8 Ide Desain Kabinet Dapur Minimalis, Rekomendasi Tempat Masak yang Nyaman

Dalam dunia desain interior, kabinet dapur minimalis tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tetapi juga memberikan sentuhan keindahan pada dapur Anda

oleh Mada Reyhend diperbarui 26 Jul 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 16:00 WIB
Kitchen Set Japandi Vibes Hangat
ilustrasi desain kitchen set by pinterest.com

Liputan6.com, Jakarta Kabinet dapur minimalis adalah komponen kunci dalam menciptakan dapur yang efisien dan estetis. Dalam dunia desain interior, kabinet dapur minimalis tidak hanya berperan sebagai tempat penyimpanan, tetapi juga menambahkan elemen keindahan pada dapur Anda. Dengan berbagai pilihan model dan desain yang tersedia, kabinet dapur minimalis memungkinkan Anda menciptakan ruang yang terorganisir dan fungsional. Beragam jenis kabinet ini memungkinkan Anda menyesuaikan kebutuhan penyimpanan dengan gaya pribadi dan anggaran yang ada, tanpa mengorbankan keindahan dan kenyamanan.

Artikel ini akan mengulas berbagai model kabinet dapur minimalis yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Mulai dari kabinet atas yang menempel di dinding, kabinet bawah yang berdiri kokoh, hingga kabinet terpisah yang tidak termasuk dalam kitchen set. Selain itu, artikel ini juga akan memberikan tips memilih kabinet dapur yang tepat, serta menjawab beberapa pertanyaan umum terkait kitchen set. Dengan panduan ini, diharapkan Anda dapat menemukan solusi penyimpanan yang tepat dan membuat dapur Anda menjadi lebih rapi, efisien, dan menarik.

Informasi ini telah dirangkum dari berbagai sumber pada Jum'at, 26 Juli 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kabinet Dapur Minimalis Atas

Cara Pintar Pilih Perlengkapan dan Aksesoris Dapur
Pemilihan perlengkapan dapur beserta aksesorisnya harus disesuaikan dengan desain kitchen set.

Model kabinet dapur minimalis yang pertama adalah kabinet kayu sederhana untuk bagian atas dapur. Desain ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menambah ruang penyimpanan di dapur tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk satu set kitchen set. Fitur-fitur menarik seperti pintu kaca transparan dan gantungan besi untuk peralatan masak memberikan sentuhan vintage sekaligus efisiensi pada desain ini.


Kabinet Dapur Minimalis Gaya Industrial

RumahCom - Tips Memilih Desain Kitchen Set
Membuat desain kitchen set perlu didasari dari ilmu ergonomik, agar dapat penggunanya merasa nyaman.

Gaya industrial dalam desain kabinet dapur minimalis kini semakin digandrungi. Kombinasi jaring-jaring besi hitam dan dinding ekspos menciptakan tampilan yang modern sekaligus unik. Rak-rak terbuka pada kabinet ini memudahkan Anda untuk melihat isi kabinet dengan jelas, menambah fungsi sekaligus estetika.


Kabinet Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set

Perpaduan Material Kayu dalam Desain Rumah Modern Minimalis yang Elegan
Dapur cantik modern minimalis dengan kabinet kayu dipadu marmer, karya Archid Design & Build. (dok Arsitag.com)

Jika Anda lebih memilih untuk tidak menggunakan kitchen set, ada alternatif menarik berupa kabinet kayu tinggi yang serbaguna. Kabinet ini sangat ideal untuk menyimpan berbagai bahan makanan serta peralatan memasak seperti microwave atau rice cooker. Desain ini sangat cocok untuk dapur yang tidak menggunakan kitchen set dan menawarkan kapasitas penyimpanan yang luas.


Kabinet Dapur Minimalis Bawah

pintu penutup kabinet HITTRAP
Seperti apa konsep dapur yang nyaman ketika sahur dan berbuka puasa (Foto: IKEA Indonesia)

Untuk bagian bawah dapur, kabinet dapur minimalis dengan sentuhan desain klasik bisa menjadi pilihan yang sempurna. Kabinet ini tidak hanya menawarkan estetika yang elegan, tetapi juga memiliki sirkulasi udara yang optimal, sehingga sangat ideal untuk menyimpan berbagai bahan masakan. Meski begitu, pastikan Anda selalu menjaga kabinet ini dari serangan rayap dan hewan lainnya untuk memastikan keawetannya.


Kabinet Dapur Minimalis Klasik

IKEA
Lampu kabinet untuk menambah suasana dapur yang estetis. (dok. IKEA)

Model kabinet dapur bergaya minimalis klasik umumnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bawah, serta dilengkapi dengan rak kayu terbuka yang dipasang di dinding. Desain klasik ala Eropa ini sering kali menggunakan palet warna putih atau warna-warna gelap seperti hijau botol atau biru dongker untuk menciptakan aura kemewahan yang elegan.


Kabinet Dapur Minimalis Modern Besi

[Fimela] Kitchen Set
Ilustrasi Kitchen Set | unsplash.com/@ugmonk dan unsplash.com/@danedeaner

Mengadaptasi gaya industrial modern, model kabinet dapur minimalis besi ini menggunakan jaring-jaring besi hitam dan bagian atas dari material kayu. Kabinet ini juga bisa difungsikan sebagai kitchen island, memberikan fungsi ganda yang praktis.


Kabinet Dapur Minimalis Aluminium Beling

Rumah Ikke Nurjanah
Dapur minimalis tampak rapi dan besih dengan peralatan tertata rapi. Kitchen set dengan dominasi warna cokelat dan putih. Beberapa perabot terlihat penuh. [Foto: dok

Kabinet dapur minimalis yang terbuat dari aluminium dan kaca beling menciptakan nuansa modern dan elegan. Selain memiliki kekuatan dan daya tahan yang luar biasa, kabinet ini juga memperindah dapur Anda, menghadirkan sentuhan kemewahan yang mempesona.


Kabinet Dapur Minimalis Pintu Geser

5 Desain Kabinet agar Dapur Tetap Rapi dan Cantik
Kabinet dapur. (dok. Enviro Tec/Arsitag.com/Dinny Mutiah)

Kabinet dapur minimalis dengan pintu geser memberikan efisiensi ruang penyimpanan yang lebih baik. Model ini sangat cocok untuk dapur yang luas dan membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Pintu geser juga memudahkan dalam membersihkan kabinet dari debu.


Pertanyaan Terkait Kitchen Set


Apa Arti dari Kitchen Set?

Kitchen set adalah kabinet dapur yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan alat-alat rumah tangga, khususnya perlengkapan memasak. Kitchen set tersedia dalam berbagai desain yang dapat dipilih sesuai selera.


Apa Itu Bahan HPL untuk Kitchen Set?

High Pressure Laminate (HPL) adalah bahan kitchen set yang dibuat dari beberapa lapisan yang dipadatkan di bawah tekanan tinggi, sehingga memiliki karakteristik yang sangat keras dan tahan lama.


Apa Fungsi Kitchen Set Atas?

Kitchen set atas merupakan elemen penting dalam dapur yang tidak hanya memenuhi kebutuhan memasak, tetapi juga memberikan efek dekoratif pada interior dapur.


Apa Bahan Kayu yang Bagus untuk Kitchen Set?

Kayu solid seperti kayu mindi, kayu melia, kayu jati, kayu pinus, dan kayu rosewood India adalah pilihan yang bagus untuk kitchen set karena kekuatannya dan estetika alami yang ditawarkan.


Mengapa Harus Menggunakan Kitchen Set?

Kitchen set membuat tampilan dapur lebih rapi dan terorganisir. Selain menambah ruang penyimpanan, kitchen set juga menambah nilai estetika dapur Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya