Bermain dalam Film My Name is Loh Kiwan, Song Joong ki Sebut Cinta adalah Hal Paling Penting

Song Joong ki bermain dalam film My Name is Loh Kiwan

oleh Sulung Lahitani diperbarui 02 Mar 2024, 13:03 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2024, 13:03 WIB
Song Joong Ki dalam film My Name Is Loh Kiwan. (Netflix via Soompi)
Song Joong Ki dalam film My Name Is Loh Kiwan. (Netflix via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Kisah seorang pembelot Korea Utara tak pernah membuat bosan, namun film Netflix "My Name is Loh Kiwan" lebih bercerita tentang cinta yang bahkan ditemukan oleh orang-orang yang paling terpinggirkan meskipun mengalami cobaan berat. Demikian menurut sang aktor utama, Song Joong-ki.

Film tersebut, yang merupakan adaptasi dari novel pendek tahun 2011 “I Met Loh Kiwan” karya Cho Hae-jin, mengikuti kisah Loh Kiwan, seorang pembelot Korea Utara yang pergi ke Belgia untuk menerima status pengungsi. Bertekad untuk bertahan hidup, Loh terdampar di negara yang bahasanya tidak ia kuasai, dan tidak ada sarana untuk bertahan hidup.

Song Joong ki berperan sebagai Loh dalam karya pertamanya setelah lebih dari lima bulan sejak film neo-noir "Hopeless" (2023). Dia sebelumnya memainkan peran utama dalam serial drama KBS2 “Descendants of the Sun” (2016) dan “Reborn Rich” JTBC (2022).

“Saya masih memikirkan secara emosional apa yang dirasakan Kiwan sebagai orang luar, sendirian di tempat di mana dia tidak dapat berbicara bahasa tersebut namun masih berusaha untuk bertahan hidup,” kata Song pada konferensi pers pada minggu lalu seperti diwartakan oleh Korea JoongAng Daily.

"Saya menulis rasa bersalah pada naskah saya saat syuting dan menderita memikirkan bagaimana cara mengungkap emosi tersebut. Saya pikir Loh Kiwan telah sembuh setelah dia menyingkirkan rasa bersalahnya," kata aktor tersebut.

"Pada akhirnya, koneksi yang Anda buat dengan orang-orang dalam hidup Anda [adalah yang menyembuhkan Anda]. Itu yang saya ambil dari film ini.”

"My Name is Loh Kiwan" adalah film fitur pertama sutradara Kim Hee-jin, yang skenarionya juga ditulisnya. Filmografinya mencakup film pendek debut "A Brand New Journey" (2010), yang memenangkan penghargaan di Festival Film Independen Seoul dan Festival Film Internasional Jeonju, serta film pendek "MJ" (2012) dan "Neighbors" (2014).

“Loh Kiwan adalah orang yang memiliki ketabahan yang mampu membuat sesuatu berkembang bahkan di perairan paling berlumpur sekalipun,” kata Kim. “Pemirsa akan terpikat oleh banyak sisi dari Song Joong ki. [Terkadang] dia memperlihatkan ekspresi sedih, sementara di lain waktu dia menampilkan kepribadian yang paling keras dan dingin.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertemuan yang mengubah hidup 

Choi Seung Eun dan Song Joong Ki. (Netflix via Soompi)
Choi Sung Eun dan Song Joong Ki dalam Film My Name Is Loh Kiwan. (Netflix via Soompi)

Di tengah perjuangannya, Loh bertemu dengan Marie Choi Sung-eun yang bermasalah, seorang warga negara Belgia dari orang tua imigran Korea, setelah dia mencuri uangnya. Ceritanya kemudian mengikuti hubungan yang terbentuk antara dua orang asing saat mereka menjalani masyarakat dan dunia di mana mereka tidak merasa menjadi bagiannya.

“[Marie] adalah seseorang yang mengalami banyak perubahan,” kata Choi Sung eun. 

Choi dikenal karena peran utamanya dalam serial asli Netflix “The Sound of Magic” (2022) dan peran pendukungnya dalam drama JTBC “Beyond Evil” (2021).

“Dia adalah seseorang yang kehilangan alasan dan motivasi untuk hidup. Dia menemukan keinginannya untuk hidup setelah bertemu Kiwan."

“Cinta, apa pun jenisnya, adalah hal yang mendorong Anda untuk hidup,” tambahnya.

 


Sinopsis My Name is Long Kiwan

Choi Sung Eun dalam film My Name Is Loh Kiwan. (Netflix via Soompi)
Choi Sung Eun dalam film My Name Is Loh Kiwan. (Netflix via Soompi)

Alur cerita mengikuti Loh Kiwan (Song Joong-ki), seorang pembelot Korea Utara yang terpaksa meninggalkan hidupnya di Tiongkok karena insiden yang tidak menguntungkan. Untuk mencari awal yang baru, dia melakukan perjalanan ke Belgia dan mencoba mengurus dirinya sendiri di negeri asing dimana dia tidak terbiasa dengan cara hidup. 

Di tengah perjuangannya untuk mendapatkan status pengungsi, sebuah insiden pencurian membawanya bertemu dengan Mari (Choi Sung-eun), mantan atlet menembak. Kiwan dan Mari yang sama-sama penuh keputusasaan tidak tahu bahwa pertemuan ini akan memberi mereka sesuatu untuk dijalani.

 

My Name is Loh Kiwan: Para Pemeran & Kru

Sutradara: Kim Hee-jin

Pemeran: Song Joong-ki, Choi Sung-eun, Kim Sung-ryung, Jo Han-chul, Lee Il-hwa, Lee Sang-hee, Seo Hyun-woo, Waël Sersoub

Durasi: 2 jam 15 menit

Genre: Drama

My Name is Loh Kiwan telah tersedia di Netflix sejak 1 Maret 2024. 

Infografis 6 Hewan Peliharaan Populer
Infografis 6 Hewan Peliharaan Populer (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya