Kondisi Terkini Shah Rukh Khan, Sempat Masuk Rumah Sakit Gara-Gara Serangan Panas di India

Legenda film Shah Rukh Khan (58) dirawat di rumah sakit minggu lalu setelah menderita serangan panas.Gejalanya termasuk "demam tinggi dan dehidrasi".

oleh Sulung Lahitani diperbarui 02 Jun 2024, 13:21 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 13:21 WIB
6 Potret Terkini Kajol dan Shah Rukh Khan, Sama-Sama Tampak Awet Muda
6 Potret Terkini Kajol dan Shah Rukh Khan, Sama-Sama Tampak Awet Muda (IG/kajol/imsrk)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bintang internasional terbesar di industri film saat ini sedang dalam masa pemulihan. Menurut Press Trust India dan IANS, legenda film Shah Rukh Khan (58) dirawat di rumah sakit minggu lalu setelah menderita serangan panas. IANS mencatat gejalanya termasuk "demam tinggi dan dehidrasi".

Petugas medis memasukkan Khan ke Rumah Sakit KD di Ahmedabad, India pada hari Rabu; dia dipulangkan pada hari Kamis. Seperti yang disampaikan CNN, manajernya, Pooja Dadlani, memberi tahu para penggemar bahwa dia "baik-baik saja" setelah insiden tersebut, yang terjadi saat India mengalami gelombang panas yang serius.

"Kepada semua penggemar dan simpatisan Tuan Khan – dia baik-baik saja," tulis Dadlani di X atau Twitter. "Terima kasih atas cinta, doa, dan perhatian Anda."

Pekan lalu, India diguncang oleh berita bahwa superstar Bollywood Shah Rukh Khan dirawat di rumah sakit karena serangan panas.

Khan berada di Ahmedabad untuk menyaksikan tim kriket Liga Utama India yang dimilikinya, Kolkata Knight Riders, bermain dalam sebuah pertandingan.

Bintang Kabhi Khushi Kabhi Gham, yang secara luas disebut-sebut sebagai aktor paling populer di Bollywood itu, terlihat berjalan-jalan di sekitar stadion bersama keluarganya dan merayakan kemenangan saat para penggemar meneriakkan namanya, sesaat sebelum dia menderita sengatan panas atau heatstroke.

Di tengah musim panas yang terik, suhu di kota – dekat pantai barat kita – melonjak di atas 45 derajat Celcius yang membuat Khan terkena serangan panas. Pada hari Rabu, Khan dirawat karena dehidrasi, media lokal melaporkan.

Juga dikenal sebagai “King Khan,” aktor ini memiliki status hampir setengah dewa di India, telah membintangi lebih dari 90 film dan mendapatkan banyak penghargaan. Ia menerima penghargaan sipil tertinggi keempat di India pada tahun 2005, dan masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time pada tahun 2022.

Beberapa film Khan yang paling populer antara lain Jawan, Pathaan, My Name is Khan, Om Shanti Om, Kabhi Alvida Naa Kehna dan Ra One. TIME menobatkannya sebagai salah satu "Orang Paling Berpengaruh tahun 2023" di dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


India amat terdampak krisis iklim

Ilustrasi gelombang panas. (Unsplash)
Ilustrasi gelombang panas. (Unsplash)

Menurut Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, India merupakan salah satu negara yang diperkirakan paling terkena dampak krisis iklim. Hal ini mengancam pembangunan negara tersebut dan juga berisiko menghambat kemajuan negara tersebut dalam pengentasan kemiskinan, kesehatan, dan pertumbuhan ekonomi.

Negara ini sering mengalami gelombang panas selama bulan-bulan musim panas di bulan Mei dan Juni, namun dalam beberapa tahun terakhir gelombang panas ini datang lebih awal dan menjadi lebih berkepanjangan. Para ahli mengatakan krisis iklim hanya akan menyebabkan gelombang panas yang lebih sering dan lebih lama di masa depan, sehingga menguji kemampuan India untuk beradaptasi.

Beberapa kematian tahun ini di India disebabkan oleh cuaca panas yang ekstrem, meskipun angka resminya kemungkinan besar terlalu rendah di negara berpenduduk 1,4 miliar orang. Sekitar seperlima dari seluruh kematian akibat gelombang panas secara global selama 30 tahun terakhir berasal dari India, menurut sebuah penelitian.

Untuk mencegahnya, pejabat cuaca India telah mengimbau masyarakat untuk menghindari menghabiskan waktu di luar ruangan saat suhu panas meningkat. Serangan panas dapat terjadi bahkan di malam yang panas jika tubuh mengalami dehidrasi, jelas Dr. Bharesh Dedhia, konsultan departemen perawatan kritis di P.D. Mumbai. Rumah Sakit Hinduja.

“Segala sesuatunya mulai kacau di tubuhmu,” kata Dedhia pada Indianexpress. “Siapa pun dapat terkena dampak panas, terlepas dari tingkat kebugaran mereka.”

 


Apa itu serangan panas?

Ilustrasi cuaca panas
Ilustrasi cuaca panas. (Image by Freepik)

Serangan panas terjadi ketika suhu lingkungan sangat tinggi sehingga tubuh tidak mampu mengeluarkan keringat untuk mengatur suhu inti, yang mencapai 40 derajat Celsius. Dalam kasus seperti ini, terjadi ketidakseimbangan garam yang parah seperti natrium dan kalium dalam tubuh. Suhu yang tinggi ditambah dengan ketidakseimbangan garam mengganggu organ, menyebabkan sejumlah gejala.

“Hal ini dapat mempengaruhi otak, membuat otak seseorang berkabut, mengantuk, dan dalam kasus yang parah juga dapat menyebabkan seseorang mengalami koma. Hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan hati. Gejala-gejala seperti itu menyebabkan kematian akibat serangan panas,” menurut Dr Suranjit Chatterjee, konsultan senior penyakit dalam di Rumah Sakit Indraprastha Apollo, New Delhi.

Dia menambahkan bahwa dalam kasus yang parah, tujuannya adalah untuk menurunkan suhu inti tubuh dengan cepat. Hal ini dapat dilakukan dengan menuangkan air dingin ke tubuh orang tersebut, memberinya minuman dingin, dan memberinya elektrolit untuk menyeimbangkan kadar garam.

 


Kapan Anda harus segera ke rumah sakit akibat serangan panas?

Ilustrasi Lipsus Cuaca Panas
Ilustrasi Lipsus Cuaca Panas

Dr Chatterjee mengatakan seseorang harus segera dibawa ke rumah sakit jika menunjukkan gejala berikut: suhu tubuh sangat tinggi tetapi tidak berkeringat sama sekali, mengantuk, muntah, dan tidak buang air kecil serta tidak bernapas dengan benar.

Perhatian khusus harus diberikan kepada mereka yang berusia lanjut dan sangat muda serta mereka yang memiliki penyakit penyerta karena lebih rentan terhadap dampak panas. “Namun, bukan berarti generasi muda tidak bisa terkena serangan panas, hal ini bisa terjadi pada usia berapa pun,” kata Dr Chatterjee.

 


Apa yang harus dilakukan untuk mencegah serangan panas?

Ilustrasi suhu panas ekstrem. (Dok. Pixabay/RosZie)
Ilustrasi suhu panas ekstrem. (Dok. Pixabay/RosZie)

Untuk mencegah serangan panas, sebaiknya hindari keluar rumah di bawah sinar matahari langsung, terutama antara siang hingga jam 3 sore. Anda sebaiknya menghindari aktivitas berat selama ini.

Jika harus keluar rumah, pastikan Anda tetap minum air meskipun tidak merasa haus. Minumlah cairan penghidrasi lainnya seperti air lemon, buttermilk atau oralit yang dapat menjaga kadar elektrolit. Jangan mengonsumsi alkohol, teh, kopi, dan minuman ringan berkarbonasi karena dapat membuat Anda semakin dehidrasi. Kenakan pakaian katun yang ringan, berwarna terang, longgar, dan berpori serta gunakan kacamata, payung, dan sepatu.

Sebuah nasihat dari Otoritas Nasional Penanggulangan Bencana India pada tahun 2023 menyatakan bahwa masyarakat harus berusaha menjaga rumah mereka tetap sejuk dengan menggunakan tirai atau tirai, dan menjaga suhu tubuh tetap rendah dengan menggunakan kain lembab atau sering mandi air dingin.

Infografis Tips Hadapi Suhu Panas dan Gerah. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Hadapi Suhu Panas dan Gerah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya