5 Tips Mencegah Sakit Kepala dan Migrain Akibat Penggunaan Gadget

Sakit kepala dan migrain karena penggunaan gadget tidak selalu bisa dicegah, namun ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risikonya.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 26 Jul 2024, 17:03 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 17:03 WIB
5 Tips Mencegah Sakit Kepala dan Migrain Akibat Penggunaan Gadget
5 Tips Mencegah Sakit Kepala dan Migrain Akibat Penggunaan Gadget (Foto: Unsplash/bruce mars)

Liputan6.com, Jakarta - Sakit kepala dan migrain akibat layar smartphone bisa memengharuhi kehidupan pribadi dan profesionalmu.

Sakit kepala tidak hanya membatasi kemampuan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga dapat mengganggu kewajiban sosial dan waktu bersama teman dan keluarga.

Jika memperhitungkan waktu yang kita habiskan untuk menjelajahi internet, menghadiri rapat Zoom, atau bermain media sosial, masuk akal jika waktu yang lama di depan layar gadget berdampak buruk pada kesehatan kita.

Sakit kepala dan migrain karena penggunaan gadget tidak selalu bisa dicegah, namun ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risikonya. Ini dia tips mencegahnya, seperti melansir dari Healthline, Jumat (26/7/2024).

1. Sesuaikan pencahayaan 

Kecerahan dari monitor atau perangkat elektronikmu yang dikombinasikan dengan pencahayaan di sekitarmu dapat menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala akibat layar.

Untuk meminimalkan kelelahan mata, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain, jagalah pencahayaan di kamarmu — baik alami maupun buatan — seimbang dengan kecerahan monitor.  Selain itu, pertimbangkan untuk memposisikan layar Anda untuk menghindari silau.

2. Beristirahat sesering mungkin

Mengalihkan pandangan dari layar selama hari kerja atau saat menggunakan gadget untuk hiburan dapat membantu mengurangi ketegangan mata. Hal ini, pada gilirannya, dapat mengurangi frekuensi migrain atau sakit kepala akibat layar gadget.

Aturan 20-20-20 seringkali disarankan sebagai cara untuk mengurangi kelelahan mata: Setiap 20 menit, istirahatlah selama 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki. 

Meskipun penelitian mengenai keefektifan metode ini masih terbatas, metode ini mungkin bisa menjadi alat yang berguna untuk mengingat jeda layar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Ukur jaraknya

gadget
Ilustrasi orang dewasa bekerja menggunakan komputer. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

Jika Anda menduga kelelahan mata memicu sakit kepala dan migrain akibat gadget, pastikan monitor Anda berada setidaknya 20 hingga 25 inci dari matamu.

 


4. Gunakan kacamata blue light

kepribadian
ilustrasi kacamata/Photo by pablo soriano on Unsplash

Kacamata blue light atau anticahaya biru dapat membantu mengurangi sakit kepala akibat gadget, tetapi penelitiannya masih kurang.

Ada cara yang lebih baik untuk menghindari sakit kepala akibat gadget, tetapi tidak ada salahnya mencoba kacamata anticahaya biru.

 


5. Coba pelindung layar

gadget
Ilustrasi orang yang meredupkan layar handphone. (Foto: Unsplash/NordWood Themes)

Jika silau dari layar menyebabkan kelelahan mata, pertimbangkan untuk memasang layar anti-silau di monitor Anda.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya