Lebih Praktis dan Hemat Gas, Begini Cara Masak Beras Ketan Agar Pulen dan Cepat Empuk

Memasak beras ketan ternyata tidak perlu selalu dikukus, lho! Lakukan cara ini agar ketan jadi lebih pulen sekaligus hemat gas.

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 10 Jul 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2024, 14:30 WIB
tips bubur ketan hitam
Tips membuat bubur ketan hitam./Copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya enak dimakan langsung saat sudah matang, ketan juga banyak dijadikan olahan jajanan dengan berbagai toping, seperti lupis, lemper, tape, dsb. 

Teksturnya yang legit dan lengket cenderung susah pulen. Akhirnya, banyak orang yang memasaknya dengan cara mengukus beras ketan dalam waktu yang lama. Hal ini mungkin akan berhasil, namun jadi lebih boros gas. 

Warganet TikTok dengan username @ranazakiyyahm membagikan tips memasak beras ketan dengan hasil pulen dan matang sempurna menggunakan rice cooker. Berikut caranya, dirangkum pada Rabu (10/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan-bahan

Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram beras ketan
  • 400 ml santan
  • 1 sdt garam atau sesuai selera

Cuci Beras Ketan

Pertama-tama, cuci beras ketan dengan air mengalir. Beras ketan cukup dicuci bersih tanpa perlu direndam dulu sebelum dimasak.


Campur Semua Bahan

Langkah kedua, campurkan beras ketan yang sudah dicuci dengan santan dan garam. Aduk sebentar agar garamnya larut.


Masak Sampai Mendidih

Ketiga, masak menggunakan magic com hingga beras campuran beras ketan dan santan mendidih.


Lanjutkan Proses Memasak

Keempat, aduk sebentar jika campuran beras ketan sudah mendidih. Kemudian, masak lagi dengan menekan kembali tombol magic com ke mode cook.


Aduk dan Masak Hingga Pulen

Terakhir, aduk-aduk ketan yang sudah matang. Kemudian, masak kembali hingga matang. Jangan lupa menekan tombol cook pada magic com. Jika magic com berubah ke mode warm ketan pun siap disajikan.


Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ketan


Apa yang Membuat Beras Ketan Lengket?

Beras ketan adalah varietas beras yang mengandung tingkat amilopektin yang tinggi, sehingga saat dimasak, nasi ini menghasilkan tekstur yang kenyal atau lengket.


Apa yang Menyebabkan Ketan yang Sudah Dimasak Menjadi Lembek?

Penggunaan air yang berlebihan saat memasak ketan akan mengakibatkan konsistensi ketan menjadi lebih lunak.


Mengapa Beras Ketan Harus Dicuci Bersih?

Biasanya, beras disiram air guna menghilangkan debu, serangga, batu kecil, dan serpihan kulit yang tersisa dari proses penggilingan beras secara tradisional.


Berapa Lama Beras Ketan Bisa Bertahan?

Menurut laporan dari Tasting Table pada tanggal 19 Maret, ketan dapat disimpan di dalam lemari es apabila masih tersisa dalam jumlah yang cukup besar. Dengan cara penyimpanan yang tepat, ketan dapat tetap segar dalam waktu yang cukup lama. Ketan yang disimpan di dalam lemari es dapat tetap segar selama 4-5 hari. Jika dibiarkan terbuka, ketan akan cepat mengering.


Kenapa Tepung Ketan Tidak Boleh Dimasak Terlalu Lama?

Saat membuat kue dari tepung ketan, yang penting adalah memperhatikan durasi memasak agar tidak terlalu panjang. Tujuannya adalah mencegah kue pecah atau berubah bentuk karena sifat cepat matangnya ketan, seperti dalam pembuatan klepon.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya