7 Desain Dapur dengan Tanaman Estetik Agar Tak Mudah Bosan

Desain dapur yang dilengkapi dengan tanaman akan menambah rasa nyaman saat memasak. Selain itu, tanaman juga dapat menambah nilai estetika pada dapur.

oleh Naba'ulma Chilmi Noor diperbarui 08 Jun 2024, 23:28 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2024, 23:12 WIB
Desain Dapur dengan Tanaman
Desain dapur dengan tanaman yang bakal bikin suasana makin nyaman (pexels/curtis adams)

Liputan6.com, Malang Dapur bukan sekadar tempat untuk mempersiapkan hidangan di rumah; itu juga menjadi pusat berkumpulnya keluarga. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan desain dapur agar suasana menjadi nyaman saat memasak dan bersama-sama.

Dengan menambahkan tanaman, dapur menjadi lebih hidup dan mengundang, menciptakan ruang yang ramah dan menyenangkan bagi keluarga serta teman-teman. Momen memasak tidak lagi terasa seperti rutinitas yang membosankan, melainkan menjadi kesempatan untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam di sekitar kita.

Tidak hanya memberikan keindahan visual, kehadiran tanaman dalam desain dapur juga membawa manfaat bagi kesehatan. Tanaman dapat membantu menyaring udara dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk memasak.

Dengan demikian, desain dapur yang memasukkan tanaman tidak hanya memberikan kesan estetis yang menawan, tetapi juga menciptakan keseimbangan harmonis antara keindahan alam dan kepraktisan dalam aktivitas sehari-hari. Ayo, simak sampai tuntas!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Desain Dapur dengan Rak Tanaman Gantung

Rumah Industrial Minimalis
Dapur di desain rumah industrial minimalis. (dok. Arsitag)

Rak gantung yang dipenuhi tanaman hijau bisa menjadi pusat perhatian di dapur. Rak ini tidak hanya menghemat ruang tetapi juga menambahkan sentuhan alami yang menenangkan.


Desain Dapur dengan Taman Vertikal

Desain Dapur dengan Taman Vertikal
Desain dapur dengan tanaman vertikal (pinterest)

Dinding dapur bisa dimanfaatkan sebagai taman vertikal yang dipenuhi tanaman. Desain ini adalah solusi sempurna untuk dapur kecil yang ingin memaksimalkan penggunaan ruang secara estetis.


Desain Dapur dengan Tanaman di Sudut

Dapur Letter L Minimalis Gaya Industrial
ilustrasi desain dapur letter L by setyouroom.com

Menempatkan tanaman berukuran lebih besar di sudut dapur dapat memberikan tampilan yang segar. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan tahan terhadap kondisi dapur. Desain ini memiliki tampilan yang lebih simpel.


Desain Dapur dengan Tanaman Kecil di Jendela

Dapur Bersih Desain Dapur
Ilustrasi Foto Desain Dapur (iStockphoto)

Jendela dapur yang dipenuhi dengan pot tanaman kecil memberikan suasana cerah dan segar. Cahaya alami dari jendela akan membantu tanaman tumbuh subur dan menghiasi dapur.


Desain Dapur dengan Tanaman Herbal

Desain Dapur dengan Tanaman Herbal
Desain dapur dengan tanaman herbal (pinterest)

Memiliki kebun herbal mini di dapur tidak hanya praktis tetapi juga indah. Susun herbal dalam pot kecil di rak atau di dinding untuk kemudahan akses dan tampilan yang estetik. Tanaman herbal ini membawa banyak manfaat terutama untuk kebutuhan dapur.


Desain Dapur dengan Tanaman di Langit-langit

Desain Dapur dengan Tanaman di Langit-langit
Desain dapur dengan tanaman yang menggantung di langit-langit (pexels/charlotte may)

Menambahkan tanaman gantung di langit-langit bisa menciptakan tampilan yang unik. Pilih tanaman dengan daun yang menjuntai untuk efek visual yang lebih dramatis. Desain ini cocok untuk kamu yang suka sentuhan outdoor.


Desain Dapur dengan Tanaman Hias di Meja

Menengok Desain Dapur Rumah Raisa dan Hamish Daud, Meja Makan Menyatu dengan Kitchen Set
Menengok Desain Dapur Rumah Raisa dan Hamish Daud, Meja Makan Menyatu dengan Kitchen Set. foto: Instagram/@hamishdw

Menghiasi meja dapur dengan tanaman hias kecil memberikan sentuhan segar dan hidup. Pilih pot yang cantik dan tanaman yang sesuai dengan tema dapur kamu. Tanaman yang sering digunakan biasanya adalah bunga mawar, lily, atau tanaman sukulen.  4o


Bentuk Dapur Apa Aja?

Bentuk dapur cukup beragam mulai dari tipe linear, tipe linear 2 sisi, tipe letter L, tipe letter U, dan bahkan ada juga yang tipe meja island.

 


Apa Arti Dapur Modular Itu?

Dapur modular adalah jenis dapur yang dirancang menggunakan modul lemari yang dapat disusun dan digabungkan sesuai kebutuan dan preferensi sehingga ruangan jadi lebih efektif.


Berapa Ukuran Tinggi Meja Dapur?

Biasanya, ukuran meja dapur yang sering digunakan memiliki tinggi setengah dari tinggi penggunanya. Jika tinggi 160 cm maka ukuran meja yang ideal adalah 80 cm.


Apa Saja yang Wajib Ada di Dapur?

Peralatan yang wajib ada di dapur diantaranya pisau, alat memasak, alat makan, rice cooker, kompor, wastafel, mixer, alat penggorengan, panci, dan masih banyak lagi 


Berapa Ukuran Wastafel Cuci Piring 1 Bak?

Umumnya wastafel cuci piring dengan 1 bak memiliki ukuran 96 x 43 cm yang dilengkapi dengan 1 bak dan 1 sayap untuk menata peralatan dapur setelah dicuci.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya