga akan meningkat,” Jelasnya.


Allianz Syariah Menjangkau Seluruh Segmen

Allianz Resmi Luncurkan Syariah
Allianz Syariah Menjangkau Seluruh Segmen. (Doc. Press Rilis Grand Launching Allianz Syariah)

Dalam sesi bincang bareng Grand Launching Allianz Syariah, Achmad K. Permana menegaskan bahwa pada penerapannya, Allianz Syariah tidak hanya berfokus kepada segmen premium saja. Tetapi juga memiliki customer yang dilindungi asuransi hingga Rp9 juta.

“Kami melayani dari premium sampai mikro. Kita ingin menunjukkan bahwa kehadiran Allianz di Indonesia adalah untuk menjalankan misi 'protecting more Indonesian people', jadi tidak hanya sekadar jargon, tetapi kita eksekusi serius.”

Lanjutnya, “Kita melayani asuransi yang walaupun premi-nya hanya Rp10.000 karena mereka memiliki pembiayaan mikro yang hanya mungkin 500.000 tetap kita layani. Kedua, kita memiliki standar Allianz secara global. Tentunya dalam hal servis dan teknologi tidak mungkin asal-asalan,” pungkas Achmad K. Permana.

Infografis Cara Dapatkan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Jemaah Haji Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Dapatkan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Jemaah Haji Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya