Terungkap Joe Biden Kerap Temui Spesialis Parkinson di Gedung Putih, Terkait Kesehatannya?

Tim tersebut menyimpulkan bahwa gaya berjalan Biden yang kaku adalah akibat dari “keausan” pada tulang punggungnya dan bukan karena kondisi neurologis,

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Jul 2024, 15:19 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 15:18 WIB
Pertemuan Jokowi dan Joe Biden
Dalam kesempatan itu, Presiden Biden menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang meningkat menjadi kemitraan strategis komprehensif, menandakan era baru kerja sama antarkedua negara dalam berbagai bidang. "Termasuk di dalamnya adalah peningkatkan kerja sama kita dalam hal keamanan," ucap Biden. (AP Photo/Andrew Harnik)

Liputan6.com, Jakarta Menurut catatan, spesialis penyakit Parkinson terkemuka mengadakan pertemuan dengan dokter Presiden Joe Biden di Gedung Putih awal tahun ini, meskipun latar belakang pertemuan tersebut tidak jelas.

Kevin Cannard, ahli saraf di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, bertemu dengan dokter Gedung Putih Dr. Kevin O’Connor di Gedung Putih pada pertengahan Januari, menurut catatan pengunjung Gedung Putih.

Menurut laporan CNN, Cannard telah mengunjungi Gedung Putih tiga kali tahun ini, menurut catatan pengunjung: Pertemuan tanggal 17 Januari dengan O'Connor, dan dengan staf lainnya pada tanggal 26 Januari dan 28 Maret. 

Cannard telah mengunjungi Gedung Putih setidaknya delapan kali selama setahun ini, menurut log, dimulai pada bulan Agustus lalu dan berakhir pada pertemuan tanggal 28 Maret. Hanya pertemuan 17 Januari yang mencantumkan O’Connor sebagai orang yang dikunjungi.

O’Connor mengambil langkah yang tidak biasa pada Senin malam dengan merilis surat yang menawarkan beberapa rincian  tentang kunjungan Cannard ke Gedung Putih, setelah berhari-hari spekulasi tentang kesehatan presiden, menulis bahwa “Presiden Joe Biden belum menemui ahli saraf di luar pemeriksaan fisik tahunannya.”

Dia menulis tentang Cannard: “Sebelum pandemi, dan setelah pandemi berakhir, dia telah menyelenggarakan Klinik Neurologi rutin di Klinik Medis Gedung Putih untuk mendukung ribuan anggota aktif yang ditugaskan untuk mendukung operasi Gedung Putih,” sambil menambahkan, “ Banyak personel militer mengalami masalah neurologis terkait dengan tugas mereka, dan Dr. Cannard secara rutin mengunjungi WHMU sebagai bagian dari praktik Neurologi Umum ini.”

O’Connor menggambarkan Cannard sebagai “spesialis neurologis yang memeriksa Presiden Biden untuk setiap pemeriksaan fisik tahunannya” dan mencatat bahwa temuan spesialis tersebut disertakan setiap kali dia merilis secara terbuka hasil pemeriksaan fisik presiden.

Ditanya sebelumnya pada hari Senin tentang kunjungan antara Cannard dan O’Connor, juru bicara Gedung Putih Andrew Bates mengatakan, “Berbagai macam spesialis dari sistem Walter Reed mengunjungi kompleks Gedung Putih untuk merawat ribuan personel militer yang bekerja di sana.”

Kunjungan tersebut termasuk satu kunjungan dari ahli saraf setiap tahun untuk pemeriksaan fisik Biden, kata Bates. Biden belum pernah diperiksa oleh ahli saraf selama menjabat sebagai presiden di luar konteks pemeriksaan fisik tahunannya, tambahnya.

 


Tak mau menyebutkan nama dokter

Joe Biden berbicara dalam saat debat calon presiden (capres) yang disiarkan CNN di Atlanta pada 27 Juni 2024. (Lanzoni/CNN)
Joe Biden berbicara dalam saat debat calon presiden (capres) yang disiarkan CNN di Atlanta pada 27 Juni 2024. (Lanzoni/CNN)

Sekretaris pers Karine Jean-Pierre kemudian mengulangi bahwa Biden telah diperiksa oleh ahli saraf tiga kali selama masa kepresidenannya – satu kali selama pemeriksaan fisiknya – tetapi menolak menyebutkan nama mereka.

“Saya tidak berbagi, mengonfirmasi nama-nama dari sini,” katanya dalam konferensi pers, yang dengan cepat menjadi perdebatan ketika Jean-Pierre mengalihkan pertanyaan tentang kesehatan presiden. 

“Tidak peduli seberapa keras kamu mendorongku, tidak peduli seberapa marahnya kamu padaku, aku tidak akan mengonfirmasi nama, tidak masalah jika itu ada di log.”

Jean-Pierre menambahkan Biden belum pernah dirawat atau meminum obat apa pun untuk mengobati penyakit Parkinson.

 


Laporan kesehatan terbaru Biden

Joe Biden
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Dok. AP Photo/Evan Vucci)

Laporan kesehatan terbaru Biden, yang dirilis oleh O’Connor, menunjukkan bahwa presiden tersebut telah diperiksa untuk sejumlah kondisi neurologis, termasuk Parkinson, dengan hasil negatif, seperti halnya dua laporan fisik lainnya sejak Biden menjabat sebagai presiden.

Surat setebal enam halaman dari O’Connor, yang dirilis setelah presiden menjalani pemeriksaan fisik terakhirnya pada bulan Februari, menyebutkan beberapa spesialis berkonsultasi mengenai pemeriksaan fisik, termasuk spesialis neurologis.

Kemudian dikatakan bahwa O’Connor memanggil beberapa spesialis, termasuk spesialis neurologis gangguan gerakan yang tidak disebutkan namanya, untuk meninjau gaya berjalan Biden yang kaku, yang telah terjadi sejak pemeriksaan fisik Biden pada November 2021.


Penyebab gaya berjalan Joe Biden yang aneh

1 Tahun Invasi Rusia ke Ukraina, Joe Biden Sampaikan Pidato Berapi-api di Polandia
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pidato yang menandai peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di Royal Castle Gardens, Warsawa, Polandia, 21 Februari 2023. Gedung Putih telah membantah bahwa pidato Biden merupakan tandingan atas pidato Putin, di mana presiden Rusia itu mengatakan bahwa Ukraina dan sekutu Barat-nya yang memulai perang. (AP Photo/ Evan Vucci)

Tim tersebut menyimpulkan bahwa gaya berjalan Biden yang kaku adalah akibat dari “keausan” pada tulang punggungnya dan bukan karena kondisi neurologis, tulis O’Connor. Pemeriksaan yang “sangat mendetail” tidak menghasilkan temuan yang konsisten dengan Parkinson, multiple sclerosis, atau kelainan neurologis lainnya.

Berita tentang kunjungan Cannard muncul ketika usia, kebugaran, dan ketajaman mental Biden berada di bawah pengawasan ketat menyusul penampilan buruknya dalam debat presiden tanggal 27 Juni melawan mantan Presiden Donald Trump.

Dalam 11 hari sejak pidatonya, Biden harus mempertahankan posisinya sebagai calon presiden Partai Demokrat dan kemampuannya untuk memerintah selama empat tahun lagi jika ia terpilih kembali. Baik Gedung Putih maupun Biden telah berulang kali ditanyai tentang tes dan kunjungan dokter pada bulan-bulan sebelum debat dan beberapa saat setelahnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya