Trik Usir Tikus yang Bersarang di Dalam Rumah, Cuma Pakai Bahan-bahan Dapur

Keberadaan tikus seringkali mengganggu penghuni rumah. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk mengusir tikus di rumah.

oleh Naba'ulma Chilmi Noor diperbarui 09 Jun 2024, 00:15 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2024, 00:15 WIB
Cara Mengusir Tikus
Cara mengusir tikus di rumah dnegan menggunakan bahan-bahan alami (pexels/nikiemmert)

Liputan6.com, Malang Tikus sering kali mengganggu penghuni rumah dengan kehadirannya. Hewan pengerat ini dikenal kotor dan suka menggerogoti barang-barang rumah tangga. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk mengusir mereka dari rumah.

Salah satu cara termudah untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakan bahan-bahan rumahan yang mudah diperoleh. Berikut beberapa bahan rumahan yang bisa digunakan untuk mengusir tikus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Potongan Bawang

bawang putih
ilustrasi bawang putih/copyright Rawpixel

Aroma kuat allicin pada potongan bawang dapat mengusir tikus. Letakkan potongan bawang di area-area yang sering dihuni atau dilewati tikus.


Peppermint Oil

Peppermint Oil
Manfaat peppermint oil untuk kecantikan. (Foto: pixabay.com)

Aroma menyengat peppermint bisa mengganggu indera penciuman tikus. Basahi bola kapas dengan minyak peppermint dan letakkan di lokasi yang mungkin menjadi tempat persembunyian tikus.


Cengkeh

Cengkeh
Ilustrasi/copyrightshutterstock/pilipphoto

Cengkeh dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tikus jika tercium terus-menerus. Bungkus cengkeh dalam kain muslin dan letakkan di area yang sering dikunjungi oleh tikus.


Merica

Ilustrasi Merica
Ilustrasi Merica (pixabay.com)

Taburkan merica di tempat-tempat yang sering dihuni tikus. Aroma pedas merica bisa membuat tikus kesulitan bernapas.


Daun Salam

daun salam - vania
Ilustrasi Daun Salam/https://unsplash.com/Monika Grabkows

SalamAroma daun salam menarik bagi tikus, namun bisa membuat mereka tersedak dan mati. Tempatkan daun salam di sudut-sudut rumah untuk mengusir tikus.


Soda Kue

[Bintang] Selain ke Dokter, Pakai 5 Bahan Alami Ini untuk Obati Cacar Air
Soda kue (Via: healthy-holistic-living.com)

Soda kue dapat beracun bagi tikus. Setelah memakannya, reaksi dengan asam lambung menghasilkan gas yang tidak bisa dikeluarkan oleh tikus, dapat menyebabkan kematian.


Aluminium Foil

Aluminium Foil
Ilustrasi Aluminium Foil / Freepik by fabrikasimf

Bola aluminium foil dapat mengganggu indera pendengaran dan penciuman tikus. Tempelkan di sudut-sudut atau celah-celah rumah untuk mengusir tikus.


Bahan Apa yang Paling Ditakuti Oleh Tikus?

Lada bubuk menjadi salah satu cara terampuh mengusir tikus karena aromanya yang pedas, membuat tikus segera berlari menjauh. Menggunakan lada bubuk untuk mengusir tikus dari rumah bisa dilakukan dengan menaburkannya di semua sudut rumah.

 


Bahan Alami Apa yang Bisa Digunakan untuk Mengusir Tikus?

Anda dapat mengusir tikus secara alami dengan menggunakan kulit telur. Cara melakukannya adalah dengan menghaluskan kulit telur menjadi bubuk dan menyebarkannya di area yang sering dilalui oleh tikus.


Aroma Apa yang Paling Dibenci Tikus?

Tikus dilengkapi dengan indera penciuman yang sensitif, sehingga mereka dapat dengan cepat mendeteksi aroma pedas yang dihasilkan oleh merica bubuk. Sensasi pedas yang dihasilkan oleh merica saat terhirup membuat tikus tidak menyukai aromanya. Selain itu, tekstur halus dari bubuk merica memudahkan penggunaannya.


Apakah Garam Bisa Mengusir Tikus?

Biasanya, tikus tidak tertarik pada makanan yang mengandung garam, sehingga mereka tidak akan mengincar garam sebagai sumber makanan. Namun, garam tetap efektif sebagai alat untuk mengusir tikus.


Bau Apa yang paling Ditakuti Tikus?

Cengkeh, dengan aroma kuat yang mirip dengan kayu manis, dapat ditaburkan di area yang sering dikunjungi tikus. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai metode alami untuk mengusir tikus.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya