Sontek 5 Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri dan Berani Tampil

Setiap orang tua pasti mendambakan anak yang berani dan percaya diri saat berinteraksi Namun, sayangnya tidak semua anak dapat menunjukkan keberanian tersebut.

oleh Zahra Utami diperbarui 22 Jul 2024, 19:08 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 19:17 WIB
Mendidik Anak Jadi Lebih Berani
Dukungan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sangat Penting Salah Satunya Dengen Menenami Anak (Credit: jcomp/Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak agar percaya diri dan berani dalam setiap aktivitasnya, termasuk berani tampil di kelas. Sebab tidak semua anak punya kepercayaan diri dan keberanian untuk tampil. Justru sebaliknya, beberapa anak lebih pemalu dan takut berinteraksi dengan lingkungan barunya.

Kepribadian pemalu ini sering kali terbentuk karena pola asuh dari orang tua, kurangnya pengalaman bersosialisasi, atau bahkan pengalaman menjadi korban bullying. Jika dibiarkan sifat pemalu dapat membawa dampak buruk bagi perkembangan anak, seperti tingkat stres yang lebih tinggi, kesulitan menjalin pertemanan, hingga menghambat pertumbuhan menjadi individu yang lebih dewasa.

Oleh karena itu, mengetahui cara mendidik anak agar percaya diri dan berani sejak dini sangat penting untuk membantu mereka mengatasi rasa malu dan menjalani kehidupan dengan lebih baik. Berikut 5 cara mendidik anak agar percaya diri dan berani tampil.

1. Bantu Anak Bersosialisasi 

Dalam proses mendidik anak agar percaya diri dan berani, peran orang tua sangatlah penting. Ketika orang tua menciptakan lingkungan yang mendukung dan penuh kasih sayang, anak-anak akan merasa dihargai yang mendorong mereka untuk mengembangkan rasa percaya diri yang kuat.

Cobalah ajarkan sang anak berbagai sikap yang dapat menghilangkan rasa pemalu, seperti menyapa ketika bertemu atau berpapasan dengan orang lain, bersikap ramah, perkenalkan anak dengan teman sebayanya, dan dorong anak untuk memulai berkomunikasi. Dengan demikian, sang anak akan terbiasa dan merasa lebih percaya diri serta berani dalam bersosialisasi. 

2. Tunjukkan Rasa Percaya Diri 

Biasanya sang anak cenderung meniru perilaku orang tuanya. Sebagai orang tua, kamu harus menunjukkan sikap percaya diri di hadapan buah hati. Tunjukkan cara menyapa tetangga dengan ramah, menjalin obrolan santai, atau mengundang orang lain untuk berkunjung ke rumah.

Dengan melihat contoh langsung dari kamu, anak akan terbiasa berperilaku ramah dan perlahan menumbuhkan rasa berani dalam berinteraksi dengan orang lain, sehingga menghilangkan rasa pemalu pada dirinya. Selain itu, jangan lupa untuk membiasakan anak bersosialisasi di luar rumah. Jangan biarkan mereka terkurung dan hanya bermain di dalam kamar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Dengarkan Cerita dan Pujilah

Mendidik Anak Jadi Lebih Baik
Anak Akan Lebih Senang dan Berani Ketika Mereka didengarkan dan dipuji (Credit: Pexels/Arina Krasnikova)

Membiasakan anak untuk berbagi cerita tentang kesehariannya merupakan salah satu cara mendidik anak agar percaya diri dan berani sekaligus mengurangi rasa pemalu. Dengarkan dengan seksama setiap cerita yang mereka sampaikan dan berikan tanggapan positif dengan kata-kata penghargaan.

Sebagai orang tua, jangan ragu untuk memberikan pujian kepada buah hati kamu. Mulailah dengan memuji perilaku baik sang anak sejak pagi, seperti ketika bangun tepat waktu atau melakukan tugas dengan baik. Dengan mendapatkan apresiasi dan dukungan yang tulus dari Anda, anak akan merasa yakin bahwa dirinya melakukan hal yang positif dan percaya diri untuk terus berkembang

4. Ikuti Ketertarikan Anak 

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang unik dan berbagai macam. Sebagai orang tua, upayakan untuk mengikuti minat buah hati dan biarkan mereka mengembangkan keterampilan di bidang yang diminatinya. Dengan mendukung anak menekuni bidang yang disukainya, secara tidak langsung kamu membuka peluang bagi mereka untuk bergaul dengan teman-teman yang memiliki ketertarikan serupa.Lingkungan seperti ini akan membuat anak merasa nyaman dan percaya diri. Terlebih lagi, dukungan kamu akan membangkitkan semangat mereka untuk terus berkarya di bidang yang diminati.

5. Jangan Menyudutkan

Contoh ilustrasi anak dan ibu
Berikut adalah tips mendidik anak agar berani mengeluarkan pendapatnya. (Foto: Pexels,com/Ketut Subiyanto)

Tips selanjutnya mendidik anak agar percaya diri dan berani adalah hindari memberi label 'anak pemalu' pada buah hati kamu. Jika anak menunjukkan sifat pemalu saat kamu  menerima tamu, jangan pernah mengatakan hal negatif untuk dirinya, seperti 'Iya, dia memang anak pemalu'. Labelisasi semacam itu dapat membuat anak mengidentifikasikan dirinya dengan sifat tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk berhati-hati dalam bertutur kata di hadapan anak. Setiap perkataan yang terucap akan terekam kuat dalam ingatan mereka dan dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian.

Itulah 5 cara mendidik anak agar percaya diri dan berani tampil. Dengan kesabaran, dukungan, dan bimbingan yang tepat dari orang tua, kepribadian anak akan berkembang menjadi lebih berani dan siap menghadapi tantangan di lingkungan barunya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya