Atlet Balap Sepeda Indonesia Rajai Podium di Tour of Thailand 2024

April 2024 ini menjadi ajang Indonesia untuk unjuk gigi pada berbagai kejuaraan internasional. Atlet-atlet pebalap sepeda Indonesia memberikan hasil terbaiknya pada Tour of Thailand 2024 (1-6 April 2024).

oleh Sulung Lahitani diperbarui 04 Jun 2024, 01:00 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2024, 01:00 WIB
Atlet Balap Sepeda Indonesia Rajai Podium di Tour of Thailand 2024
Atlet Balap Sepeda Indonesia Rajai Podium di Tour of Thailand 2024 (doc: Polygon)

Liputan6.com, Thailand Bulan April 2024 ini menjadi ajang Indonesia untuk unjuk gigi pada berbagai kejuaraan internasional. Tak hanya kualifikasi Piala Dunia sepak bola pada Piala Asia yang berlangsung hangat saat ini, atlet-atlet balap sepeda Indonesia juga memberikan hasil terbaiknya pada Tour of Thailand 2024 (1-6 April 2024).

Nusantara Pro Cycling Team – tim balap sepeda asal Indonesia – menurunkan enam anggota andalannya, Ilham Dzikri, Maulana Astnan, Batmunkh Maral, Imam Arifin, Muhammad Herlangga, dan Zulhelmi Zainal. Setelah menaklukkan enam stage panjang dengan cuaca terik hingga 43 derajat Celsius, mereka akhirnya berhasil membawa pulang sejumlah podium. Tim dengan logo Garuda ini berhasil meraih podium tiga untuk kategori Best Asean Team, melawan sebelas tim Asean lain.

Rastra Patria, manager team dari Nusantara Pro Cycling Team menceritakan sekilas pengalamannya pada tahun keduanya turun pada Tour of Thailand. “Pertandingan berlangsung sengit. Ditambah dengan suhu yang panas di Thailand, membuat tim kami tidak hanya berjuang melawan tim lainnya, tetapi juga melawan panas dan overheat. Good job untuk tim karena berhasil mendapatkan podium. Perjuangan mereka tidak sia-sia.”

Tidak hanya podium beregu, Maulana Astnan berhasil menyabet podium satu kategori overall King of Mountains dan stage 2 Intermediate Sprint. Ilham Dzikri berhasil mengamankan podium dua pada kategori King of Mountains.

 

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Latihan dengan disiplin tinggi

Atlet Balap Sepeda Indonesia Rajai Podium di Tour of Thailand 2024
Atlet Balap Sepeda Indonesia Rajai Podium di Tour of Thailand 2024 (doc: Polygon)

 

Tim yang berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta ini mengungkapkan bahwa semua prestasi ini tak lepas dari latihan dengan disiplin tinggi yang mereka lakukan. Usaha tak mengkhianati hasil, dengan strategi yang apik, Nusantara Pro Cycling Team dengan perwakilan atlet Muhammad Herlangga berhasil meraih podium 9 pada overall Individual classification, mengalahkan lebih dari 140 peserta lain.

“Ada banyak insight positif untuk kami pelajari dan terapkan ke depannya. We go again next year!” ucap Rastra.

Mereka juga membawa sepeda karya anak bangsa, Polygon Bikes dengan Helios A seri tertingginya. Nama Helios A Series mulai melambung tiga tahun terakhir sejak pertama rilisnya pada tahun 2021.

Sepeda ini sudah banyak membawa atlet-atlet Indonesia pada berbagai kejuaraan dunia, seperti Aiman Cahyadi pada Tour of Sharjah 2023, Liontin Evangelina pada National Championships 2021 dan 2022, serta Nusantara Pro Cycling Team pada Tour de Siak 2022.

Keberhasilan Nusantara Pro Cycling Team ini menambah rentetan prestasi atlet Indonesia dengan produk anak bangsa untuk menjajaki kancah internasional.

 


Mendapatkan beberapa podium

 

Tak hanya digunakan anak bangsa, Polygon Bikes juga digunakan oleh Terengganu Cycling Team sejak tahun 2022 lalu. Dengan corak biru-hitam special edition-nya, tim balap terbaik se-Asia ini berhasil mendapatkan podium tiga pada team general classification.

Podium satu pada individual stage classification juga berturut-turut berhasil didapat oleh Aiman Rosli pada stage 2 dan 6 setelah melakukan breakaway dan mencetak angka pada Final Intermediate Sprint, serta Jesse Ewart pada stage 4 dengan sprint di waktu yang tepat pada beberapa meter terakhir. Individual General Classification berhasil disabet oleh Anatoliy Budyak dengan posisi ketiga.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya