Tips Memilih Kain Katun Jepang yang Cocok untuk Gamis Lebaran

Kini, gamis yang terbuat dari katun Jepang banyak diminati wanita untuk dipakai saat Lebaran. Lalu, bagaimana cara memilih katun Jepang yang tepat untuk gamis Lebaran? Yuk simak pembahasan berikut sampai akhir!

oleh Linda Dwi Nofiani diperbarui 04 Mar 2024, 09:56 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2024, 09:24 WIB
Laudya
Gamis berbahan katun dengan detail ruffle dan ikat pinggang akan membuatmu tampil memesona. (instagram/laudyacynthiabella)

Liputan6.com, Jakarta Kini, gamis yang terbuat dari katun Jepang banyak diminati wanita untuk dipakai saat Lebaran. Lalu, bagaimana cara memilih katun Jepang yang tepat untuk gamis Lebaran? Yuk simak pembahasan berikut sampai akhir!

Pakaian gamis telah menjadi pilihan utama dalam dunia fashion bagi banyak wanita muslim. Ragam pilihan bahan dan desain gamis dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, termasuk di antaranya adalah gamis katun Jepang. Di sana Kamu bisa menemukan berbagai macam motif seperti bunga, polos, dan kombinasi yang menawan untuk menambah koleksi pakaian Kamu.

Kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih gamis katun Jepang yang berkualitas, baik untuk acara spesial seperti Hari Raya Lebaran maupun untuk penggunaan sehari-hari. 

Jika Kamu ingin tampil menawan dengan gamis katun Jepang asli yang terbaik, bacalah artikel berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber Senin (03/03/2024)!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pilih Gamis Katun Jepang Bermotif agar Penampilan Lebih Modis.

Style Gamis ala Selebgram hingga Artis,
Vebby Palwinta mengenakan gamis bermotif warna kecoklatan, yang dipadukan kerudung warna coklat lebih muda. @vebbypalwinta

Mayoritas gamis katun Jepang yang tersedia di pasaran memiliki motif bunga, tetapi kini juga terdapat variasi motif seperti kotak, polkadot, garis, dan motif lainnya yang menarik.

Jika ingin menarik perhatian, jangan ragu untuk mengenakan gamis katun Jepang dengan motif penuh. Kamu dapat memilih motif dengan warna yang kontras dengan latar belakangnya untuk menciptakan tampilan yang mencolok, atau memilih pola yang serasi untuk penampilan yang lebih lembut.

Selain itu, gamis katun Jepang dengan kombinasi motif dan pola polos juga bisa menjadi pilihan menarik. Menggabungkan kain yang memiliki motif dengan bagian yang polos akan menciptakan keseimbangan dalam penampilan, memberikan kesan modis tanpa terlihat berlebihan.


2. Untuk Harian, Pilih Gamis Katun Jepang yang Polos agar Mudah Dipadukan

8 Potret Larissa Chou Tampil Fashionable dengan Padu Padan Hijab Syari’i
Agar makin chic, padukan gamis polos dengan hijab bermotif seperti potret Larissa ini.

Meskipun biasanya gamis katun Jepang memiliki beragam motif, tetapi jika ingin mengenakannya dalam kegiatan sehari-hari, gamis polos bisa menjadi opsi yang lebih sesuai.

Saat ini, tersedia beragam pilihan warna menarik untuk gamis katun Jepang. Untuk penampilan yang istimewa, Kamu bisa memilih gamis polos dengan detail bordir atau motif timbul.


3. Memilih Gamis Model A-line agar Tampak Lebih Ramping

10 Ide Model Baju Gamis Lebaran yang Kekinian ala Seleb, Dinda Hauw hingga Tya Ariestya
Effortlessly chic, padukan gamis polos berpotongan A-line dengan sedikit motif di bagian lengan dan hijab segi empat bermotif senada seperti look Shireen Sungkar ini. (Instagram/zaskiasungkar15).

Menggunakan gamis A-line dengan potongan pinggang yang tinggi akan memberikan kesan tubuh yang lebih ramping dan tinggi pada penampilan Kamu. Model ini cocok untuk memberi ilusi tubuh yang lebih langsing.


4. Pilihlah Gamis dengan Potongan Lurus untuk Tampilan yang Syar’i

[Bintang] Nia Ramadhani
Berbeda dari biasanya, kali ini penampilan Nia sangat keibuan. Rambut panjangnya sangat lurus tertata rapi. Ia juga memakai longdress atau gamis yang warna dan modelnya sangat sederhana. (Instagram/ramadhaniabakrie)

Jika ingin berpenampilan yang lebih syar'i, pilih gamis katun Jepang yang memiliki potongan lurus, longgar, dan tidak menonjolkan bentuk tubuh. Biasanya, gamis dengan gaya ini tidak menonjolkan garis pinggang.

 


5. Untuk Acara Formal, Pilih Gamis dengan Kombinasi Renda

5 Model Gamis Brokat Kombinasi Polos untuk Lebaran 2024, Tampil Cantik bersama Keluarga
Model gamis Amyra Dress (Sumber: Instagram/zayrahijab)

Untuk penampilan yang elegan, pilihlah gamis katun Jepang yang dihiasi dengan bordir atau brokat. Kamu dapat menciptakan kesan mewah dan menonjolkan diri dengan memilih gamis bordir yang memiliki warna yang berbeda.

Namun, untuk tampilan yang lebih simpel, Kamu bisa memilih gamis katun Jepang dengan bordir yang serasi warnanya. Motif bordir yang mencolok di atas kain katun Jepang akan memberikan kesan kemewahan dan bersinar.


6. Pilih Gamis dengan Lengan Berkaret atau Berkancing agar Wudhu Friendly

5 Model Gamis Brokat Kombinasi Polos untuk Lebaran 2024, Tampil Cantik bersama Keluarga
Model gamis Zeema Dress (Sumber: Instagram/purita.id)

Jika Kamu ingin berwudhu dengan mudah, gamis dengan detil kancing di lengan dapat menjadi opsi yang tepat. Kancing di pergelangan tangan dapat membantu menjaga agar lengan.

Selain kancing, Kamu juga dapat memilih gamis yang memiliki aksen karet di bagian kerah tangan. Aksen karet ini membuat kerah lengan lebih mudah ditarik ke atas tanpa perlu melakukan gulungan pada kerah lengan.


Apakah Katun Jepang Mudah Kusut?

Katun Jepang adalah pilihan yang populer dan nyaman bagi banyak wanita. Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kecenderungan katun Jepang untuk mudah kusut dan menyusut saat dicuci, sehingga memerlukan perawatan tambahan. Selain itu, harga katun Jepang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan katun biasa.


Apakah Bahan Katun Jepang Panas?

Bahan ini memiliki kemampuan menyerap keringat dengan efektif dan tetap nyaman saat dipakai tanpa mengakibatkan rasa panas, bahkan saat cuaca dingin.


Katun Jepang Premium Seperti Apa?

Kain katun Jepang memiliki karakteristiknya sendiri, salah satunya adalah terbuat dari serat katun yang sangat lembut dengan kualitas premium mencapai 90% hingga 100%.


Apakah Katun Jepang Adem?

Katun Jepang memiliki tekstur kain yang lembut, tidak berbulu, ringan, dan mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga memberikan kenyamanan saat dipakai. Selain itu, ciri khasnya juga termasuk pewarnaan yang lebih tajam dan motif yang lebih tegas dibandingkan dengan jenis katun lainnya.


Apakah katun Jepang 100% Katun?

Saat ini, istilah "katun Jepang" digunakan untuk menggambarkan kain katun yang terbuat dari serat katun murni tanpa campuran bahan sintetis atau polyester, dengan kerapatan minimal 180 TC. Namun, belakangan ini, ditemukan katun Jepang dengan komposisi katun hanya sekitar 80% hingga 90%.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya