8 Warna yang Menggambarkan Hubungan, Termasuk Green Flag dan Red Flag

Pasti Anda sudah tidak asing dengan green flag atau red flag, tapi bagaimana dengan warna "flag" lainnya? Berikut ini penjelasannya.

oleh Bella Zoditama diperbarui 14 Agu 2024, 09:03 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 09:03 WIB
Ilustrasi kekasih, pasangan, pacar
Ilustrasi kekasih, pasangan, pacar. (Photo created by cookie_studio on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Hubungan asmara yang baik terjalin dari berbagai pengalaman, emosi, dan nuansa yang baik antara dua orang yang saling mencintar. Termasuk, Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah red flag atau green flag yang cukup populer di media sosial.

Namun siapa sangka, kalau dalam jalinan hubungan asmara tersebut, ternyata muncul berbagai "flag" yang masing-masingnya mewakili aspek yang berbeda dari dinamika yang mungkin kalian lalui. Warna flag ini pun berfungsi sebagai indikator yang cukup vital, di mana bisa menandakan kekuatan potensial, hal-hal yang perlu ditingkatkan, serta tanda peringatan yang membutuhkan perhatian.

Melansir dari Times of India, Rabu (7/8/2024), berbagai warna flag ini juga melambangkan kekuatan dan kelemahan dari pasangan Anda. Seperti misalnya red flag dalam hubungan yang menandakan bahwa Anda perlu berhati-hati dengan kekasih Anda. Lalu, warna hijau atau green flag yang menandakan hubungan yang cukup menenangkan dan membuat hubungan menjadi lebih bahagia.

Jadi, apa saja warna-warna yang menggambarkan hubungan yang perlu Anda ketahui? Ini dia informasinya!

1. Red flag: Tanda bahaya dalam hubungan

Di antara berbagai tanda bahaya dalam hubungan, toxic relationship muncul sebagai tanda peringatan yang paling penting. Tanda bahaya menandakan masalah yang sudah mengakar yang jika diabaikan, dapat menyebabkan kerugian atau ketidakpuasan yang signifikan.

Ini termasuk masalah kontrol di mana salah satu pasangan menegaskan dominasi atas pilihan hidup pasangannya, kurangnya batasan yang tidak menghormati ruang pribadi atau nilai-nilai. Contohnya gaslighting untuk memanipulasi realitas pasangan dan upaya untuk mengisolasi pasangan dari teman-teman yang mendukungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Green Flag: Tanda-tanda hubungan yang sehat

Ilustrasi pasangan cinta, bahagia, romantis
Ilustrasi pasangan cinta, bahagia, romantis. (Photo by Vanessa Garcia from Pexels)

Sebaliknya, green flag menandakan hubungan yang dibangun di atas fondasi yang kuat berupa rasa saling menghormati, kepercayaan, dan kasih sayang. Green flag mencakup perilaku saling mendukung yang mendorong aspirasi satu sama lain, mekanisme penyelesaian konflik yang sehat tanpa serangan pribadi, nilai-nilai bersama yang memandu keputusan hidup, dan pemeliharaan identitas individu di luar hubungan.

3. Yellow flag: Lanjutkan dengan hati-hati

Yellow flag menunjukkan potensi masalah yang memerlukan perhatian tanpa menyebabkan kerugian langsung. Ini dapat melibatkan gaya komunikasi yang berbeda yang memerlukan pemahaman dan kompromi, perilaku yang tidak konsisten yang menyebabkan ketidakpastian tentang tingkat komitmen, dan beban masa lalu yang belum terselesaikan dari hubungan sebelumnya.


4. Pink flag: Masalah-masalah kecil yang perlu diperhatikan

Rawan Terjadi Pertengkaran
Ilustrasi Pasangan Seumuran Credit: pexels.com/pixabay

Pink flag menunjukkan masalah-masalah kecil yang jika diabaikan, dapat berkembang menjadi masalah yang lebih besar seiring berjalannya waktu. Pink flag lebih umum daripada yang Anda bayangkan dan Anda bahkan mungkin mengabaikannya dalam hubungan Anda.

Tanda-tanda ini mungkin termasuk sedikit kecemburuan yang perlu dikelola dan terkadang terlalu memanjakan diri yang mungkin mengisyaratkan masalah-masalah yang lebih dalam.

5. Beige flag: Ciri-ciri yang membuat kita unik

Istilah beige flag mungkin sudah tidak asing didengar. Di mana istilah ini ​​melambangkan keistimewaan yang tidak berbahaya yang menambah karakter pada suatu hubungan. Ciri-ciri ini, seperti hobi yang unik atau selera mode yang eksentrik, mungkin memerlukan penyesuaian tetapi berkontribusi pada kanvas unik dari hubungan asmara tersebut.


6. Blue flag: Potensi untuk berkembang

Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia
Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia. (Image by lookstudio on Freepik)

Blue flag menandakan peluang untuk berkembang dalam suatu hubungan. Istilah ini tidak secara inheren negatif tetapi menyoroti area di mana pasangan dapat berkembang bersama.

Sebagai contoh ketidakpastian karier yang memengaruhi rencana masa depan atau tahap kehidupan yang berbeda yang menuntut kesabaran dan pengertian.

7. Orange flag: Peringatan yang tidak boleh diabaikan

Lebih serius daripada yellow flag, oranye flag menunjukkan perilaku yang memerlukan perhatian untuk mencegah masalah di masa mendatang. Ini termasuk perubahan suasana hati yang sering menyebabkan ketidakstabilan dan keterlibatan keluarga yang berlebihan yang memengaruhi hubungan.

8. Black flag: Hal-hal yang tidak dapat dinegosiasikan

Black flag adalah masalah yang tidak dapat dinegosiasikan yang menunjukkan hubungan yang tidak sehat atau tidak aman. Ini mencakup pelanggaran kepercayaan yang parah melalui kebohongan atau pengkhianatan yang berulang, perilaku berbahaya yang membahayakan keselamatan seseorang, dan tindakan yang secara mendasar menantang nilai-nilai inti hubungan.

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru
Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya